DetikNews
Rabu 20 September 2017, 08:25 WIB

Suami-Istri Meninggal Usai Merayakan 75 Tahun Perkawinan

BBC World - detikNews
Suami-Istri Meninggal Usai Merayakan 75 Tahun Perkawinan
Ottawa -

Pasangan suami istri veteran perang, George dan Jean Spear menghembuskan napas terakhirnya hanya berselang lima jam satu sama lain usai merayakan hari jadi pernikahan mereka yang ke-75 tahun.

Warga Inggris Jean Spear pertama kali bertemu dengan suaminya, George Spear pada tahun 1941 di sebuah ruang dansa dekat kota London, saat tentara Kanada itu ditempatkan di Inggris selama Perang Dunia Kedua.

Pasangan tersebut meninggal dunia di rumah sakit Ottawa pada hari Jumat setelah sebelumnya Nyonya Spear, 94 tahun, dirawat karena mengidap pneumonia.

Nyonya Spear dan suaminya yang berusia 95 tahun bertemu dengan Pangeran William dan Puteri kate alias Duke dan Duchess of Cambridge selama lawatan kerajaan ke Ottawan tahun 2011.

Spear dirawat di Rumah Sakit Queensway Carleton pada hari Rabu, sehari setelah istrinya dilarikan ke rumah sakit itu akibat mengalami jatuh tertidur lelap.

Staf rumah sakit sebelumnya mencoba memindahkan Spear ke ruang tempat istrinya dirawat, namun Jean Spear meninggal dengan tenang dalam tidurnya pada hari Jumat pukul 04:30 waktu setempat sebelum hal itu terlaksana.

Selang lima jam kemudian George meninggal menyusul sang istri pada pukul 09:45 pagi waktu setempat, lapor Ottawa Citizen.

Mereka meninggalkan dua anak yaitu, Heather dan Ian.

"Kami menceritakan kisah-kisah tentang mereka untuk menghibur diri," kata putri mereka, Heather Spear, kepada Ottawa Citizen.

Pasangan ini bertemu dalam sebuah acara dansa, saat itu George yang berpangkat sersan mayor bertugas di 1st Corps Field Survey Co, Royal Canadian Engineers.

"Dia menatap sepatu bot tentara saya sambil mengatakan, 'Saya tidak tahu apakah kita bisa berdansa dengan sepatu bot yang Anda pakai," kenang Spear kepada Ottawa Citizen saat ulang tahun pernikahan ke-72 pasangan itu.

"Itulah perkenalan kami. Saya mengatakan kepadanya, 'Ayo kita coba.' Dan kami berdansa. Ya seperti itu. "

Mereka menikah tak lama kemudian, pada tanggal 22 Agustus 1942 di kampung halaman Jean di Kingston Upon Thames.

Pada tahun 1994 Jean berlayar ke Kanada karena suaminya, yang saat itu ditempatkan di Italia, akan dikirim pulang ke negerinya untuk melatih serdadu lain.

"Ke mana pun ia ditempatkan, saya akan menyusulnya," katanya saat wawancara CBC dengan pasangan tersebut pada tahun 2014.

Ketika sampai di Ottawa dengan kereta api, dia tidak tahu suaminya akan menemuinya karena dia pikir dia masih di Italia.

"Saat itu salju turun dan ada badai salju yang paling menakjubkan yang pernah Anda lihat sepanjang hidup," katanya.

"Dan sosok ini berlari ke arah saya dan dia mendekati saya dan membungkus tubuh saya dengan mantelnya yang tebal.

"Saya tidak bisa membicarakannya sekarang tanpa mengingat kembali kegembiraan saat itu."

Dia mendirikan klub pertama di Kanada yang mewadahi istri veteran Perang Dunia Kedua.

Pada tahun 2006, Ratu memberinya penganugerahan Order of the British Empire atas jasanya membantu para istri serdadu di masa Perang Dunia.

Saat menghadiri acara tersebut bersama suaminya di London ia bertemu dengan idolanya, seorang penyanyi di masa peperangan, Dame Vera Lynn.

Hampir 50.000 perempuan Eropa pindah ke Kanada saat perang dunia berakhir menyusul atau menyertai suami mereka tentara Kanada yang menikahi mereka saat penugasan PD II.

Pada tahun 2011 Duke and Duchess of Cambridge mengundang pasangan tersebut untuk datang ke sebuah acara pribadi dalam rangkaian tur mereka di Ottawa.

Spear memperlihatkan foto hitam putihnya yang memakai pangkat sersan bersama Jean sebelum menikah kepada Kate Middleton, dan Kate bertanya apakah dia selalu menyimpan foto itu.

"Sejak masa peperangan hingga saat ini," jawabnya.




(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed