5 Cara Memulai Frugal Living untuk Wujudkan Target Keuangan di 2023

5 Cara Memulai Frugal Living untuk Wujudkan Target Keuangan di 2023

Advertorial - detikNews
Senin, 09 Jan 2023 14:00 WIB
adv
Foto: Shutterstock
Jakarta - Momen awal tahun bisa jadi saat yang tepat untuk menilik kembali target keuangan dan mengatur strategi dalam mewujudkannya. Untuk kamu yang ingin cepat mapan secara finansial di 2023, cobalah kenali konsep frugal living yang digadang-gadang bikin cepat kaya.

Dilansir dari CNBC Indonesia, konsep frugal living merupakan gaya hidup dengan kebiasaan hemat yang sadar akan pengeluaran dan fokus pada prioritas keuangan. Dengan begitu, kamu dapat lebih berhati-hati dalam memutuskan pengeluaran agar tak boncos.

Ingin tahu jurus apa saja yang bisa kamu coba dalam menjalani frugal living? Yuk simak contohnya berikut ini.

1. Catat Pemasukan & Pengeluaran

Hal yang penting diperhatikan saat memulai frugal living adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran agar kamu bisa memantau kas keuangan dengan lebih cermat. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui ke mana saja uang yang kamu miliki digunakan.

Kamu bisa catat arus kas keuangan ini di dalam jurnal, atau menggunakan aplikasi pengelola keuangan agar lebih mudah.

2. Menabung dan Berinvestasi

Dengan menerapkan frugal living, kamu dapat berhemat secara lebih ekstra. Nah, gunakanlah sisa uang yang kamu miliki untuk dialokasikan ke tabungan atau instrumen investasi yang menguntungkan di masa depan.

3. Jual Barang yang Sudah Tak Digunakan

Beberapa tahun lalu, tren merapikan rumah ala Marie Kondo sempat viral. Metode KonMari dari Mari Kondo mengajak masyarakat berpikir kembali tentang konsep 'sparks joy' saat memilah barang yang ingin disimpan atau dibuang berdasarkan kadar kebahagiaan dan manfaatnya.

Untuk kamu yang memiliki banyak tumpukan barang di rumah yang tak lagi 'sparks joy', kamu bisa menjualnya kepada orang terdekat atau melalui internet. Dengan menjual barang tak berguna, kamu bisa membuat rumah terasa lebih lega dan menambah pundi-pundi tabungan.

4. Masak Sendiri

Pesan antar makanan kini memang sangat mudah dilakukan, hanya dengan beberapa klik di smartphone saja. Namun, hal ini tanpa disadari sering bikin pengeluaran membengkak. Untuk itu, cobalah lebih sering memasak sendiri dan kurangi beli makanan di luar. Memasak makanan sendiri dapat memotong pengeluaran makan hingga 50 persen.

5. Manfaatkan Diskon

Siapa sih yang tak suka dengan diskon? Memanfaatkan diskon merupakan salah satu jurus yang bisa kamu andalkan dalam menerapkan frugal living. Pasalnya, dengan diskon kamu bisa membeli barang yang diinginkan dengan pengeluaran yang lebih minim.

Ada berbagai macam diskon yang bisa dimanfaatkan saat ini. Baik diskon potongan harga maupun diskon cashback. Salah satunya diskon dari Alfamart dalam Program Resolusi Cashback 2023 yang dijamin bikin untung dan lebih hemat dalam berbelanja!

Promo Resolusi Cashback 2023 Alfamart

Di tahun 2023 ini, Alfamart kembali menghadirkan promo spesial untuk membantu kamu belanja lebih hemat di Alfamart. Dengan berbelanja minimal Rp 70.000 di toko Alfamart atau aplikasi Alfagift, member Alfamart bisa mendapatkan cashback 10% dari total nominal pembelanjaan hingga Rp 20.000.

Adapun promo ini bisa didapatkan untuk pembelian semua produk kecuali produk Minyak Goreng, Rokok, Pulsa, Susu Bayi di bawah 1 tahun, Produk Segar & Beauty Bae, serta Wall's Happy Delivery & Campina Delivery.

Voucher cashback akan tercetak di ekor struk setelah memenuhi syarat belanja (untuk pembelian di toko Alfamart). Adapun voucher yang didapat hanya bisa digunakan untuk pembelian di toko juga.

advFoto: dok. Alfamart

Sementara itu, untuk pembelian di Alfagift akan muncul voucher cashback dalam menu 'Voucher' di aplikasi Alfagift. Khusus pembelian di Alfagift, cashback hanya bisa didapatkan untuk pembayaran menggunakan Virtual Account (VA) BCA dan Mandiri, ShopeePay, GoPay, atau Virgo. Nantinya, Cashback ini pun hanya bisa digunakan untuk transaksi di Alfagift.

Yuk, jadi member Alfamart dan segera belanja di Alfamart atau aplikasi Alfagift dalam periode 1 Januari hingga 28 Februari 2023 untuk dapatkan cashback yang menguntungkan ini. Adapun periode penukaran voucher berlangsung pada 1 Januari hingga 5 Maret 2023.

Catat tanggalnya dan segera bertransaksi untuk hidup lebih hemat di 2023!

(adv/adv)