DetikNews
Rabu 22 November 2017, 16:51 WIB

Video Musiknya Dianggap Cabul, Penyanyi Mesir Ditangkap

BBC Magazine - detikNews
Video Musiknya Dianggap Cabul, Penyanyi Mesir Ditangkap
Kairo -

Seorang penyanyi perempuan Mesir dilaporkan ditahan selama sepekan setelah tampil di video musik dengan mengenakan pakaian dalam sambil makan pisang secara sugestif.

Shaimaa Ahmed -yang berusia 25 tahun dan dikenal dengan nama panggung Shyma- ditangkap polisi Mesir, Sabtu (18/11) lalu dengan tuduhan 'memicu kebejatan' dan Senin (20/11) penahanannya diperpanjang hingga sepekan.

Penangkapannya berlangsung setelah video untuk musiknya yang berjudul 'Saya Punya Masalah' menimbulkan kemarahan di kalangan masyarakat yang beraliran konservatif yang mengangapnya cabul.

Dia sudah meminta maaf atas orang-orang yang mengambil video tersebut 'dengan cara yang tidak tepat'.

"Saya tidak membayangkan semua ini akan terjadi dan saya akan menjadi subyek serangan keras dari semua orang," tulisnya di halaman Facebook-nya yang sudah dihapus.

Dalam video tersebut Shyma tampil di dalam satu ruang kelas bersama beberapa pria muda.

Berdiri di depan papan dengan tulisan 'Angkatan #6,' dia kemudian makan apel, pisang, dan keripik kentang dengan cara yang seksi.

Adegan itu kemudian diselingi dengan gambar dia mengenakan pakaian dalam.

"Shyma memberikan pelajaran kebejatan moral kepada kaum muda," tulis surat kabar Youm al-Sabaa setelah video itu menyebar.

Hari Senin (20/11) -dua hari setelah penangkapannya- kantor jaksa memerintahkan penahanan Shyma diperpanjang selama sepekan, seperti dilaporkan Youm al-Sabaa.

Surat penangkapan juga sudah dikeluarkan untuk sutradara video tersebut.

Sherine Abdel Wahab Sherine Abdel Wahab diadili karena mengatakan minum air dari Sungai Nil bisa membuat orang sakit. (AFP)

Tahun lalu, pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman enam bulan penjara untuk masing-masing tiga penari perempuan setelah dinyatakan bersalah 'memicu kebejatan lewat video musik'.

Seorang penyanyi lain juga sedang diadili karena 'menyebarkan provokasi umum' karena dia mengatakan minum air dari Sungai Nil bisa membuat orang sakit.

Gugatan hukum diajukan setelah sebuah video memperlihatkan penyanyi itu, Sherine Abdel Wahab, tahun lalu diminta untuk menyanyikan Mashrebtesh Men Nilha (Sudahkan Anda Minum Dari Nil).

Dia menjawab dengan mengatakan 'minum dari Sungai Nil bisa membuat saya dapat schistosomiasis -yang juga dikenal dengan penyakit bilharzia- yang diakibatkan parasit.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed