Founder Esteh Indonesia Berbagi Kiat Bangun Bisnis dari Ide Sederhana

Founder Esteh Indonesia Berbagi Kiat Bangun Bisnis dari Ide Sederhana

Advertorial - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 09:00 WIB
adv bri dmentor
Foto: BRI
Jakarta - Esteh Indonesia menjelma sebagai brand minuman populer di Indonesia, dengan gerai yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Keberhasilan Esteh menjadi brand besar merupakan buah dari tangan dingin Founder sekaligus eks CEO Esteh Indonesia Haidhar Wurjanto mengemas minuman 'rakyat' menjadi produk yang menarik.

Kepiawaian Haidhar berbisnis tidak didapatkan secara instan. Pria kelahiran 12 Januari 1990 itu sudah mulai bisnis saat menginjak bangku SMA. Mulai dari berjualan pulsa, aksesori ponsel, hingga masakan Jepang, dan nasi goreng gerobak telah dijalaninya sampai lulus kuliah.

Walau sederet bisnisnya gagal, Haidhar tak pantang menyerah dan terus mencari ide usaha lainnya. Persistensi itu mengantarkannya pada gerbang kesuksesan. Kini Haidhar memegang beberapa bisnis yang bergerak di sektor makanan dan minuman seperti Momo Milk, Foresthree, Raindear Coffee, Cakekinian, dan Esteh Indonesia.

Esteh Indonesia adalah bisnis Haidhar yang paling berkembang pesat. Ide bisnis ini berangkat dari kejelian Haidhar melihat es teh sebagai minuman yang paling diminati masyarakat Indonesia.

Di berbagai gerai kuliner, baik kelas menengah bawah atau atas, es teh menjadi minuman favorit pelanggan. Haidhar pun mantap untuk membangun bisnis dengan menjadikan es teh sebagai komoditas utama.

Bermodal Rp 8 juta saja, Haidhar membeli perlengkapan dan booth sederhana untuk brand Esteh Indonesia di sebuah pameran. Setelah merasa banyak diminati, Haidhar memutuskan untuk membuka gerai di Blok M Square.

Esteh Indonesia pun semakin menunjukkan perkembangannya. Penghasilannya dari bisnis itu semakin meningkat hingga pernah mencapai Rp 150 juta per bulan. Atas pertimbangan itu, Haidhar memutuskan membuka cabang dan membangun kemitraan.

Sudah ada sekitar 250 cabang Es Teh Indonesia. Sejak pandemi COVID-19 bisnis ini menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berwirausaha dengan membuka franchise brand minuman tersebut.

Haidhar merupakan sosok yang dapat diteladani oleh pebisnis pemula. Banyak cerita pengalaman dan kiat berbisnis yang dapat dipelajari dari Haidhar. Terutama soal strategi membangun bisnis yang resilient dan punya jaringan kuat.

Haidhar akan membagikan beragam pengetahuan dan pengalamannya seputar bisnis dalam acara Ngobrol Pintar BRILianpreneur 2022. Acara ini menghadirkan para expert dan Market Leaderdi bidangnya untuk membagikan insight bermakna bagi para pemilik usaha agar mendapat inspirasi next level untuk mengembangkan bisnis.

Pada episode pertama, Ngobrol Pintar BRILianpreneur 2022 akan menghadirkan Haidhar Wurjanto sebagai Founder Esteh Indonesia. Dipandu oleh Caesar Gunawan, diskusi bersama Haidhar akan memberikan manfaat buat Anda yang sedang merintis atau bahkan baru akan memulai bisnis.

Saksikan Ngobrol Pintar BRILianpreneur 2022 yang akan tayang live di detikFinance YouTube BANK BRI pada Senin (6/12/2022) jam 12.00-13.00 WIB.

Selain Haidhar, ada beberapa expert lainnya yang akan berbagai kiat sukses membangun bisnis di Ngobrol Pintar BRILianpreneur 2022.

Sebagai informasi, Ngobrol Pintar BRILianpreneur digelar dalam rangkaian UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022. Tahun ini, BRI akan menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih dari enam kategori berbeda, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion, Healthcare/Wellness, dan Digital Technology (Startup). Pameran UMKM tahunan ini juga menghadirkan rangkaian acara yang menarik dan berharga bagi para penonton, seperti business matching, talk show, artist performance, UMKM Awards serta Business Matching Awards.

(adv/adv)