DetikNews
Rabu 27 September 2017, 19:17 WIB

Viral Catatan Belanja Istri untuk Suami yang Kebingungan di Pasar

BBC Magazine - detikNews
Viral Catatan Belanja Istri untuk Suami yang Kebingungan di Pasar
New Delhi -

Sebuah catatan yang berisi daftar belanja sayuran beredar viral di kalangan pengguna LinkedIn dan Twitter.

Daftar belanja tersebut ditulis oleh Era Golwalkar, 29 tahun, untuk membantu suaminya yang semula kesulitan mencari bahan makanan -yang diinginkan istrinya- saat belanja ke pasar.

Perempuan asal India yang berprofesi di bidang teknologi informasi itu menuturkan kepada BBC Trending bahwa daftar belanja tersebut dibuat untuk "memecahkan masalah mingguan."

"Setelah Gaurav dan saya menikah tiga tahun yang lalu, kami memutuskan untuk membagi pekerjaan rumah tangga," katanya.

"Gaurav sangat mendukung dan siap untuk belajar memasak (hal yang tidak umum bagi banyak pria di India). Namun ada satu permasalahan yang saat itu tidak saya sadari - dia tidak memiliki pengalaman apapun dalam hal memasak. "

"Saat pertama kali saya menyuruhnya membeli sayuran, kami bertengkar karena dia salah membeli berbagai kebutuhan dapur. Namun selanjutnya dia bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Era menuturkan para penjual sayur mayur di pasar memanfaatkan kepolosan suaminya dan menjual sayuran yang sudah busuk. Dia semakin bingung ketika giliran sang suami yang harus belanja ke pasar.

"Dia terus-terusan mengirimkan foto-foto sayuran ke Whatsapp untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang dibeli sesuai dengan keinginan saya. Dari situ saya mulai memikirkan masalahnya," katanya.

Inilah catatan belanja Era untuk suaminya yang beredar viral di media sosial (Twitter)Inilah catatan belanja Era untuk suaminya yang beredar viral di media sosial (Twitter) Foto: Twitter

Era mulai menulis daftar belanja secara rinci, lengkap dengan gambar dari setiap bahan yang akan dibeli, agar suaminya tidak bingung.

Dia bahkan menjelaskan bagaimana cara memilih sayuran yang tepat, dengan menggambarkan apa yang dia maksud, misalnya kentang berukuran sedang dan menyuruhnya untuk tidak memilih sayur bayam yang busuk.

Dan ini berhasil. Gaurav kembali ke rumah dengan sayur-sayuran yang dimaksud tanpa ada pertengkaran. Era lantas memutuskan untuk mengunggah daftar belanjanya di media sosial.

"Saat melihat berbagai reaksi di media sosial. Saya perhatikan banyak perempuan yang sudah menikah di dunia bisa melakukannya," kata Era. "Bahkan ini juga bisa diterapkan kepada anak-anak, kalau ibu-ibu menyuruhnya mereka pergi ke pasar untuk membeli sesuatu dan memberikan instruksi serupa."

'Saya bisa membela diri'

Dia mengatakan kebanyakan kaum pria yang membaca daftar belanja yang beredar di medsos itu "tertawa, meski ada juga beberapa diantaranya yang merasa direndahkan."

Namun dia pun ingin menunjukkan bahwa, tidak semua pria memerlukan "daftar belanja" seperti ini.

"Tapi suami saya memerlukannya, jadi kami menemukan jalan keluarnya," tambahnya.

Lantas bagaimana pendapat suami Era, Gaurav, 31 tahun, seorang eksekutif yang bekerja di BuyTestSeries di kota Pune, India barat, tentang daftar belanja yang dibuat istrinya?

"Kami jadi jarang bertengkar," katanya kepada BBC Trending. "Sekarang kalau saya salah membeli barang, saya punya bukti bahwa itu tidak sesuai dengan yang dia maksud dan dia pun tidak bisa menyangkalnya."

"Sebelumnya, saya seringkali kalah dalam berdebat, sekarang saya bisa membela diri."




(nvc/nvc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed