DetikNews
Jumat 12 Juni 2015, 11:18 WIB

PM Prancis Ganti Biaya Perjalanan Menonton Barcelona-Juventus

BBC World - detikNews
Jakarta -
Manuel Valls

PM Manuel Valls menonton pertandingan final Liga Champions bersama dua anaknya.

Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, mengatakan akan membayar sebagian biaya perjalanan menonton babak final Liga Champions di Berlin, Sabtu pekan lalu.

Valls disorot setelah menggunakan pesawat jet pemerintah untuk menerbangkan dua anaknya menyaksikan pertandingan antara Barcelona-Juventus, yang akhirnya dimenangkan Barcelona 3-1.

Tadinya Valls bersikukuh bahwa acara menonton pertandingan sepak bola ini adalah perjalanan dinas karena untuk memenuhi undangan presiden federasi sepak bola Eropa (UEFA), Michel Platini, guna membahas turnamen Piala Eropa 2016.

Prancis adalah tuan rumah turnamen antarnegara Eropa tersebut.

Namun sekarang Valls mengatakan dirinya memahami kemarahan dan tekanan masyarakat di Prancis, sehingga membayar sebagian biaya perjalanan ke Berlin, sebesar US$2.800 atau sekitar Rp37,2 juta.

"Ini adalah perjalanan dinas, jadi saya menggunakan fasilitas bagi perdana menteri ... tapi saya juga memahami reaksi masyarakat," kata Valls.

"Di masa depan saya tidak akan lagi melakukan hal tersebut," tambah Valls yang dikenal sebagai pendukung Barcelona tersebut.

Agenda menonton babak final ini diyakini telah menodai reputasi PM Valls.

Tiga dari empat warga Prancis, menurut kantor berita AFP, mengatakan "kaget" dengan perjalanan Valls ke Berlin.




(nwk/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed