Menjajal Performa All New Honda BR-V: Jago Cruising & Andal Mendaki

Advertorial - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 00:00 WIB
adv
Foto: Dok. detikcom
Jakarta - All New Honda BR-V hadir dengan tampilan yang gagah, ditunjang kaki-kaki jenjang dan kokoh khas SUV. Mobil ini dibekali mesin baru yang diklaim lebih bertenaga dan efisien. Penasaran seperti apa performa di balik kemudi All New Honda BR-V?

Beberapa waktu lalu, detikOto berkesempatan menjajal langsung low SUV besutan Honda Prospect Motor (HPM) ini. Kami menempuh rute dalam kota hingga sedikit bereksplorasi ke pinggiran Jakarta.

Kesan pertama yang kami rasakan, tenaga mesin All New BR-V disalurkan secara halus oleh transmisi CVT-nya. Saat menggunakan transmisi 'D', tarikan torsi mesin tidak membuat penumpang tersentak. Karakter seperti ini sangat cocok untuk mobil 7 penumpang yang notabene sering digunakan untuk membawa keluarga.

Memasuki Tol Dalam Kota yang agak lengang di siang hari, kami mencoba untuk mengetes akselerasi All New BR-V. Begitu pedal gas kami injak dalam (kickdown), putaran mesin langsung naik secara spontan dan jarum kecepatan berputar naik cukup cepat. Kami tidak merasakan ada delay yang berarti saat melakukan kickdown. Suplai tenaga mesin terasa cukup merata sejak putaran bawah, menengah, hingga atas.

Akselerasi yang responsif membuat Kami tidak kesulitan untuk mendahului truk atau bus yang berjalan lamban di jalur tengah tol. Kecepatan 0-100 km/jam bisa diraih dalam waktu yang relatif singkat. Dengan kemampuan seperti ini, kami menilai All New Honda BR-V menyenangkan untuk dibawa cruising di jalan tol, apalagi untuk trek luar kota seperti di Tol Cipali atau Lintas Sumatera.

Untuk mendapatkan performa yang lebih beringas, kami mencoba memindahkan tuas transmisi ke posisi 'S'. Responnya mengesankan, putaran mesin menjadi lebih tinggi dan tentunya penyaluran tenaga semakin cepat.

Saat perseneling di posisi 'S', kami sangat leluasa untuk mendahului kendaraan lain, terutama dalam kondisi lalu lintas padat. Sensasi berkendaranya menjadi lebih agresif, sungguh berbeda dibandingkan saat berada di posisi 'D'.

advFoto: Dok. detikcom

Penyaluran tenaga yang sangat berbeda di perseneling 'D' dan 'S' membuat All New BR-V punya paket komplet. Mobil ini mengasyikkan untuk jalan santai bersama keluarga, atau speeding dengan tetap memperhatikan keselamatan.

Hal lain yang juga kami eksplorasi dari All New Honda BR-V adalah kemampuannya mendaki. Kami mencoba beberapa tanjakan dari yang ringan, sedang, hingga curam. Untuk tanjakan curam, kami mencoba menggunakan transmisi low atau 'L' untuk mengail torsi maksimal. Hasilnya, meskipun menggunakan penggerak roda depan, All New Honda BR-V tetap bisa mendaki dengan sangat baik tanpa kehilangan tenaga di tengah tanjakan.

Sebagai catatan, kami juga mencoba tanjakan lumayan curam dengan transmisi di posisi 'D'. Performanya tetap baik. Mobil tak lantas berhenti di tengah tanjakan.

Sesudah mengeskplorasi performa, kami juga memperhatikan efisiensi mesinnya. Berdasarkan informasi di MID, All New Honda BR-V yang kami kendarai memiliki konsumsi bensin rata-rata 13,5 kilometer per liter. Efisiensi tersebut didapatkan dengan kondisi lalu lintas jalan yang dilewati mayoritas padat merayap hingga macet. Tentunya jika kondisi jalanan lengang, konsumsi BBM bisa lebih baik lagi.

Suspensi Kokoh Tapi Lembut

advFoto: Dok. detikcom

Berbicara soal performa, tentu tidak afdal kalau sektor suspensi tidak dibahas. Satu hal yang sangat kami suka dari All New Honda BR-V adalah kinerja suspensinya. Menurut kami, karakter bantingan suspensinya sangat pas untuk kondisi jalanan Indonesia.

Peredam guncangan di All New BR-V menghasilkan bantingan yang empuk ketika melintasi polisi tidur atau bertemu jalan berlubang. Guncangan di baris ketiga pun sangat lembut, sehingga penumpang tidak terpontang-panting saat ada polisi tidur atau speed bump.

Tapi, di sisi lain, pantulan suspensi yang lembut itu tak membuat mobil jadi limbung. Kami sempat mencoba bermanuver di tikungan tajam dengan kecepatan 60-80 km/jam. Hasilnya, mobil bisa melaju dengan stabil dan penumpang tidak 'terlempar' selama menikung.

Konstruksi suspensi depan MacPherson Strut dan Torsion Beam ringan di belakang membuat SUV bernuansa MPV ini bisa berdiri kokoh. Bagian belakang tidak terlalu amblas saat ditumpangi penumpang kapasitas penuh, atau saat membawa banyak barang.

advFoto: Dok. detikcom

Meskipun tidak bisa dikatakan sempurna, tapi keseimbangan antara kenyamanan dan kestabilan yang dihadirkan suspensi All New Honda BR-V membuat mobil ini sangat menyenangkan dikendarai.

Setelah mencoba, kami menilai All New Honda BR-V merupakan mobil paket lengkap. Karakter mesinnya mumpuni untuk segala medan, baik itu untuk mobilitas harian, cruising di jalan lengang, atau melibas jalanan-jalanan terjal.

Setelah mencoba, kami menilai All New Honda BR-V merupakan mobil paket lengkap. Tampilannya gagah, kabin lapang, mesin bertenaga, plus suspensi yang empuk namun stabil. Dengan kelebihan yang dimiliki itu, All New Honda BR-V sangat cocok dijadikan kendaraan keluarga untuk mobilitas harian maupun menyusuri perjalanan jauh lintas kota, misalnya saat liburan. (adv/adv)