Bingung Mulai Bisnis Online dari Mana? Lakukan 4 Hal Ini

Advertorial - detikNews
Sabtu, 16 Jul 2022 13:00 WIB
adv lazada 16
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memasarkan dagangan secara online sekarang memiliki banyak keuntungan. Tak heran kini aktivitas masyarakat beralih ke dunia digital, termasuk dari sektor usaha atau bisnis seperti platform e-commerce.

Kendati demikian, menjalani bisnis online bisa dianggap susah-susah gampang. Apalagi jika kamu yang baru mulai terjun, dibutuhkan sekali persiapan yang matang.

Oleh karena itu, sebelum mulai menjual produk secara online, pastikan kamu mengetahui dulu 4 cara memulai bisnis online ini. Sehingga, kamu bisa menjalankan bisnis secara maksimal. Dilansir dari Business News Daily, berikut ini 4 tips memulai bisnis online.

1. Pilih Nama Toko yang Ikonik

Memilih nama toko sama pentingnya dengan memilih produk yang akan kamu jual. Pilihlah nama yang singkat, mudah diingat, dan ikonik supaya memudahkan calon pelanggan untuk mencarinya di e-commerce maupun media sosial.

2. Jadilah Toko yang Unik dan Berbeda

Kemudahan yang ditawarkan dengan bisnis secara online tentu tidak lepas dari tantangan-tantangan di dalamnya. Seperti, kompetitor yang menjual barang serupa. Carilah ide baru yang memang segar atau temukan alasan yang membedakan tokomu dengan toko lain.

Kamu juga dapat mengamati toko kompetitor untuk mencari celah yang bisa dikembangkan. Tidak hanya itu, buatlah promo atau berikan hadiah kecil saat ada pelanggan yang membeli produkmu.

3. Pilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran menjadi hal yang penting bagi pelanggan ketika melakukan belanja online. Oleh sebab itu, pilihlah metode pembayaran yang mudah dan banyak dipakai oleh pembeli.

Pilih langkah yang ringkas dan bebas ribet saat melakukan transaksi. Adapun langkah-langkah tersebut dimulai dengan menambahkan barang ke keranjang belanja kemudian masuk ke halaman pembayaran.

4. Pilih Tempat untuk Berjualan

Pemilihan tempat untuk memulai bisnis online adalah hal yang penting. Kamu dapat memilih e-commerce maupun media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan TikTok untuk menjajakan daganganmu. Kamu juga bisa berjualan di keduanya jika ingin mendapatkan keuntungan lebih.

Salah satu rekomendasi e-commerce untuk menjalankan bisnis online adalah Lazada. Lazada merupakan pilihan yang tepat sebab proses pendaftaran menjadi seller sangat mudah dan bisa langsung jualan.

Di samping itu, Lazada merupakan portal belanja terbesar di Asia Tenggara sehingga produkmu bisa dilihat lebih banyak oleh calon pembeli. Berjualan di Lazada juga tidak dikenakan komisi, penalti, dan ongkos kirim sehingga keuntungan penjualan dapat maksimal.

Tidak hanya memberikan wadah berjualan online saja, Lazada juga menyediakan layanan Lazada University. Lazada University merupakan portal khusus untuk seller untuk menambah pengetahuan melalui tutorial, video dan webinar yang telah disiapkan oleh Lazada.

Tunggu apalagi? Daftar di sini dan mulai bisnis online kamu bersama Lazada. Dapatkan semua kemudahan #NaikKeLaz demi meraih keuntungan yang kamu inginkan.

(adv/adv)