Sido Muncul Beri Bantuan Donasi Rp 320 Juta ke Yayasan Sinar Pelangi

Sido Muncul Beri Bantuan Donasi Rp 320 Juta ke Yayasan Sinar Pelangi

Advertorial - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 00:00 WIB
adv_sidomuncul
Foto: detikcom/inkana Putri
Jakarta - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul TBK memberikan bantuan kepada Yayasan Sinar Pelangi Jatibening. Bantuan senilai Rp 320 juta diberikan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Pimpinan Yayasan Sinar Pelangi Sr. André Lemmers, FCJM.

Adapun bantuan tersebut diperuntukan bagi tiga orang yang mengalami kecacatan. Pertama, Aznan Lilo (6), yang menderita cacat, kedua telapak kakinya bengkok ke dalam dan menderita down syndrome. Kedua, Afrizal (10), penderita Meningocele dan akan menjalankan operasi penggantian selang di kepalanya.

Ketiga, Veronika Tanduk, yang mendapatkan dana untuk membantu pengobatan batu ginjal. Selain ditujukan bagi para difabel, bantuan tersebut juga diberikan untuk anak-anak lainnya di Yayasan Sinar Pelangi.

"Saya kenal sama Yayasan Sinar Pelangi ini 30 tahun, waktu masih di Haji Nawi. Sebenarnya saya rencananya itu mau membantu operasi anak-anak yang difabel di sini, tapi ternyata setelah ke sini banyak anak-anak yang membutuhkan," ujar Irwan di Aula Yayasan Sinar Pelangi, Sabtu (24/9/2022).

Irwan pun berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para pengurus, karyawan, hingga anak-anak di Yayasan Sinar Pelangi, sekaligus bagi mereka yang akan menjalani operasi.

"Harapannya supaya mereka merasa ada yang perhatian. Saya bersama dengan seluruh karyawan ingin menunjukkan bahwa kami ini peduli, sayang sama mereka. Meskipun bantuan kami tidak banyak, yang penting saya dan keluarga besar Sido Muncul akan terus mendoakan," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan juga berpesan kepada anak-anak Yayasan Sinar Pelangi untuk tetap semangat menjalani kehidupan. Ia juga mengingatkan mereka untuk tidak putus asa dan terus berusaha meraih keinginannya.

"Saya pesan kepada anak-anak yang penting percaya, dan apa yang sekarang dialami pasti suatu saat akan memberi berkah. Karena mereka yang ditimpa kesulitan dalam hidupnya, biasanya mereka akan lebih survive daripada orang yang perjalanan hidupnya gampang," ungkapnya.

Sementara itu, Andre mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Sido Muncul. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu pihaknya dalam menjalankan tugas, serta membantu anak-anak di Yayasan Sinar Pelangi.

"Saya sangat bersyukur sekali dan terharu saya dengan Bapak Irwan yang bisa seketika mengubah jumlah bantuan. Saya tidak bisa berkata-kata hanya bisa mengucapkan luar biasa Sido Muncul terus memperhatikan warga negara Indonesia. Terima kasih banyak sekali atas kedatangannya dan bantuan yang bapak berikan kepada kami," katanya.

adv_sidomuncul

Foto: detikcom/Inkana Putri

Andre pun menjelaskan hingga saat ini Yayasan Sinar Pelangi telah membantu 46 anak. Ia mengatakan pada awalnya Yayasan Sinar Pelangi hanya membantu anak-anak disabilitas. Namun, seiring berjalannya waktu, yayasan ini kini telah membantu anak-anak yang mengalami broken home.

"Untuk Yayasan Sinar Pelangi itu berdiri di tahun 1989, sekarang sudah 33 tahun. Saya salah satu pendirinya. Permulaannya yayasan memang didirikan untuk anak-anak cacat seperti bibir sumbing, hydrocephalus, dan lainnya. Tetapi karena masih banyak anak atau orang yang membutuhkan pertolongan, dan kami mendapat dukungan dari banyak orang, tahun 2003 kami membuka panti asuhan untuk anak-anak yang broken home," katanya.

"Di sini, jumlah anak-anak sekarang ada 46. Sebanyak 18 anak dari Papua, dan anak-anak yang lain berasal dari banyak daerah seperti Flores, Kalimantan, dan lainnya. (Mereka) umumnya anak-anak dari keluarga broken home," lanjutnya.

adv_sidomuncul

Foto: detikcom/Inkana Putri

Senada dengan Andre, salah satu suster general dari Roma, Magdalena Schmitz FCJM juga turut berterima kasih kepada pihak Sido Muncul atas bantuan yang diberikan, baik bagi Yayasan Sinar Pelangi maupun bangsa Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada perusahaan Sido Muncul, bukan hanya saja sumbangan yang diberikan, tetapi juga atas sumbangan yang begitu besar kepada bangsa Indonesia, khususnya dalam kesehatan," tutupnya.

Sebagai informasi, acara ini turut dihadiri oleh General dari Roma, Suster Magdalena Schmitz FCJM, Propinsialat Indonesia Suster Theodosia Tinambunan FCJM, serta Pimpinan Yayasan Sinar Pelangi Suster Andre Lemmers FCJM.

Selain penyerahan bantuan, acara tersebut juga dimeriahkan oleh sambutan dari anak-anak Yayasan Sinar Pelangi berupa tari rian Ondel-ondel, tari Wonderland, tari Seka-seka, hingga vocal grup.

Sebelumnya, Sido Muncul telah menggelar Operasi Katarak Gratis sejak 2011. Baru-baru ini, Sido Muncul juga menggelar Operasi Bibir Sumbing Gratis yang diadakan secara rutin. (adv/adv)