Mau Mulai Bisnis Ramah Lingkungan, Yuk Serap Dulu Ilmu dari Ahlinya!

Mau Mulai Bisnis Ramah Lingkungan, Yuk Serap Dulu Ilmu dari Ahlinya!

Advertorial - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 22:00 WIB
adv
Foto: Dok. BRI
Jakarta - Bisnis ramah lingkungan atau green business mulai ramai digeluti oleh para entrepreneur. Dalam menjalankan konsep bisnis 'hijau' ini, para pengusaha tak hanya fokus mengejar cuan, tapi juga mengedepankan aspek kelestarian lingkungan.

Secara definitif, bisnis hijau adalah sebuah konsep bisnis yang mana pelaku usaha atau perusahaan tidak hanya terfokus pada profit, namun juga memikirkan dampak yang dihasilkan dari kegiatan usaha tersebut. Dampak yang dimaksud meliputi kehidupan sosial masyarakat yang berada di sekitar kegiatan usaha dan dampaknya terhadap lingkungan.

Pelaku green business menerapkan prinsip berkelanjutan dalam aktivitas usahanya, serta menggunakan atau membuat produk yang lebih ramah lingkungan dari produk eksisting. Ada beragam jenis ramah lingkungan yang dapat dipilih, seperti bisnis produk dengan memanfaatkan material alternatif yang lebih 'hijau'. Sebagai contoh, penggunaan pelepah pohon sebagai pengganti plastik, penggunaan bambu menggantikan besi, dan sebagainya.

Pengusaha yang memilih bisnis ramah lingkungan harus berkomitmen untuk secara konsisten menyeimbangkan antara pendapatan dan lingkungan. Agar konsep ini berjalan baik, pelaku bisnis mesti membuat model bisnis yang matang untuk menyelaraskan antara orientasi mengejar cuan dan menjaga alam.

Bisnis ramah lingkungan memang tak jor-joran mengejar cuan. Tapi, bukan berarti keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini tak menjanjikan. Namun, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan dan wajib diketahui oleh pengusaha yang ingin masuk ke ekosistem usaha ramah lingkungan. Supaya lebih paham, sebaiknya Anda menyerap ilmu dan pengetahuan dari mereka yang sudah berpengalaman menjalankan bisnis ramah lingkungan ini.

Pencerahan soal bisnis ramah lingkungan bisa Anda dapatkan dalam diskusi interaktif dengan pelaku bisnis ramah lingkungan bersama BRI. Anda yang saat ini berencana membangun bisnis ramah lingkungan bisa mendapatkan insight penting dari para expert, antara lain founder Plepah, Rengkuh Banyu dan pelaku UMKM Arana Bike.

Plepah merupakan produsen peralatan makan dari material ramah lingkungan yang dapat dipakai berulang kali dan dapat terurai di alam, sehingga tak menimbulkan sampah plastik. Produk dari Plepah menjadi solusi kemasan makanan yang dapat menjaga cita rasa makanan tapi tidak menimbulkan limbah yang tercecer di alam.

Selain itu, Arana Bike merupakan brand yang memproduksi sepeda dari material bambu. Produk mereka dibuat secara handmade. Adapun penggunaan bambu untuk membuat sepeda menjadi alternatif material yang kokoh dan ramah lingkungan.

Ada banyak ilmu dan pengetahuan berharga yang bisa Anda serap dari diskusi tersebut. Jadi, jangan ketinggalan dalam diskusi seru yang ditayangkan lewat Instagram Live @bankbri_id dan @detikcom, Rabu (30/11) pukul 13.00-14.00 WIB. (adv/adv)