DetikNews
Selasa 24 April 2018, 15:35 WIB

Pria Inggris yang Tertular Super-Gonore di Asia Tenggara Telah Sembuh

BBC Magazine - detikNews
Pria Inggris yang Tertular Super-Gonore di Asia Tenggara Telah Sembuh
London -

Seorang pria yang tertular super-gonore 'yang terburuk yang pernah ada' di dunia sudah disembuhkan.

Para dokter mengatakan dia amat beruntung dan kasusnya menjadi 'peringatan besar bagi semua orang'.

Pria, yang punya pasangan tetap di Inggris itu, tertular super-gonore setelah melakukan hubungan seksual dengan seorang perempuan di Asia Tenggara walau tidak disebutkan negaranya.

Infeksinya merupakan yang pertama yang bisa disembuhkan dengan antibiotik yang tersedia, namun kini dua kasus serupa dilaporkan ditemukan di Australia.

Super-gonore yang diderita pria tersebut ditemukan bulan lalu dan terkait dengan perjalanannya sebelumnya pada tahun ini.

Pengobatan antibiotik -dengan kombinasi azithromycin dan ceftriaxone- tidak berhasil menyembuhkannya.

Pemeriksaan yang lebih mendalam atas infeksi tersebut menunjukkan bahwa ada satu lagi antibiotik yang mungkin bisa menyembuhkannya dan sejak saat itu dia diobati dengan ertapenem.

Dr Gwenda Hughes -kepala bagian penyakit menular seksual di Badan Kesehatan Umum Inggris- mengatakan, "Kami gembira dengan laporan bahwa kasus gonorea yang kebal dengan beragam obat itu sudah berhasil disembuhkan."

Badan Kesehatan Umum Inggris kemudian melancarkan penyelidikan untuk menelusuri kasus serupa lainnya -termasuk memeriksa pasangan pria itu- namun menyatakan virus super tidak menyebar di Inggris.

Diskusi badan tersebut dengan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, dan Pusat Pengendalian Penyakit Eropa mencapai kesepakatan bahwa yang diderita pria bersangkutan adalah kasus gonorea yang kebal antibiotik pertama yang sejauh ini pernah dideteksi.

Namun 'dua kasus serupa' dilaporkan ditemukan di Australia dan salah satu di antaranya juga melakukan hubungan seks di Asia Tenggara, sementara yang lainnya tidak pernah bepergian ke luar negeri.

______________________________________________________________________


Apakah gonorea itu?

Gonorrhoea
CAVALLINIJAMES/SCIENCEPHOTOLIBRARY

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Infeksinya menyebar akibat hubungan seksual alat kelamin, oral, maupun anal yang tidak menggunakan kondom.

Gejalanya antara lain keluarnya kelenjar kuning atau hijau yang tebal dari alat kelamin, rasa sakit ketika buang air pada masa antara menstruasi.

Namun infeksi vagina dan dubur kadang tidak memiliki gejala.

Jika tidak diobati maka bisa menyebabkan kemandulan, radang pinggang, dan bisa ditularkan kepada anak pada masa kehamilan.

____________________________________________________________________

Dr Olwen Williams -presiden Asosiasi Kesehatan Seksual dan HIV Inggris- berpendapat kasus yang dialami pria tersebut merupakan 'peringatan besar bagi semua orang'.

Kepada BBC Dr Williams mengatakan, "Dia amat beruntung bahwa masih ada satu antibiotik yang yang berhasil digunakan. Kekhawatiran kita di masa depan adalah mungkin tidak ada antimicrobials yang akan bekerja."

Ditambahkan bahwa orang harus sadar dengan risiko tertular bakteri super di negara-negara yang menggunakan antibiotik dengan tidak berhati-hati.

Antibiotik bisa dibeli dengan bebas di sejumlah negara dunia, tidak seperti di Inggris yang harus disertai dengan resep dokter.

Penggunaan antibiotik secara tidak tepat yang diduga menyebabkan bakteri tertentu secara perlahan-lahan menjadi kebal atas antibiotik.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed