DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 10:39 WIB

Donald Trump Keluarkan Aturan Baru yang Lemahkan Obamacare

BBC World - detikNews
Donald Trump Keluarkan Aturan Baru yang Lemahkan Obamacare
Washington - US President Donald Trump signs an executive order on healthcare at the White House.Reuters

Presiden AS Donald Trump telah menandatangani sebuah perintah eksekutif yang memungkinkan penjualan asuransi kesehatan yang dikecualikan dari beberapa ketentuan Obamacare.

Perintah tersebut memungkinkan badan-badan federal untuk mempertimbangkan dilonggarkannya ketentuan untuk memungkinkan usaha kecil dan beberapa individu membeli asuransi dengan manfaat lebih sedikit namun dengan harga lebih murah.

Konsumen juga akan bisa membeli asuransi jangka pendek tanpa mengubah proteksi terkait kondisi kesehatan sebelumnya.

Sebelumnya Kongres berulang kali gagal mencabut undang-undang dari zaman presiden Barack Obama tersebut.

Trump mengatakan bahwa Gedung Putih 'memulai proses' untuk membatalkan dan mengganti Affordable Care Act, yang dikenal sebagai Obamacare, saat mengumumkan perintah eksekutif pada sebuah konferensi pers pada hari Kamis.

A patient is treated at a special clinic in Seattle, Washington, on 28 October 2016Getty Images

Perintah tersebut akan memungkinkan usaha kecil dan beberapa individu untuk bersatu dan membentuk asosiasi yang mensponsori cakupan asuransi yang melintasi negara bagian.

Skema baru tersebut juga akan menghapuskan batasan pada asuransi kesehatan jangka pendek dan lepas dari ketentuan Obamacare yang mengharuskan cakupan atas "perawatan kesehatan penting" seperti perawatan terkait kehamilan, perawatan di ruang gawat darurat dan perawatan kesehatan mental.

Namun perintah eksekutif ini tidak menghapuskan mandat individu dari Obamacare yang mengharuskan sebagian besar orang Amerika untuk memiliki beberapa bentuk asuransi kesehatan dengan ancaman hukuman pajak.

US President Donald TrumpReuters

Pendukung Trump mengatakan ketentuan ini akan mengurangi biaya premi asuransi tinggi dengan membiarkan persaingan melintasi garis negara.

Namun para penentangnya berpendapat bahwa ketentuan itu dapat mendestabilkan pasar Obamacare dengan mendorong konsumen yang sehat untuk meninggalkan asuransi mereka saat ini, yang akan mendorong lonjakan biaya premi untuk orang tua dan mereka yang sebelumnya memiliki penyakit.

Pemerintah Trump diperkirakan akan menghadapi tantangan hukum dari asosiasi medis, kelompok konsumen dan beberapa perusahaan asuransi yang sebelumnya juga menentang berbagai upaya pencabutan Obamacare.

Presiden Trump menambahkan dia akan terus menekan Kongres untuk menghapuskan dan mengganti undang-undang kesehatan pendahulunya, Obama.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed