DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 13:34 WIB

Lahirnya Bayi di Pulau Terpencil Usai 12 Tahun Larangan Melahirkan

BBC World - detikNews
Lahirnya Bayi di Pulau Terpencil Usai 12 Tahun Larangan Melahirkan Pulau Fernando de Noronha berpenduduk 3000 jiwa tapi tak memiliki bangsal persalinan. (AFP)
Rio de Janeiro - Seorang bayi lahir di pulau terpencil di Brasil,Fernando deNoronha. Sepanjang 12 tahun terakhir, ini adalah persalinan pertama di pulau yang terkenal atas pantai indah dan keanekaragaman satwa itu.

Perempuan berusia 22 tahun, yang enggan disebut namanya, melahirkan bayi perempuan Sabtu (19/5) lalu di Fernando de Noronha. Ia mengaku tak tahu tengah mengandung dan kaget atas situasi itu.

Fernando de Noronha berada di sisi timur Brasil, berjarak 370 kilometer dari Natal, ibu kota negara bagian Rio Grande do Norte. Pulau itu didiami 3000 jiwa, tapi tak memiliki bangsal persalinan.

"Jumat malam lalu saya merasakan sakit. Ketika saya beranjak ke kamar mandi, saya melihat sesuatu keluar di antara kaki saya," ujarnya seperti dilansir surat kabar O Globo.

"Lantas ayah sang bayi itu datang dan mengurusnya. Ternyata memang seorang bayi, perempuan. Saya terkejut," tuturnya.

Tak lama setelah kejadian itu, sang bayi dilarikan ke rumah sakit.

Pemerintah setempat membenarkan kelahiran tersebut.

"Sang ibu yang tak ingin identitasnya dipublikasikan telah bersalin di rumah. Keluarga perempuan itu mengaku mereka tak menyadari kehamilannya," demikian pernyataan otoritas setempat.

Untuk merayakan kelahiran bayi yang jarang terjadi, penduduk lokal berinisiatif membantu keluarga perempuan itu. Mereka dilaporkan menyumbangkan baju untuk sang bayi.

Fernando de Noronha kerap dibicarakan karena memiliki sederetan pantai terindah di dunia. Pulau itu juga terkenal atas kehidupan satwa liar di taman laut nasionalnya.

Kura-kura laut, lumba-lumba, paus, dan sejumlah burung langka secara rutin muncul di pulau tersebut. Karena kerentanan cagar alamnya, pemerintah mengontrol dengan ketat jumlah populasi manusia di daerah itu.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed