ADVERTISEMENT

Rahasia Kamar Hotel: Kebersihan dan Keamanan

BBC Magazine - detikNews
Rabu, 10 Jun 2015 18:11 WIB
Jakarta -
Koridor hotel

Beberapa pengalaman mungkin bisa membantu Anda merasa aman dan nyaman menginap di hotel.

 

Hotel mungkin saja menjadi rumah kedua Anda ketika sedang bepergian tetapi bahkan penginapan yang paling mewah pun jarang ada yang sebersih, seaman atau memberikan privasi sebaik rumah Anda sendiri. Apa saja yang bersih, dan apa yang tidak dan apa yang paling harus Anda hindari? Kami mengunjungi situs tanya jawab Quora untuk mencari jawabannya, dengan menanyakan, " Hal apa saja yang tidak kita ketahui mengenai kamar-kamar hotel?"

Sejumlah pelaku perhotelan yang berani dan pakar industri perhotelan memberikan kita masukan yang sangat mencerahkan dan terkadang menakutkan mengenai semua hal, mulai dari "tukang mengintip" dan kutu busuk, sampai barang-barang paling terkontaminasi di kamar hotel Anda.

Lubang intip dapat dipakai dari sebaliknya

"Periksalah lubang intip di pintu kamar Anda. Jika rusak atau sudah diotak-atik, mintalah kamar yang lain," kata Michael Forrest Jones, CEO Beechmont Hotels di Winston-Salem, Carolina Utara. Lubang intip harus memberikan pemandangan yang jelas dan tidak terhalangi. Jika lubang itu tidak jelas, berkabut atau rusak dengan cara apa pun, maka tidak aman. Lubang intip yang sudah diotak-atik mungkin merupakan indikasi adanya kamera lubang intip: lensa terbalik yang memungkinkan orang di luar kamar untuk melihat ke dalam kamar hotel. Agar aman, Jones merekomendasikan tamu hotel untuk menutupi lubang intip itu dengan kertas yang diremas-remas, dan hanya mencabutnya jika diperlukan.

hotel1

Pintu kamar hotel tidak seaman yang Anda mungkin pikirkan.

Di samping itu, jika seseorang mengetuk pintu kamar Anda, tetapi tidak ada orang yang terlihat dari lubang intip, jangan buka pintu kamar. Teleponlah bagian penerimaan tamu.

Jauhi teko kopi

Tidak bisa memulai hari Anda tanpa secangkir kopi tubruk? Lupakan saja teko kopi yang disediakan di kamar dan pergilah ke kafe di dekat hotel, kata sejumlah responden Quora memperingatkan.

"Hal yang paling membuat saya mual adalah teko kopi," kata Ken Lim, mantan manajer sebuah hotel di Chicago, Illinois. "Ya, kelihatannya memang bersih, tetapi siapa yang tahu untuk apa tamu sebelumnya menggunakannya? Pikirkan saja muntah, puntung rokok, pensil krayon."

Gelas air yang ada di atas wastafel di kamar mandi juga perlu dicurigai, kata penggemar jalan-jalan Cooper Woods. "Gelas-gelas di kamar mandi itu tidak sebersih yang Anda pikirkan," katanya. "Pegawai hotel paling-paling mengelapnya dengan lap atau membilasnya dengan air biasa." Ia menyarankan agar tamu mencuci gelas-gelas itu dengan sabun dan air agar benar-benar bersih.

hotel2

Ini mungkin merupakan bagian terbersih di kamar hotel Anda. Asal jangan menyentuh gelas minum saja.

 

Kamar mandi bukan rak koper yang paling aman untuk koper Anda

Karena adanya kutu busuk, tempat terbaik untuk membuka koper Anda bukanlah di tempat yang Anda pikirkan. Lupakan saja rak kayu tempat koper, kata Jones, yang menyarankan tempat yang mengejutkan untuk membuka tas.

"Setelah memeriksa lantai kamar mandi apakah bersih, bukalah tas Anda di sana," katanya menyarankan. "Secara harfiah itu tempat teraman. Kutu busuk senang dengan kayu."

Rak koper yang terbuat dari besi juga merupakan alternatif yang baik, karena kutu busuk tidak akan bisa hidup di besi.

Barang paling terkontaminasi di kamar hotel mungkin bisa mengejutkan Anda

Jika ada barang yang dipegang dan digunakan hampir semua tamu tentunya barang itu menjadi yang paling terkontaminasi di kamar.

hotel3

Ada satu barang di kamar ini yang harus dihindari mereka yang benci kuman atau paling tidak bersihkan dulu.

 

"Barang yang paling kotor di kamar hotel yang bagus di mana pun kemungkinan besar adalah kendali jarak jauh TV (remote control)," kata pengguna Quora William Payne, seorang pensiunan yang sering melakukan perjalanan di Houston, Texas. "Barang itu sudah dipegang begitu banyak orang, dan hampir tidak pernah dibersihkan oleh pegawai hotel."

Malah, sebagaimana ditunjukkan seorang responden Quora John Leach, sebuah studi di tahun 2012 yang dilakukan oleh Universitas Houston menemukan bahwa remote control biasanya terkontaminasi seperti toilet. Dan begitu juga satu fitur lain yang biasa digunakan tamu hotel tanpa berpikir: tombol lampu di samping ranjang.

Sebelum memegang benda-benda ini, Anda mungkin ingin membersihkannya dahulu dengan tisu atau semprotan antibakteri.

Namun cobalah tentu untuk bisa beristirahat dengan tenang

Dengan adanya tukang intip, kutu busuk dan kuman yang mengotori kendali jarak jauh TV, tidaklah aneh jika tamu hotel merasa khawatir. Untungnya, peningkatakan kesadaran publik telah juga memperbaiki standar kebersihan dan keamanan di banyak hotel.

Sebagai contoh, jaringan hotel berbasis di Amerika Serikat Best Western kini menggunakan tongkat ultraviolet yang membunuh bakteri dan kuman ketika tongkat itu dilayangkan di atas sebuah barang. Jaringan hotel ini juga telah beralih menggunakan remote control yang tahan air untuk memungkinkan pembersihannya dengan mudah.

Tidak mau tergantung pada hotel Anda? Bawalah tisu dan semprotan antibakteri. Sedangkan mereka yang ingin jaminan ekstra mungkin perlu membeli monitor kebersihan untuk memeriksa apakah ada bakteri di barang-barang seperti selimut dan telepon.

Bacalah artikel ini dalam Bahasa Inggris: What hotels won't tell you di BBC Travel.



(nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT