Perjalanan Biznet Selama 22 Tahun

Advertorial - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 00:00 WIB
adv
Foto: dok. Biznet
Jakarta -

Berawal dari keinginan untuk membangun infrastruktur Internet modern bertujuan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya, Biznet semakin membuktikan komitmennya dalam menghadirkan layanan Internet terbaik untuk menjawab kebutuhan serta mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat. Saat ini seluruh masyarakat harus mulai beradaptasi dengan perkembangan transformasi digital, sehingga tersedianya infrastruktur jaringan Internet menjadi sangat dibutuhkan.

Lalu bagaimana perjalanan Biznet selama 22 tahun berdiri

Hadir di kawasan bisnis Kota Jakarta pada tahun 2000 menjadi langkah awal Biznet memulai usahanya dengan menghadirkan layanan Internet Service Provider untuk segmen Corporate/Bisnis. Melihat perkembangan teknologi digital yang semakin berkembang setiap tahunnya, Biznet terus melakukan pembangunan jaringan bukan hanya di kota besar saja, namun juga kota kecil sehingga jaringan Internet bisa tersedia dan masyarakat dapat menikmati layanan Internet yg berkualitas yang menghadirkan layanan Internet untuk segmen perumahan dan apartemen.

Beranjak di tahun 2005 Biznet juga meluncurkan jaringan Fiber Optic pertama di kawasan Kota Jakarta dan dilanjutkan pada tahun 2007 Biznet menghadirkan teknologi infrastruktur yang pertama di Asia Tenggara yaitu teknologi Fiber To The Home (FTTH). Setelah fokus membangun infrastruktur kawasan Jakarta, di tahun 2008 Biznet kembali membangun jaringan Biznet Intercity yang menghubungkan kota satu dengan kota lainnya di Kota Serang, Banten dan Bandung, Jawa Barat sepanjang 300 KM. Selanjutnya, di tahun 2009 Biznet mulai memperluas pembangunan jaringan Internet di Pulau Bali untuk mendukung aktivitas digital masyarakat serta perkembangan industri ekonomi dan pariwisata.

Simak penjelasan detail terkait perjalanan Biznet selama 22 tahun:

- Tahun 2010

Di tahun ini, Biznet terus membuktikan komitmennya untuk membangun Biznet Technovillage yang merupakan Data Center yang telah mengantongi sertifikasi Tier-III by Facility dari Uptime Institute. Sertifikasi ini memastikan rancangan dan infrastruktur Data Center sudah sesuai dengan standar global, Biznet Technovillage juga dilengkapi dengan arsitektur gedung yang tahan gempa hingga 8,5 SR dengan sistem keamanan 24 jam, serta berada area bangunan yang tidak rawan bencana, berjarak 39 kilometer dari pusat kota Jakarta dan berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut, yang Berlokasi di Cimanggis Jawa Barat.

- Tahun 2012

Dengan hadirnya Biznet Technovillagedi tahun 2010, Biznet menghadirkan layanan Biznet Data Center yang hadir untuk solusi kebutuhan bisnis.

- Tahun 2014

Biznet memulai perluasan Jaringan di luar pulau Jawa-Bali yaitu di Pulau Sumatra, Biznet memperluas jaringan Fiber Optic dan membuka kantor cabang baru di Kota Palembang, Jambi dan Padang.

- Tahun 2015

Biznet mulai terus melakukan perluasan dengan mengoperasikan beberapa kantor cabang di Jawa dan terus fokus mengembangkan jaringan Biznet Fiber di perumahan. Di tahun ini juga Biznet telah resmi meluncurkan identitas dan penampilan baru dengan mengganti logo perusahaan dan logo sub brands.

advFoto: dok. Biznet

Logo baru Biznet dengan simbol "B" tampil lebih dinamis dan fleksibel yang menggambarkan semangat perusahaan untuk dapat menjadi solusi bagi kebutuhan akan jaringan Internet yang terbaik.

- Tahun 2016

Biznet memperluas jaringan Biznet Fiber ke Pulau Batam dan lebih banyak kota di Pulau Jawa. Dan terus dilanjutkan dengan Biznet Fiber Jawa - Bali mulai dari Kota Semarang hingga ke Kota Surabaya sepanjang 1.700 KM dengan total panjang kabel Jawa - Bali sepanjang 13.000 KM.

- Tahun 2017

Pembangunan dan perluasan rute jaringan Biznet Fiber Kota Semarang - Kota Surabaya mulai beroperasi dan diperluas ke Kota Kudus dan lebih banyak kota di Pulau Jawa.

- Tahun 2018

Ters melakukan perluasan jaringan, Biznet hadir ke Kota Garut, Tasikmalaya, Cilacap dan kota-kota lainnya di Pulau Jawa. Tidak hanya itu, Biznet juga meluncurkan jaringan terbaru dengan nama The New Biznet Fiber, yang memiliki kapasitas bandwidth jauh lebih besar untuk mendukung kebutuhan pelanggan di masa depan.

- Tahun 2019

Biznet terus perluas Biznet Fiber ke Singaraja di Bali utara - Bali, Batu Aji - Batam, dan banyak kota di Pulau Jawa, Bali dan Batam. Di tahun ini juga Biznet hadir di Kota Pontianak sebagai kota pertama yang telah tercakup oleh jaringan Biznet di Pulau Kalimantan.

- Tahun 2020

Biznet menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan layanan Biznet IPTV dan memperluas jaringan Biznet Fiber ke Provinsi Sulawesi Utara dan secara resmi membuka kantor cabang baru di Kota Manado. Selain itu, Biznet juga meluncurkan anak perusahaan terbaru, PrimaMedix sebagai perusahaan yang fokus pada industri kesehatan dengan memproduksi produk masker medis dan N95 berkualitas.

- Tahun 2021

Kebutuhan Internet yang semakin meningkat, Biznet terus memperluas jaringannya ke lebih banyak area/kota di Indonesia seperti di Pulau Sumatra yaitu Kota Medan, Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar hingga ke Nusa Tenggara Timur yaitu di Manggarai Barat Labuan Bajo dan Kota Kupang.

Dan kini pembangunan jaringan secara intensif dilakukan oleh Biznet yang telah memiliki lebih dari 64,000 KM yang tersebar di 19 provinsi, lebih dari 180 kota di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Flores dan Timor. Di tahun 2022, Biznet juga mengembangan jaringan ke 3 provinsi di Pulau Sumatra untuk menyediakan layanan Internet yang didukung oleh teknologi infrastruktur terkini, yang dibarengi juga dengan perluasan jaringan ke Kota Bandar Lampung hingga Aceh.

Sejalan dengan perluasan jaringan Internet, Biznet menghadirkan beragam pilihan layanan Internet yang didukung oleh teknologi serta inovasi terkini dapat membantu perusahaan, bisnis, hingga aktivitas digital dirumah Anda diantaranya:

  • Biznet Home adalah layanan untuk segmen perumahan dan apartemen dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar yaitu mulai dari 85 Mbps hingga 175 Mbps, yang diharapkan dapat memberikan performa layanan Internet Terbaik. Selain itu, Biznet IPTV juga hadir untuk memberikan hiburan televisi modern dengan harga mulai dari 375ribu perbulan.
  • Biznet Metronet adalah layanan Broadband Internet Terbaik khusus untuk keperluan bisnis UKM. Dengan berbagai pilihan layanan mulai dari 50 hingga 750 Mbps serta menggunakan jaringan The New Biznet Fiber, dengan harga mulai dari Rp 1,000,000/bulan yang pastinya akan membuat bisnis Anda dapat berjalan dengan efisien dan menguntungkan.
  • Biznet Dedicated Internet adalah Layanan untuk perusahaan berskala besar atau korporasi, yang menawarkan paket layanan Internet mulai dari 60 Mbps.
  • Biznet Data Center yang tersertifikasi Tier 3 by Facility menawarkan layanan server colocation dengan layanan interkoneksi gratis ke beberapa Internet Exchange. Di sisi lain, local cloud provider Biznet Gio dengan sertifikasi keamanan terlengkap menghadirkan layanan cloud server, hosting, dan solusi infrastruktur lainnya bagi pemilik bisnis skala mikro hingga Enterprise.

Dari layanan yang diberikan pada pelanggan, di tahun 2021 juga Biznet berhasil menduduki peringkat teratas sebagai Provider Fixed Broadband Internet Tercepat menurut speedtest intelligence dan Netflix ISP Index.

Lalu seperti apa perjalanan Biznet yang telah dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan, serta memperluas jaringan ke seluruh area dan kota di Indonesia. Berikut ilustrasi singkatnya yang disajikan dalam bentuk infografik:

advFoto: dok. Biznet

Untuk informasi tentang perusahaan dan layanan Biznet, Anda dapat mengunjungi:

(adv/adv)