DetikNews
Selasa 25 April 2017, 14:56 WIB

Para Tokoh Serukan Radiohead Batalkan Konser di Israel

BBC World - detikNews
Para Tokoh Serukan Radiohead Batalkan Konser di Israel Radiohead antara lain pernah tampil untuk mengangkat hak-hak warga Tibet dan membantu Amnesty International. (AFP/VALERIE MACON)
London - Sejumlah tokoh industri musik dan film di Inggris mendesak agar bandRadiohead membatalkankonsernya di Israel pada Bulan Juli.

Roger Waters -- salah seorang pentolan band legendaris Pink Floyd -- dan sutradara terkenal, Ken Loach, termasuk dalam sekitar 50 penandatangan surat untuk meminta Radiohead agar menghormati boikot budaya atas Israel sebagai dukungan kepada Palestina.

Pengkritik boikot menyatakan tidak adil dengan hanya menuding Israel semata, yang tidak akan banyak membantu Palestina.

Roger Waters Salah seorang pentolan Pink Floyd, Roger Waters, ikut menandatangani surat kepada Radiohead. (AFP/ODD ANDERSEN)

Mantan uskup Agung Afrika Selatan, Desmond Tutu, juga ikut meminta agar band rock asal Ingris itu mempertimbangkan rencana tampil di Israel, yang menurutnya memperlakukan sistem aparteid atas rakyat Palestina.

Band rock asal Inggris tersebut akan tampil di Tel Aviv pada 19 Juli, yang sekaligus menjadi penutup rangkaian konser mereka, antara lain tampil di festival musik bergengsi Glastonbury.

Sering disebut sebagai band rock eksperimental beraliran politik kiri, Radiohead pernah tampil untuk mengangkat hak-hak warga Tibet, membantu kelompok pegiat hak asasi manusia Amnesty International, maupun demi kampanye perlindungan lingkungan.

Stevie Wonder Stevie Wonder termasuk yang mendukung boikot budaya atas Israel dengan menolak tampil di negara itu. (Getty/Tommaso Boddi)

"Karena Radiohead berkampanye untuk kebebasan warga Tibet, kami tertanya-tanya kenapa Anda menolak permintaan untuk membela orang lain yang berada di bawah pendudukan asing," seperti tertulis dalam surat tersebut.

"Dengan meminta Anda tidak tampil di Israel, warga Palestina sudah memohon agar mengambil satu langkah kecil untuk menekan Israel mengakhiri pelanggaran hak-hak dasar dan undang-undang internasional."

Langkah yang disebut boikot budaya atas Isreal tidak selalu diikuti para bintang dunia.

Stevie Wonder dan Carlos Santana termasuk yang tidak bersedia tampil di Israel namun Paul McCartney, The Rolling Stones, Elton John, dan Bon Jovi menggelar konser di negara itu dalam beberapa tahun belakangan ini.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed