DetikNews
Kamis 05 Oktober 2017, 08:35 WIB

Organisasi Bantuan Inggris Serempak Galang Dana Bagi Rohingya

BBC World - detikNews
Organisasi Bantuan Inggris Serempak Galang Dana Bagi Rohingya PBB mengatakan jumlah pengungsi Rohingya di Bangladesh mencapai lebih dari 410.000 orang (EPA)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
London - Tiga belas organisasi bantuan di Inggris serempak menggalang dana publik bagi warga minoritas MuslimRohingya yang menyelamatkan diri dari gelombang kekerasan di Myanmar.

Organisasi-organisasi bantuan tersebut menggalang dana melalui Disasters Emergency Committee (DEC) yang akan menayangkan iklan penggalangan dana di sejumlah stasiun TV di Inggris.

Pemerintah Inggris mengatakan jika dana dari masyarakat menembus 3 juta poundsterling, pemerintah akan mengeluarkan bantuan dengan nilai yang sama, yang membuat dana dari DEC untuk Rohingya berpotensi mencapai setidaknya 6 juta poundsterling atau sekitar Rp 107 miliar.

Lebih dari 500.000 warga Muslim Rohingya meninggalkan negara bagian Rakhine di Myanmar ke negara tetangga Bangladesh untuk menyelamatkan diri setelah pecah krisis kemanusiaan yang dipicu oleh serangan milisi Rohingya terhadap pos-pos keamanan pada akhir Agustus yang dibalas dengan operasi militer.

Para pengungsi ini tinggal di tenda-tenda darurat di Bangladesh.

Direktur DEC, Saleh Saeed, mengatakan warga Rohingya masuk ke Bangladesh 'dalam keadaan lelah dan mengalami trauma yang sangat serius'.

"Mereka tinggal di tenda-tenda darurat di pinggir jalan tanpa air minum yang bersih, toilet, atau fasilitas dasar yang lain," kata Saeed.

Mereka juga sangat memerlukan bantuan kesehatan dan obat-obatan. "Tanpa bantuan kondisi mereka akan semakin mengenaskan," katanya.

Rp 2,5 miliar dalam 15 menit

Menteri Pembangunan Internasional Inggris, Priti Patel, mengatakan dirinya sangat prihatin dengan kekerasan yang terjadi di Myanmar dan menekankan bahwa pemerintah Inggris 'akan berbuat apa saja untuk membantu'.

"Sungguh tak bisa dipahami sama sekali bahwa militer yang bertanggung jawab atas bencana kemanusiaan ini tak memenuhi desakan agar menahan diri," kata Patel.

Sebagian besar warga Rohingya di Rakhine menyelamatkan diri ke Bangladesh setelah militer Myanmar menggelar operasi militer.

PBB mengatakan jumlah pengungsi Rohingya di Bangladesh mencapai lebih dari 410.000 orang, banyak di antaranya yang mengalami luka-luka akibat operasi militer Myanmar di Rakhine.

PBB mengatakan apa yang terjadi terhadap warga Rohingya adalah 'pembersihan etnis' tudingan yang ditolak oleh pemerintah dan militer Myanmar.

Mengantre makanan
Anak-anak mengantre makanan di pusat penampungan pengungsi Rohingya di Cox's Bazaar, Bangladesh. (EPA)


Penggalangan dana bagi warga Muslim Rohingya dilakukan oleh berbagai kalangan di Inggris, mulai dari organisasi sosial, organisasi agama, pelaku bisnis hingga pribadi.

Dalam penggalangan dana di Masjid Raya London Timur bulan lalu, penyelenggara berhasil mengumpulkan dana 145.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar dalam waktu kurang dari 15 menit.

Dari jumlah ini, dua donatur masing-masing menyumbang 15.000 poundsterling atau sekitar Rp 268 juta.




(nvc/nvc)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed