Begini Peran Internet dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

Advertorial - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 00:00 WIB
1.

Begini Peran Internet dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

Begini Peran Internet dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan
Foto: Biznet
Jakarta - Inovasi teknologi dan sains memegang peran penting dalam kehidupan, khususnya bagi industri kesehatan. Terutama untuk layanan kesehatan, di mana kebutuhan teknologi internet dapat berperan penting dalam pemerataan layanan kesehatan hingga pelosok area dan kota.

Pemerintah akan menargetkan Indonesia sudah mampu mewujudkan sistem layanan kesehatan berbasis digital pada tahun 2024.

Koneksi internet memiliki peranan penting untuk pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, klinik hingga laboratorium. Dengan adanya koneksi internet ini, tentu dapat memberikan aksesibilitas menjadi lebih tepat sasaran, efisien, dan efektif kepada pasien.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan internet WiFi kini sangat diperlukan bagi fasilitas kesehatan, yakni untuk mempersingkat berbagai proses pengecekan kesehatan yang biasanya memakan waktu banyak.

Koneksi internet WiFi merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Internet memberikan kemudahan dalam mengakses informasi-informasi terbaru, khususnya mengenai kesehatan. Ditambah kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan juga terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Berdasarkan hasil survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 51,06% masyarakat Indonesia kebanyakan melakukan pencarian di bidang kesehatan dan 14,05% masyarakat melakukan konsultasi dengan para ahli kesehatan.

Lalu bagaimana jaringan internet WiFi bisa meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan?

1. Membuat Janji Temu dengan Dokter

Koneksi internet WiFi dapat membantu untuk membuat janji temu dengan dokter, khususnya ketika fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik dan laboratorium memiliki website atau apps yang memberikan kemudahan dalam membuat janji temu antara pasien dengan dokter.

Sehingga pasien tidak perlu lagi untuk melakukan pendaftaran secara fisik yang terkadang memerlukan waktu yang lama dan cukup melelahkan.

2. Layanan Telemedicine

Tren konsultasi dengan dokter dengan cara chat maupun panggilan video (video call) sudah berlangsung semenjak pandemi hingga saat ini. Layanan telemedicine ini sangatlah berguna bagi pasien, sebab mereka bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang dipilih, baik itu dokter umum maupun dokter spesialis.

3. Layanan Pembelian Obat

Pengguna dapat membeli obat-obatan seperti resep dokter, vitamin, keperluan P3K dan obat lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Pengguna hanya tinggal menunggu pesanan dari rumah tanpa harus keluar menuju apotek untuk membeli obat-obatan yang dibutuhkan karena obat-obatan yang telah dipesan tersebut akan diantarkan langsung ke rumah.

4. Rekam Medis Terintegrasi Secara Digital

Hasil rekam medis bagi para pasien tentu sangat penting. Kehadiran koneksi internet saat ini memberikan kemudahan bagi pasien untuk mengecek hasil rekam medis di rumah. Hanya dengan men-download saja, pasien tidak perlu lagi mengambil hasil pengecekan medis di rumah sakit ataupun klinik laboratorium secara langsung.

adv biznetFoto: Biznet

Itulah empat manfaat yang bisa menjadi acuan bagi para pebisnis di industri kesehatan. Karena itu, koneksi internet sangat penting untuk meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan di rumah sakit, klinik dan laboratorium agar semua dapat berjalan lebih efisien bagi para pasien. Adanya koneksi internet WiFi juga menjamin layanan kesehatan yang diberikan merata menjangkau seluruh masyarakat.

Untuk mendukung pelayanan kesehatan yang merata dengan terintegrasi secara digital, Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital di Indonesia mendukung inovasi terhadap perkembangan industri kesehatan dengan menghadirkan solusi khusus untuk kebutuhan fasilitas kesehatan di rumah sakit, klinik dan laboratorium.

Klik halaman selanjutnya: Jaringan internet terbaik untuk klinik dan laboratorium