DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 20:02 WIB

Secuil Peninggalan Inggris yang Ditemukan di Meksiko

BBC Karangan Khas - detikNews
Secuil Peninggalan Inggris yang Ditemukan di Meksiko
Mexico City - RealdelMonte di Meksiko, dengan atap merah miring dan taman yang terawat mengingatkan pada Inggris.

Untuk memahami bagaimana sedikit warisan Inggris dapat ditemukan di Hidalgo, Meksiko, kita harus melihat ke dua abad ke belakang ke masa kejayaan industri pertambangan di Cornwall.

Ketika saya menerobos ke dalam kerumunan, Marion Symonds sibuk menekuk satu sisi pastel daging sepanjang 4,5 meter di pusat alun-alun.

Semua mata tertuju pada tukang roti asal Cornwall saat dia memegang adonan pastel yang masih lunak di tangannya, dengan lembut menekuk ujung adonan dengan ujung jarinya untuk menyegel isian pastel yang terdiri dari daging sapi, kentang dan bawang.

Jika melihat atap merah dan kebun yang terawat di sekitar kami, Anda pasti akan mengira Symonds dan saya berada di suatu tempat di Inggris, asal kami berdua.

Nyatanya, kami berada di kota kecil Real del Monte di negara bagian Hidalgo, Meksiko tengah.

Di ujung lain camilan besar itu, seorang koki lokal sedang menekuk pastel dengan cara khas Meksiko, menepuk pastel dengan satu sisi tangan di atas meja.

Untuk memahami mengapa pastel raksasa ala Meksiko-Cornwall dibuat di sebuah kota yang mirip kota Inggris di Meksiko tengah, kita harus kembali ke dua abad yang lalu ke tempat yang disebut Bridget Galsworthy Estavillo dari Masyarakat Inggris Meksiko sebagai 'tulang punggung' dari cerita oini: kedatangan penambang Cornwall di Meksiko.

Real del Monte di Meksiko, dengan atap merah miring dan taman yang terawat mengingatkan pada Inggris.GettyImagesRealdelMonte di Meksiko, dengan atap merah miring dan taman yang terawat mengingatkan pada Inggris.

Pada awal abad ke-19, penambang timah asal Cornwall dikenal di seluruh dunia akan peralatan pertambangan mereka yang canggih dan, akibatnya, keahlian mereka dalam mengoperasikannya.

Dengan demikian, mereka dan mesin canggih mereka dipanggil ke Meksiko oleh Company of Gentleman Adventurers di Pertambangan Real del Monte untuk membantu menambang perak, seperti diberitahukan Galsworthy Estavillo kepada saya.

Setelah mendarat di Veracruz di pantai timur Meksiko pada tahun 1825, gelombang pertama penambang Cornwall melakukan perjalanan 400km ke barat ke dataran tinggi Meksiko.

Di sana mereka mulai bekerja mengekstraksi perak, sekaligus membangun komunitas Inggris yang erat dan menyambut gelombang baru migran Cornwall yang datang hampir setiap tahun hingga 1840.

Sementara Galsworthy Estavillo mencatat bahwa "gelombang pertama [penambang Cornish tidak datang] karena putus asa," banyak pendatang yang kemudian datang didorong oleh kebutuhan, sebagai akibat langsung dari ditemukannya timah di Bolivia dan Malaysia pada abad ke-19.

Hal ini menyebabkan penutupan banyak tambang timah di Cornwall dan menyebabkan kemerosotan ekonomi yang parah yang membuat para penambang tidak memiliki pilihan lain kecuali pergi ke komunitas diaspora Cornwall yang sudah ada di luar negeri, termasuk Meksiko.

Ketika para penambang mendirikan kantong-kantong Cornwall, mereka juga mulai memperkuat warisan mereka di Hidalgo, memperkenalkan atap-atap miring yang kental dengan ciri Inggris dan pastel yang mereka cintai.

Tetapi ini bukan satu-satunya yang mengingatkan koneksi antara Real del Monte dan Inggris.

Menurut Galsworthy Estavillo, 'kebanggaan Real del Monte' terletak di Panteon Ingles, yang dikenal di Inggris sebagai Pemakaman Warga Cornwall, yang terletak di puncak bukit yang menghadap ke kota.

Semua kuburan kecuali satu menghadap timur laut ke arah Inggris, dan "cukup unik, indah, sangat menyentuh," kata Estavillo kepada saya.

Satu-satunya makam yang tak sesuai itu milik seorang insinyur tambang kelahiran Yorkshire (bukan badut Inggris Richard Bell, seperti desas-desus warga setempat), dan akar pohon yang aneh pun merusak makam itu, jelas Galsworthy Estavillo.

Pada awal abad ke-20, Hidalgo mendapatkan pengaruh Inggris yang paling banyak dibanding negara bagian Meksiko lain, dan Real del Monte bukan satu-satunya kota yang menyandang pengaruh mereka.

Sekitar 14 km di barat, di ibu kota Hidalgo Pachuca, bank Bancomer - salah satu dari beberapa gedung yang didanai oleh mantan penambang Cornwall yang berpengaruh Francis Rule - menggambarkan enam Union Jacks (bendera Inggris) terpisah di tembok pembatas, pilihan desain yang diprovokasi oleh pejabat kota yang diduga melarang Rule mengibarkan bendera yang sebenarnya di luar gedung.

Namun proyek Rule yang paling diakui adalah menara jam Neoklasik yang mencolok di Pachuca, yang rmesinnya diproduksi di pabrik Austria yang sama dengan menara jam Big Ben di London.

Ada satu lagi obsesi abadi yang bisa disyukuri orang Meksiko kepada penambang Cornwall: sepak bola.

Kebiasaan lokal main sepakbola sekitar pukul 16:00 kemungkinan berasal dari para penambang di akhir abad ke-19.

Apresiasi informal permainan ini mengarah pada kelahiran klub sepakbola Pachuca pada pergantian abad ke-20, yang skuad aslinya penuh dengan nama keluarga Cornwall pada umunya seperti Pengelly dan Bennetts.

Pachuca sekarang dikenal sebagai cuna del ftbol (asal sepak bola) negara dan rumah bagi museum sepak bola Saln de la Fama, yang memetakan warisan olahraga Meksiko.

Tetapi kembali ke Real del Monte dan pastel ala Cornwall raksasa itu, atau seperti yang diksebut di Meksiko: paste.

Para migran Cornwall tidak mungkin tidak menikmati makanan pilihan mereka di tambang, campuran daging dan sayuran yang dibungkus dalam cangkang pastel yang cukup kuat untuk dibawa bertahan hidup dalam perjalanan menuju terowongan.

Jadi istri mereka mulai membuatnya kembali di Hidalgo, dan kemudian menunjukkan kepada penduduk setempat cara membuat hidangan itu.

Kenyataannya, pastel ala Cornwall memegang peranan di Meksiko sehingga tradisi menyerahkan pastel di tambang untuk makan siang bertahan di Real del Monte bahkan ketika tambang di kota asal mereka di Cornwall ditutup.

Jadi masuk akal jika setiap tahun, di negara bagian yang merupakan rumah bagi museum pastel pertama di dunia, pembuat paste lokal berjejer di jalanan sebagai bagian dari Festival Internacional del Paste untuk merayakan warisan lezat diaspora Cornwall.

Para pengunjung yang bersemangat dari seluruh Meksiko mengambil kotak-kotak penuh paste, sementara Union Jacks dan bendera yang berisi salib hitam-putih khas Cornwall berkibar tertiup angin.

Bahkan 8.000 km dari Inggris, saya merasa seperti di rumah - mengesampingkan fakta bahwa saya sedang menyeruput michelada, koktail bir Meksiko yang pedas, berbasis jus tomat.

Symonds, yang berbasis di Cornwall tetapi bepergian secara teratur ke Meksiko, dikenal di Real del Monte sebagai 'Ibu Pastel', nama panggilan yang dianugerahkan kepadanya oleh 'Ayah Pastel' dan pendiri Festival Internacional del Paste, Victor Aladro, berkat keterlibatannya dalam mengatur perayaan pastel serupa di Cornwall.

"Syarat pastel khas Cornwall adalah harus memiliki kentang, rutabaga, bawang bombay dan daging sapi. Pastel harus cukup kuat untuk dipegang di tangan Anda, dan harus memiliki banyak lada,"kata Symonds kepada saya.

Paste Meksiko tetap sangat mirip dengan nenek moyangnya di Cornwall, meskipun sudah melewati 200 tahun.

Kerak ujungnya mirip, meskipun Symonds memperhatikan bahwa orang-orang Meksiko langsung mengkonsumsi kue mereka daripada membiarkannya selama sehari, seperti yang dilakukan oleh orang Cornwall.

Isiannya menonjolkan variasi wilayah. Karena preferensi orang Meksiko untuk rasa yang lebih pedas, dan fakta bahwa budidaya rutabaga (bahan umum di pastel ala Cornwall) di sana tidak memungkinkan, paste Meksiko menggunakan isian tradisional Meksiko seperti mole (coklat pedas dan saus cabai) atau tinga (daging suir direndam dalam tomat dan saus lada chipotle).

Bahkan paste klasik isi daging-dan-kentang menjadi pedas, berkat penambahan cabai poblano atau jalapeos.

Saat ini, Real del Monte adalah bagian dari program peningkatan pariwisata pemerintah Meksiko dari pueblos mgicos ('kota ajaib') di Meksiko.

Tapi tidak peduli berapa banyak paste pedas isi cabai yang saya santap dengan latar belakang pegunungan yang dramatis di kota ini, ilusi bahwa saya berada di jalanan kota tua Inggris sulit dihindari.

Lagipula, atap merah miring, taman apiuk dan toko pastel membuktikannya. Pengaruh Cornwall abadi di sini.

Anda bisa membaca versi asli tulisan ini di BBC Travel dengan judul A piece of Britain lost in Mexico




(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed