DetikNews
Selasa 19 April 2016, 12:45 WIB

Video: Fenomena Cahaya Aurora Direkam dari Stasiun Luar Angkasa

Australia Plus ABC - detikNews
Video: Fenomena Cahaya Aurora Direkam dari Stasiun Luar Angkasa Foto: Fenomena Aurora terjadi ketika elektron dan proton bertabrakan dengan atom netral di atmosfer atas. (Foto: NASA TV) (Credit: ABC licensed)
Jakarta -

Tontonan alam yang menakjubkan dari Aurora Borealis dan Aurora Australis telah ditangkap dari luar angkasa, dalam rekaman baru yang diterbitkan oleh Badan Antariksa AS (NASA).

Televisi NASA telah merilis video ultra-HD untuk memberikan gambaran baru tentang cahaya hijau yang mempesona dunia ini.

Video ini disusun dengan menggunakan fitur 'timelapse' dari 'kursi terbaik' di dunia untuk sebuah peristiwa aurora -yakni Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Aurora terjadi ketika elektron dan proton bertabrakan dengan atom netral di atmosfer atas," kata video NASA tersebut.

Video ini menyediakan pemirsa dengan pemandangan yang dilihat dari ISS, ketika gelombang cahaya hijau menyelimuti Bumi.

Video berdurasi asli 5 menit ini memperlihatkan Aurora Borealis dan Aurora Australi yang menerangi langit di belahan Bumi utara dan selatan.

Tapi pemandangan ini tak hanya bisa dilihat dari luar angkasa, dengan mata telanjang dan kamera rata-rata bisa menangkap fenomena alam ini dengan baik.

Langit Tasmania berubah menjadi bernuansa ungu dan hijau pada bulan Desember ketika Aurora Australis kuat menyala di jalanan pinggiran kota.

Kampanye Cintai Bumi #24Seven

NASA akan bertanya kepada dunia "apa yang Anda sukai tentang planet Anda?" ketika lembaga ini menjadi tuan rumah perayaan Hari Bumi pada Jumat (22/4).

"Terlahir sebagai bagian dari gambar era-Apollo yang pertama kali menunjukkan planet biru kita dengan lingkup penuh, Hari Bumi tetap penting bagi NASA," kata badan antariksa ini di situsnya.

"Tapi dalam aspek tertentu, setiap hari di NASA adalah Hari Bumi. Satelit, pesawat, instrumen dan misi lapangan NASA memberikan informasi penting tentang lingkungan, cuaca dan perubahan iklim kita setiap 24 jam, tujuh hari seminggu, 365 hari setahun," tambah mereka.

NASA akan berbagi foto di media sosial untuk menggambarkan hari-hari rutin dalam kehidupan misi ilmu Bumi yang dilakukan lembaga ini.

Hal ini telah mendorong para pengguna media sosial untuk berbagi foto tentang bagaimana mereka merayakan Hari Bumi dengan menggunakan tanda pagar #24Seven.

Untuk melihat video asli fenomena ini yang dirilis NASA, buka tautan berikut.




(nwk/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed