Jakarta Siap Jadi Destinasi Wisata Ramah Muslim Nih!

Advertorial - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 16:00 WIB
adv muslim friendly
Foto: JMFTE 2022
Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta telah menggelar Jakarta Moslem Friendly Tourism Exhibition (JMFTE) 2022 5-7 Agustus lalu di Gandaria City Mall. Pameran ini bertujuan untuk memfasilitasi minat masyarakat akan wisata halal di Indonesia. Tak cuma wisatawan domestik, tapi pameran juga membidik wisatawan dari luar negeri.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini sukses memamerkan dan memperkenalkan produk dari berbagai bidang seperti tour and travel, kuliner, kosmetik, fashion, dan kegiatan travel yang ramah untuk wisatawan muslim.

Tak cuma promosi yang menarik untuk pariwisata ramah muslim. Pameran ini juga menggelar talkshow yang membahas tentang pengembangan wisata ramah muslim, peragaan busana, podcast serta penampilan dari grup band Letto, Endah N Rhesa dan Adera.

Menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) pada 2019, Indonesia menduduki posisi pertama dan pada 2021 turun 3 poin sebagai negara yang Destinasi Wisata Halal Terbaik.

adv muslim friendly

Foto: JMFTE 2022

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengungkapkan parisiwata ramah muslim ini juga turut membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Andhika juga menyebutkan jika saat ini penduduk muslim di Jakarta sangat signifikan. Kemudian produk halal yang ada di Jakarta tak cuma disukai oleh wisatawan muslim, tapi juga wisatawan lain yang ingin menikmati suasana dari wisata ramah muslim ini.

Tak cuma itu, Jakarta Moslem Friendly Tourism Exhibition 2022 ini juga memberikan citra positif untuk Jakarta sebagai kota kolaboratif. Saat ini wisata halal merujuk pada layanan tambahan amenitas, seperti atraksi dan aksesibilitas yang bertujuan untuk memberi pengalaman kebutuhan dan keinginan wisatawan muslim.

Dalam wisata halal harus dipenuhi penyediaan makanan halal, fasilitas pendukung untuk beribadah seperti musala dan tempat wudhu hingga pelayanan yang ramah muslim lainnya. Andhika menyebut karena itu Jakarta selalu menggaungkan destinasi ramah muslim. Tak cuma dari sisi wisata saja tapi juga sampai ekonomi kreatif hingga tempat wisata.

adv muslim friendly

Foto: JMFTE 2022

"Sudah disampaikan Jakarta ke depan memposisikan sebagai kota yang wisatanya ramah muslim," jelasnya. Dia mengungkapkan, di negara tetangga seperti Kuala Lumpur dan Bangkok juga telah mempromosikan kota dan destinasi ramah muslim.

Dalam acara JMFTE 2022 Andhika juga menyampaikan sebuah pantun untuk memeriahkan acara.

"Sunda Kelapa ada di Kota Tua, Pulau Alor Berhawa Dingin. Jakarta Kota yang mendunia menjadi pelopor wisata ramah muslim," ujar Andhika.

(adv/adv)