Teknologi di All New Honda BR-V yang Buat Berkendara Lebih Nyaman

Teknologi di All New Honda BR-V yang Buat Berkendara Lebih Nyaman

Advertorial - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 00:00 WIB
adv
Foto: dok. Angga Laraspati/detikcom
Jakarta - Dirancang sebagai SUV yang punya fungsionalitas mumpuni layaknya MPV, All New BR-V bisa dikatakan cocok jadi mobil untuk keluarga Indonesia. Selain tampilannya yang gagah, fitur yang disematkan pada mobil ini mampu memberikan kenyamanan yang apik.

Dengan gabungan kedua fitur itu, SUV ini tentu punya kriteria yang pas untuk dijadikan mobil keluarga Indonesia. Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat mobil ini cocok untuk keluarga sesuai apa yang dirasakan oleh detikcom baru-baru ini.

Ketika menjajal mobil ini, kami dikejutkan dengan beberapa teknologi mumpuni yang dimiliki mobil ini, salah satunya yaitu Adaptive Cruise Control. Kami mencobanya di jalan tol dengan menyetel kecepatan di angka 80 km/h.

Dipadukan dengan fitur Lane Keeping Assist System, mobil ini bisa melaju tanpa kami harus memainkan stir berkali-kali. Kaki dan tangan pun bisa lepas dari pedal gas dan stir. Ketika memang diperlukan untuk memegang stir, maka akan ada notifikasinya.

Fitur lainnya yang buat kami kagum lagi adalah Lane Watch. Fitur ini membuat pengemudi bisa melihat blindspot di sisi kiri berkat kamera tersembunyi di spion sebelah kiri. Gambaran dari kamera tersebut bisa dilihat pada head unit Honda All New BR-V. Caranya adalah dengan mengaktifkan sen kiri atau tombol yang terletak di tuas sebelah kanan.

Ketika berada di lampu merah, All New Honda BR-V juga punya fitur yang membuat kami cukup kagum. Fitur itu adalah Lane Departure Warning yang menginfokan pengemudi kalau mobil di depan sudah mulai bergerak. Bunyi dari notifikasinya juga cukup keras.

Selain fitur-fitur saat berkendara tersebut, Honda BR-V juga punya sebuah fitur menarik yang kami sempat coba, yaitu Rear Seat Reminder. Kami mencoba untuk meletakkan beberapa barang di kursi belakang, kemudian mematikan mesin dan membuka pintu. Fitur ini pun langsung memberikan info untuk memeriksa area belakang, karena ada barang atau sesuatu yang tertinggal.

Ada fitur tambahan yang membuat mobil ini semakin nyaman seperti 8 tempat botol air di baris pertama hingga ketika. Ada juga ruang penyimpanan barang di sandaran tangan pengemudi.

All New BR-V juga punya cukup banyak outlet listrik, antara lain di depan, area konsol, kursi baris kedua dan baris ketiga, yang dapat terhubung dengan perangkat 12V. Ada juga fitur Remote Engine Start yang memungkinkan pengguna menyalakan mobil tanpa harus masuk ke mobil terlebih dahulu.

Hal lainnya yang kami sempat jajal tentu performa dari mobil L-SUV ini. Untuk ukuran mobil dengan transmisi CVT, performanya cukup menjanjikan. Sebab, mobil ini ditopang mesin 1.5L i-VTEC berbahan bakar bensin (In-line 4- cylinder/DOHC/In-port injection). Ketika dibawa ngebut, juga tak terasa sensasi melayang dan bising dari luar mobil.

Ketika coba melewati jalan bergelombang pun suspensi bekerja dengan baik, sehingga penumpang di dalam mobil hanya merasakan sedikit guncangan dari jalan bergelombang tersebut. Pengemudi juga tetap pede menjalankan mobil dengan kecepatan yang agak tinggi ketika melewati jalan yang sedikit bergelombang.

Usut punya usut, ternyata SUV ini menggunakan suspensi depan MacPherson Strut. Kalau di belakang ada suspensi yang memanfaatkan kekokohan torsi tinggi dan Torsion Beam ringan.

Selanjutnya geometri suspensi belakang juga sudah disesuaikan untuk meningkatkan tingkat peredaman dan kenyamanan. All New Honda BR-V menerapkan sistem ESP, kolom ESP (motor brushless) dikontrol dengan presisi tinggi menggunakan linear assist characteristic, sehingga bisa menambah kenyamanan.

Soal ruang kabin, kesan mewah langsung terpancar dari material kulit yang dipasang di kursi, sandaran tangan, pintu, dan panel dashboard.

Kenyamanannya juga patut diacungi jempol. Untuk di kursi kemudi, posisinya cukup ergonomis dengan stir tilt yang bisa dinaik turunkan. Posisi punggung juga nyaman karena bentuk kursi yang cocok dengan pengemudi.

Head unitnya juga sangat baik dengan layar sebesar 4.2" Thin-Film Transistor (TFT) Display pada Meter Cluster, serta sistem audio video baru dengan layar sentuh 7" yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Beralih ke baris kedua, dapat dijumpai sandaran tangan dengan desain baru. Kursinya empuk dan menggunakan bahan pelapis yang lembut sehingga nyaman diduduki. Lapisan interior berkualitas tinggi juga terpasang di sandaran tangan dan sisi pintu yang memberikan sentuhan lebih lembut.

Bila ditarik kesimpulan, All New Honda BR-V memang cocok dipakai oleh keluarga berkat tampilan keren dan gagah khas SUV. Dari area kabin yang nyaman dan mewah, serta fungsionalitas yang diberikan mobil ini, membuatnya bisa jadi rekomendasi untuk dimiliki.

Untuk mencoba apa yang dirasakan oleh detikcom tersebut, Anda bisa test drive mobil ini di dealer-dealer Honda terdekat dan rasakan kenyamanan yang diberikan oleh SUV 7 seater ini. (adv/adv)