Parents Wajib Tahu! WiFi Hemat di Rumah, Tak Khawatir Kehabisan Kuota

Advertorial - detikNews
Sabtu, 16 Jul 2022 16:00 WIB
1.

Parents Wajib Tahu! WiFi Hemat di Rumah, Tak Khawatir Kehabisan Kuota

Parents Wajib Tahu! WiFi Hemat di Rumah, Tak Khawatir Kehabisan Kuota
Dok. Biznet
Jakarta - Tidak bisa dipungkiri pandemi yang terjadi sejak tahun 2020 lalu membuat segala kegiatan berubah serba digital dan online, termasuk belajar hingga mencari hiburan di rumah. Perubahan ini pun membuat kita harus selalu terkoneksi dengan jaringan Internet. Bagi yang tidak memiliki jaringan internet WiFi di rumah, pastinya harus memiliki kuota internet yang besar agar bisa terus mengakses internet untuk kegiatan digital sehari-hari. Karena tidak hanya orang dewasa, penggunaan internet oleh anak-anak pun semakin meningkat akibat aktivitas harian yang kini serba online. Terlebih kegiatan sekolah saat ini sudah menggunakan konsep e-learning dimana membutuhkan koneksi internet mumpuni agar bisa terhubung dengan guru hingga mengerjakan tugas dan ujian sekolah.

Keadaan ini tentu membuat orang tua perlu memahami bahwa internet sangat penting mendukung semua aktivitas sehari-hari. Namun diperlukan juga batasan-batasan pada anak ketika menggunakan internet yang bijak, simak dulu beberapa tips atau cara agar anak tetap aman saat menggunakan internet:

1. Berteman di Media Sosial

Jika anak sudah memiliki akun media sosial, maka tidak ada salahnya orang tua juga berteman dengannya di media sosial. Hal ini baik dilakukan agar orang tua dapat mengetahui teman-temannya dan aktivitas yang anak lakukan di media sosial. Ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu langkah kontrol digital orang tua kepada anak. Karena media sosial nyatanya bisa menjadi tempat anak dalam berkreasi, sehingga kontrol digital ini dilakukan agar orang tua dapat membimbing anak untuk berkreasi yang sesuai dengan batasan.

2. Menjadi Orang Tua yang Selalu Belajar

Teknologi saat ini berkembang begitu pesat, sehingga para orang tua perlu terus belajar memahami teknologi yang ada. Update terus pengetahuan terkini mengenai teknologi yang ada, termasuk mencoba berbagai aplikasi termasuk games anak terbaru. Jadi, orang tua bisa cukup menguasai teknologi yang ada terlebih dahulu sebelum diperkenalkan ke anak. Selain itu, orang tua juga jadi dapat memberi tahu anak mana teknologi yang boleh dan tidak boleh digunakan oleh anak.

3. Explore Bersama Anak

Dunia digital memang bisa menjadi tempat anak untuk menemukan berbagai hal termasuk mendapat pengetahuan mengenai apa yang belum diketahui sebelumnya. Karena itu, orang tua juga harus mengajarkan anak untuk menemukan sumber informasi yang terpercaya. Selain itu, orang tua juga bisa melakukan pencarian bersama anak di Internet, sehingga anak bisa terjaga dari apa yang ia akses.

adv biznet jul

Dok. biznet

Itu dia 3 cara yang bisa orang tua terapkan agar anak tetap aman saat menggunakan atau mengakses Internet. Namun, orang tua juga harus teliti dalam memilih dan menggunakan layanan Internet untuk keluarga di rumah. Banyak orang tua yang masih memilih untuk menggunakan paket data seluler, untuk beraktivitas digital. Bayangkan jika di dalam rumah ada 5 anggota keluarga dan menggunakan paket data ponsel pastinya kurang efisien, maka rekomendasi yang tepat adalah dengan memasang internet WiFi akan lebih hemat setiap bulannya.

Jadi, solusi yang tepat untuk mendukung berbagai aktivitas digital anggota keluarga di rumah yang cukup beragam Anda bisa memilih internet terbaik dari Biznet melalui layanan Biznet Home, internet WiFi yang bebas Fair Usage Policy (FUP) atau kuota unlimited. Jadi parents gak perlu khawatir kuota habis saat internetan di rumah, ditambah layanan Biznet Home memiliki jaringan yang simetris, untuk keperluan upload dan download sangat stabil tidak perlu khawatir akan gangguan koneksi internet dalam kondisi apapun.

Mengapa Harus #PakeBiznet? Klik ke Halaman Selanjutnya >>>