Dalai Lama dan 15 Pemimpin Buddha Desak Tindakan Tegas Terkait Pemanasan Global

BBC Magazine - detikNews
Jumat, 30 Okt 2015 16:13 WIB
Jakarta -

Pemimpin senior agama Buddha mendesak para pemimpin dunia untuk menyepakati persetujuan perubahan iklim dunia baru pada konferensi yang akan dilangsungkan di Paris, Prancis, bulan depan.

Lima belas penanda tangan, termasuk Dalai Lama, mendesak para politikus untuk merampungkan penghapusan pemakaian bahan bakar fosil.

Mereka memandang peningkatan suhu bumi harus dibatasi pada tingkat 1,5 Celcius di masa depan.

Para pengamat mengatakan langkah ini merupakan yang pertama kalinya begitu banyak pemimpin Buddha bergabung untuk mengatasi masalah dunia.

Pernyataan pemimpin satu miliar umat Buddha dunia itu menyebutkan penyebab 'masalah lingkungan' adalah penggunaan bahan bakar fosil, pola konsumsi tidak berkelanjutan, kurangnya kesadaran, dan perhatian tentang akibat dari tindakan yang dilakukan.

Para pemimpin Buddha mendesak juru runding untuk menggunakan 'kebijaksanaan dan kasih sayang' guna mencapai kesepakatan di Konferensi Berbagai Pihak di ibu kota Prancis pada akhir bulan November.

"Kita berada di persimpangan penting di mana keberlangsungan hidup kita dan spesies lainnya dipertaruhkan karena aksi kita sendiri," demikian isi pernyataan yang mendesak dunia untuk sepenuhnya menggunakan energi bersih dan terbarukan.

(nwk/nwk)