Sido Muncul Raih SDGs Action Awards sebagai Pelaku Usaha Terbaik

Sido Muncul Raih SDGs Action Awards sebagai Pelaku Usaha Terbaik

Advertorial - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 00:00 WIB
adv
Dok.Sido Muncul
Jakarta - PT Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) sukses meraih SDGs Action Awards dari Kementerian PPN/Bappenas. Sido Muncul meraih peringkat pertama dan jadi yang terbaik di dalam kategori dunia usaha.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menuturkan ini pertama kalinya Sido Muncul mendapatkan penghargaan SDGs Action Award yang diberikan oleh pemerintah melalui Bappenas.

Perjalanan Sido Muncul untuk meraih peringkat pertama juga tidaklah mudah, karena harus bersaing dengan 250 perusahaan di awal proses seleksi, kemudian diperkecil menjadi 5 besar dan dipersempit lagi menjadi 3 juara.

"Mendapatkan award ini menyadarkan kami (Sido Muncul) bahwa tahun depan policy kami yaitu membantu pemerintah untuk memberdayakan community development," ungkap Irwan kepada awak media, Kamis (1/12/2022).

Dilansir dari laman Bappenas, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) adalah Agenda 2030 yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan.

TPB/SDGs berprinsip Universal, Integrasi dan Inklusif, untuk meyakinkan tidak ada satupun yang tertinggal. Sido Muncul pun mendukung pelaksanaan ini dengan ikut berpartisipasi lewat beberapa program.

Irwan melanjutkan selama ini Sido Muncul sudah melakukan beberapa kegiatan community development. Seperti di hilir, Sido Muncul memberdayakan 150 distributor di seluruh Indonesia yang sudah dibina oleh perusahaan sejak tahun 1974. Sementara untuk sektor hulu, Sido Muncul memiliki kurang lebih 130 kelompok tani.

"Jadi hilirnya kami punya, 150 distributor. Di hulunya kami punya petani-petani untuk kami mendapatkan supply bahan baku," tutur Irwan.

Irwan juga menjelaskan Sido Muncul sudah melakukan beberapa program community development di desa-desa yang nantinya akan diperbanyak. Caranya adalah bekerja sama dengan desa-desa agar Sido Muncul bisa terlibat dalam pengembangan SDGs, sehingga target tahun 2030 yaitu tidak ada kemiskinan di dunia.

"Ya, kami cuma partisipasi aja. Pokoknya kami akan memperbesar partisipasi kami. Sebagai tanggung jawab moral," katanya.

advFoto: dok. Angga Laraspati

Adapun ada beberapa program yang dinilai sukses dilakukan Sido Muncul hingga akhirnya meraih penghargaan ini. Pertama adalah Desa Rempah Kapulaga Sambirata yang dianggarkan Rp 70.000.000 di tahun 2021-2022 dengan 275 penerima manfaat.

Kedua adalah Desa Inspirasi Padi yang dianggarkan sekitar Rp 35.000.000 untuk tahun 2021-2022 dengan 320 petani penerima manfaat. Ketiga yaitu beberapa program pemulihan ekonomi pascapandemi dan percepatan vaksinasi yang dianggarkan Rp 10,4 M pada 2021-2022 dengan 119.000 penerima manfaat.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Nasional SDGs Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Vivi Yulaswati mengatakan penghargaan yang sudah berjalan 5 kali ini adalah diberikan kepada pihak yang menginspirasi lewat aksi nyata dalam koridor SDGs.

"Memberikan apresiasi terhadap kelompok dan juga pihak yang memberikan contoh-contoh untuk melakukan SDGs," imbuh Vivi.

Pada penghargaan kali ini terdapat 11 kategori mulai dari pemerintah provinsi hingga dunia usaha yang salah satu pemenangnya adalah Sido Muncul. Adapun untuk penilaian bagi pemenang dilakukan dalam 5 bulan lewat berbagai cara.

"Kriterianya ada 2 trek dari data sekunder, kinerja dari yang sudah dihasilkan dari BPS, dari berbagai sumber data. Kemudian juga data secara kualitatif yang salah satunya best practices dan kita panggil waktu itu wawancara, ada verifikasinya juga," tutur Vivi.

Vivi juga mengatakan Sido Muncul mendapatkan penghargaan pertama untuk dunia usaha kategori besar. Sido Muncul dilihat memiliki kinerja yang dari segi data kuantitatif sangat baik dan aksi nyata yang diberikan Sido Muncul dan berdampak kepada masyarakat.

Sebagai informasi, penghargaan SDGs Action Awards merupakan apresiasi bagi pemerintah dan non pemerintah yang mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia. Penghargaan ini juga untuk memberikan inspirasi untuk terus berpartisipasi untuk mencapai target SDGs. (adv/adv)