DetikNews
Kamis 20 April 2017, 15:59 WIB

Wapres AS Mike Pence Pukul Beduk di Istiqlal

BBC World - detikNews
Wapres AS Mike Pence Pukul Beduk di Istiqlal Ini merupakan kunjungan pertama di Indonesia, dari seorang pejabat pemerintahan Donald Trump. (BEAWIHARTA/AFP/Getty Images)
Jakarta - Wakil Presiden AS,MikePence memukul beduk dalam kunjungannya keMasjidIstiqlal, yang didampingi isteri dan anak perempuannya yang mengenakan kerudung.

Di Istiqlal, Mike Pence dan keluarga disambut KH Nasaruddin Umar, yang mengajaknya berkeliling ke berbagai sudut masjid.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Mike Pence menegaskan penghargaan pada keunikan Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim yang moderat.

Pence mengatakan bahwa dalam kunjungan ini dia bertemu pula dengan para pemimpin Islam, karena "Islam moderat di Indonesia memberikan inspirasi pada dunia. Dan kami bersyukur atas inspirasi yang diberikan Indonesia kepada dunia."

"Di negara Anda dan saya, agama mempersatukan, tidak memecah-belah. Dan itu memberikan harapan bagi kita untuk masa depan", tambahnya.

jokowi Pence Presiden Jokowi mengajak Wakil Presiden Pence untuk berbincang sambil minum teh di pelataran Istana Merdeka. (EPA)

Selain itu, kedatangan Pence juga untuk membahas kerjasama ekonomi kedua negara serta pertahanan dan keamanan regional.

"Bulan depan akan ada tim yang membahas pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip-prinsip win-win solution," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama Wapres Pence di Istana Merdeka.

"Seperti yang diutarakan Presiden Widodo, kami akan menciptakan hubungan yang sama-sama menguntungkan. Kami yakin kami dapat menghapuskan berbagai rintangan sehingga para eksportir Amerika dapat masuk ke pasar Indonesia. Hal yang sama yang telah dialami para eksportir Indonesia di Amerika selama sekian lama", kata Pence.

Kerjasama Indonesia dan AS di bidang pertahanan, sebut Pence dalam pidatonya, khususnya dalam memberantas terorisme.

Pence mengucapkan ikut belasungkawa atas teror yang terjadi pada Januari 2016 lalu di Jakarta yang menewaskan lima orang. Teror yang berkaitan dengan kelompok yang disebut dengan ISIS ini, menurut Pence, juga tidak asing bagi Amerika.

"Di bawah pemerintahan Presiden Trump kami dengan teguh berkomitmen untuk terus berkolaborasi menjaga keamanan warga kedua negara."

Pence juga mengangkat isu kerjasama di bidang maritim, khususnya Laut Cina Selatan, sebagai isu yang penting bagi pertahanan ASEAN.

Kedatangan Wapres Pence ke Indonesia disertai istri dan kedua putrinya. Presiden Jokowi dan Wapres Pence kemudian bergabung bersama kedua istri dan para putri di Istana Negara. Mereka disuguhi tarian Bali sebagai perkenalan kebudayaan Indonesia kepada AS.

Wapres Pence akan melakukan perundingan bilateral dengan Wapres Jusuf Kalla dan akan mengunjungi Mesjid Istiqlal dan ditutup dengan pertemuan dengan para perwakilan negara-negara ASEAN.

Kunjungan Pence adalah kunjungan pertama pemerintahan Presiden Trump ke Indonesia dan merupakan bagian dari tur Asia yang dilakukannya. Sebelumnya Pence mengunjungi Jepang dan Korea Selatan dan akan bertolak ke Australia dari Indonesia.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed