Jangan Dibuang, Limbah Botol Bekas Bisa Disulap Jadi Barang Bermanfaat

Jangan Dibuang, Limbah Botol Bekas Bisa Disulap Jadi Barang Bermanfaat

Advertorial - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 20:00 WIB
adv
Jakarta - Botol bekas atau limbah lainnya sering dianggap sebagai sampah yang tidak ada artinya. Anggapan itu turut membuat botol bekas menjadi salah satu tumpukan sampah yang sulit diurai dan mengancam lingkungan.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka lingkungan terus tercemar dan kesehatan jadi terancam. Apalagi limbah botol umumnya dihasilkan oleh rumah tangga, rumah makan, dan sektor industri.

Sebagai informasi, selain limbah botol plastik, limbah botol kaca juga sama berbahayanya dengan botol plastik. Disebutkan, botol kaca memiliki waktu penguraian hingga 1 juta tahun lamanya. Hal itu terjadi karena limbah kaca harus melalui proses pelelehan hingga pendinginan terlebih dahulu.

Untuk bantu jaga lingkungan, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan tidak asal membuang limbah botol. Karena ternyata limbah botol bisa disulap jadi berbagai barang berguna, terlihat ciamik, dan punya fungsi guna yang baru lho! Tapi gimana ya caranya?

Jangan bingung, untuk cari tahu bagaimana cara merubah limbah botol jadi barang berguna, kamu cukup duduk manis dan nonton live streaming program Yuk Berkreasi dari UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur yang ditayangkan di detikcom pada 18 Desember 2022.

Bersama 2 UMKM binaan BRI, yaitu Semomondeezy dan Rubysh kamu bisa menyaksikan workshop dan mencari tahu bagaimana cara mengolah limbah botol yang baik. Selain itu, kamu juga bisa mengulik lebih dalam berbagai produk yang dihasilkan oleh Semomondeezy dan Rubysh.

Semomondeezy merupakan UMKM yang bergerak membuat aksesoris hingga tas. Dalam produksinya, Semomondeezy menggunakan bahan-bahan daur ulang, seperti limbah garmen dan botol bekas.

Sedangkan Rubysh adalah salah satu merek fashion ramah lingkungan baru yang memanfaatkan banyaknya bahan limbah untuk dijadikan bahan pengganti perhiasan.

Jadi, jangan sampai terlewat dan simak cara olah limbah jadi barang bermanfaat dengan menyaksikan Yuk Berkreasi dari BRIlianpreneur ya! Untuk informasi lebih lanjut kalian dapat mengunjungi www.brilianpreneur.com. (adv/adv)