Yuk Kenali Tenun Bali! Wastra Indonesia yang Memiliki Beragam Makna

Yuk Kenali Tenun Bali! Wastra Indonesia yang Memiliki Beragam Makna

Advertorial - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 10:00 WIB
adv
Jakarta - Di media sosial kini banyak anak muda yang menjadikan berbagai wastra atau kain dari Nusantara sebagai bagian kreasi mereka agar tampil makin modis. Seperti tak kehabisan akal, banyak anak muda yang menjadikan kain Nusantara sebagai rok, outer, atau kreasi lainnya yang dipadu padan dengan tren masa kini.

Salah satu wastra yang kini juga dijadikan sebagai bagian mode adalah Kain Endek dari Bali. Kain yang sudah terkenal sejak abad ke-16, kini kembali bangkit dan eksis hingga disukai banyak orang hingga mancanegara.

Pasalnya, tenun ikat Endek Bali ini pernah menjadi salah satu bagian produk Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021. Koleksi ini diperagakan di Paris Fashion Week 2020 di Jardin de Tuileries, Paris lho. Makanya tak heran jika kain ini disukai banyak orang dan mendunia.

Tapi jangan salah, keindahan warna dan corak kain endek ternyata punya makna yang jarang diketahui oleh banyak orang. Kalau diperhatikan, setiap kain endek memiliki corak, motif, dan warna yang berbeda. Tak asal dibuat, corak yang berbeda itu ternyata memiliki simbol dan memiliki makna tersendiri.

Selain itu, Kain Endek biasanya digunakan untuk upacara adat dan keagamaan di Bali. Nah, untuk raja atau bangsawan, ternyata memiliki motif tertentu yang tidak bisa dipakai oleh sembarang orang. Wah, ternyata kain endek bermakna dan begitu sakral ya?

Bahkan karena mengandung nilai budaya yang begitu dalam, Gubernur Bali I Wayan Koster telah mewajibkan masyarakat Bali untuk memakai pakaian berbahan kain endek di setiap hari Selasa. Kira-kira apa ya alasannya?

Untuk kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai makna dari Kain Endek Bali, yuk ikutin keseruan Cerita Wastra yang tayang di detikcom pada1 Desember 2022 pukul 13.00 WIB ya! (adv/adv)