detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 19:54 WIB

5 Bulan Berada di Luar Angkasa, 3 Astronaut Kembali ke Bumi

BBC Magazine - detikNews
5 Bulan Berada di Luar Angkasa, 3 Astronaut Kembali ke Bumi
Astana - Kapsul Soyuz.
Kapsul Soyuz turun dengan parasut. (AFP)


Tiga awak Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tiba dengan selamat di Bumi setelah melaksanakan misi ruang angkasa selama lebih dari lima bulan.

Kapsul Soyuz yang membawa kosmonaut Rusia Anton Shkaplerov, astronaut Amerika, Scott Tingle, serta astronaut Jepang, Norishige Kanai, mendarat di stepa Kazakhstan, menggunakan parasut berwarna merah putih.

Kapsul Soyuz
Kapsul Soyuz mendarat di bumi pada tanggal 3 Juni 2018. (AFP)


Rekaman dari badan antariksa Rusia, Roscosmos, menunjukkan helikopter penyelamat berputar mengitari stepa ketika kapsul yang mendarat pada pukul 18.39 waktu setempat pada Minggu (03/06), menyebabkan dataran diliputi awan debu.

Anton Shkaplerov
Para kru yang berada di darat membantu kosmonaut Rusia, Anton Shkaplerov, keluar dari kapsul luar angkasa Soyuz sesaat setelah mendarat di Kazakhstan pada 3 Juni 2018. (Reuters)


Anton Shkaplerov, yang pertama kali diangkat dan dibawa dari kapsul, mengatakan kepada para kru kamera: "Kami sedikit lelah, tetapi senang dengan apa yang telah kami capai dan senang bisa kembali ke Bumi. Kami senang cuacanya cerah. "

Scott Tingle
Scott Tingle dikeluarkan dari kapsul pada Minggu (03/06) waktu setempat. (Getty Images)


Selanjutnya Scott Tingle, astronaut dari Amerika, terlihat tersenyum dan melambaikan tangannya ke arah kamera ketika dikeluarkan dari kapsul.

Norishige Kanai
Norishige Kanai dari Jepang menjadi astronaut terakhir yang dikeluarkan dari kapsul. (AFP)


Norishige Kanai dari Jepang menjadi astronaut terakhir yang dikeluarkan dari kapsul. Ia mencuit tentang pengalamannya selama di luar angkasa dalam bahasa Jepang untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang ISS di negaranya.

Tiga astronot
Tiga astronaut bersama para kru di daratan tempat mereka mendarat tanggal 3 Juni 2018. (Reuters)


Ketiganya kemudian duduk di kursi dengan selimut menutupi kaki mereka, sementara kapsul yang membawa mereka ke Bumi nampak hitam terbakar ketika memasuki atmosfer Bumi.

Soyuz
Kapsul Soyuz berwarna kehitaman akibat terbakar sewaktu menembus atmosfer Bumi. (Getty Images)


Tingle dan Kanai melakukan perjalanan ke kota Karaganda, Kazakhstan, sebelum berangkat ke Houston, Texas, AS.

Sementara Shkaplerov kembali lagi ke Moskow, membawa bola sepak yang kemungkinan digunakan dalam acara Piala Dunia akhir bulan ini.

Sebelumnya, cuplikan video ISS menunjukkan Shkaplerov dan seorang rekan kosmonaut lainnya tengah bermain bola.

Kantor berita Tass melaporkan, bola yang dipakai latihan oleh sang kosmonaut itu akan digunakan dalam pertandingan pembukaan, meskipun belum dikonfirmasi oleh federasi sepak bola internasional FIFA.

Ketiga pria itu bekerja dalam beragam bidang sains selama di ISS. Tingle juga menyelesaikan pekerjaan di luar angkasa untuk memperbaiki lengan robot stasiun angkasa.




(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed