Ampuh, Ini Cara Atasi Rasa Cemas dalam Waktu Singkat

Ampuh, Ini Cara Atasi Rasa Cemas dalam Waktu Singkat

Advertorial - detikNews
Sabtu, 16 Jul 2022 00:00 WIB
adv
Foto: Shutterstock
Jakarta - Rasa cemas yang dialami sebagian orang bisa datang kapan saja dan dalam waktu yang singkat. Ketika rasa cemas datang, biasanya akan muncul perasaan tidak enak yang mengganggu hati serta pikiran.

Untuk menghilangkan rasa cemas biasanya sebagian orang punya cara dan waktunya masing-masing. Meski begitu, melansir dari Inc, ada cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghilangkan rasa cemas hanya dalam waktu singkat.

Bagaimana ya caranya? Yuk simak tips-tips berikut ini!

Berdiri Tegak

Yup, ternyata cuma dengan berdiri tegak bisa membantu kita untuk mengurangi rasa cemas lho. Caranya, cobalah untuk berdiri tegak dengan menarik bahu ke belakang, kemudian tarik napas dalam-dalam. Postur tegak yang dikombinasikan dengan pernapasan dalam tersebut akan membantu tubuhmu mengingat kalau kamu tidak dalam kondisi berbahaya, yang mana bisa meredakan rasa cemasmu.

Memainkan Game 5-5-5

Ketika cemas, seseorang bisa terjebak di dalam lingkaran pikiran negatif. Untuk menghilangkannya bisa memainkan game 5-5-5. Game ini disebut-sebut bisa menghentikan kecemasan dengan cepat.

Cara bermainnya adalah dengan melihat sekeliling dan sebutkan 5 hal yang dilihat, atau daftar 5 suara yang dapat didengar. Coba juga menggerakan 5 bagian tubuh yang bisa dirasakan seperti memutar pergelangan kaki hingga menganggukkan kepala.

Coba Hirup Minyak Lavender

Minyak lavender disebut memiliki banyak khasiat penyembuhan seperti memberikan rasa tenang hingga mendukung tidur nyenyak, bahkan mengatasi sakit pada kepala.

Maka dari itu, untuk menghilangkan rasa cemas, cobalah untuk menyimpan minyak yang memiliki bau lavender di meja kantor atau meja belajar. Kemudian hirup atau pijat ke pelipis ketika rasa cemas itu muncul. Jangan lupa juga untuk menghirup napas dalam-dalam untuk ketenangan lebih.

Tonton Video Lucu & Dengarkan Musik

Bila kecemasan datang menghantui, menonton video lucu bisa menjadi jimat untuk mengusir perasaan tersebut. Mengapa? Karena secara fisiologis, seseorang tidak bisa tertawa dan cemas pada saat yang bersamaan. Ditambah lagi, menurut Mayo Clinic, tertawa membawa udara yang kayak dengan oksigen. Udara ini merangsang jantung dan paru-paru sehingga endorfin yang ada di dalam tubuh dapat meningkat.

Cara lainnya adalah dengan mendengarkan lagu yang direkayasa khusus untuk menenangkan sistem saraf. Hal tersebut ditemukan dapat mengurangi kecemasan hingga 65%. Selain aktivitas tersebut, masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan seperti berjalan-jalan cepat, menerima kecemasan yang dialami hingga menulis apa yang membuat kecemasan itu datang.

Sama seperti sejumlah tips tersebut, dompet digital DANA juga bisa membantu kamu mencegah rasa cemas dalam bertransaksi. Pasalnya, DANA dilindungi oleh DANA Protection memberikan Garansi 100% Uang Kembali sesuai syarat & ketentuan yang berlaku.

adv

Dengan adanya DANA Protection pastinya dapat mencegah setidaknya kecemasan kamu dalam segi keuangan atau bertransaksi. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu lagi khawatir jika uangmu hilang kalau terjadi kendala saat bertransaksi. Gimana, jadi bikin tenang kan?

Biar kamu bisa Bebas Cemas, yuk ikuti tips-tips yang disebutkan di atas saat cemas datang. Jangan lupa juga untuk download & pakai aplikasi DANA sekarang, agar kecemasan dalam bertransaksimu bisa hilang!

(adv/adv)