DetikNews
Selasa 31 Oktober 2017, 09:13 WIB

Kebocoran Radioaktif Mengancam Jika Korut Ledakkan Nuklir Lagi

BBC World - detikNews
Kebocoran Radioaktif Mengancam Jika Korut Ledakkan Nuklir Lagi Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dilaporkan tidak akan tunduk pada tekanan internasional sehubungan dengan program nuklirnya. (Reuters)
Seoul - Kepala Badan Meteorologi Korea Selatan,NamJae-cheol, memperingatkan jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir lagi di lokasi uji cobaPunggye-ri di Gunung Mantap, maka langkah itu dapat menyebabkan bagian gunung ambruk dan akhirnya membuat material radio aktif bocor.

Kemungkinan itu berpotensi terjadi, menurut Jae-cheol, sebab terdapat ruang kosong dengan panjang 100m yang dapat meledak ke dalam dasar Gunung Mantap.

"Jadi jika ada lagi uji coba nuklir, ada kemungkinan ruang kosong itu ambruk," kata Nam Jae-cheol dalam acara dengar pendapat dengan parlemen Korea Selatan.

Akibatnya, lanjut Jae-cheol, material radio aktif dapat menyebar di luar kendali.

Uji coba nuklir terbaru Korea Utara dilakukan pada awal September lalu di kawasan pegunungan Mantap. Sejak 2006, di kawasan itu telah dilakukan enam kali uji coba nuklir.

Meskipun mendapat kecaman dari berbagai pihak internasional, Korea Utara telah berjanji tidak akan menghentikan uji coba rudal dan uji coba nuklir dengan alasan negaranya mempunyai hak penuh untuk melakukan langkah itu.

Surat kabar utama Korea Utara, Rodong Sinmun, melaporkan negara itu memiliki kedaulatan untuk juga meluncurkan satelit di tengah spekulasi bahwa Pyongyang mungkin akan segera meluncurkan satelit.

Peluncuran satelit dianggap sebagai uji coba bagi teknologi rudal balistik Korea Utara.

Pada awal bulan ini, seorang diplomat Korea Utara mengatakan program senjata nuklir balistik negerinya tidak dapat ditawar-tawar lagi sehingga Amerika Serikat harus "menyiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan" Korea Utara yang memiliki kemampuan senjata nuklir.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed