Tokopedia x KBRI Paris Resmi Boyong Jewel Rocks ke Paris Fashion Week

Advertorial - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 00:00 WIB
adv tokopedia
Dok. Tokopedia
Jakarta - Tokopedia bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris mendukung UMKM lokal Jewel Rocks asal Bali untuk unjuk gigi di ajang fesyen bergengsi dunia Paris Fashion Week 2022. Pencapaian Jewel Rocks ikut dalam ajang tersebut tidak terlepas dari wujud komitmen Tokopedia untuk memberikan panggung internasional kepada pelaku UMKM di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia agar mereka bisa terus berkembang khususnya di masa pandemi bahkan sampai ke kancah global," kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni dalam keterangan tertulis, Kamis (10/3/2022).

Selain mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Tokopedia, pencapaian Jewel Rocks untuk mengikuti Paris Fashion Week 2022 tidak terlepas dari perjuangan pendiri UMKM tersebut dalam mengembangkan bisnisnya.

Pemilik usaha Jewel Rocks Imelda Widjaja bercerita keputusannya untuk menjalankan bisnis perhiasan tidak terlepas dari kegemarannya untuk mengumpulkan beragam aksesoris sebagai cinderamata dari berbagai daerah. Berangkat dari hobinya tersebut Imelda memutuskan untuk membuka usaha perhiasan modern dengan nama Jewel Rocks.

"Saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi mulai dari teknik maupun tema," kata Imelda.

Imelda bercerita awal memulai bisnis hanya bermodalkan Rp 500 ribu saja. Meskipun modal yang dimilikinya tidak begitu besar, Imelda tidak patah semangat untuk terus berupaya mengembangkan bisnisnya dengan berbagai upaya seperti menjalin kolaborasi dengan banyak pihak.

Sebagai contoh ketika melakukan proses pembuatan perhiasan, Jewel Rocks melakukan kolaborasi dengan beragam pengrajin perak, resin, manik kaca, dan pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur, dan Bandung.

Berkat upayanya dan kerja keras yang dilakukan oleh Imelda, kini, Jewel Rocks telah memiliki 10 karyawan yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga.

Selain kolaborasi, Imelda turut melakukan adaptasi dengan masuk ke sistem daring seperti Tokopedia. Menurutnya, adaptasi dengan perkembangan teknologi memberikan manfaat yang luar biasa bagi bisnisnya. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, Jewel Rocks masih mampu menjangkau konsumen dari berbagai daerah.

"Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2020," kata Imelda.

Ia berharap terlibatnya Jewel Rocks dalam ajang Paris Fashion Week 2022 mampu mengharumkan bangsa Indonesia. Serta menunjukan kepada masyarakat Internasional bahwa produk-produk Indonesia memiliki kualitas sangat baik.

"Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas," jelas Imelda.

Sementara itu, Duta Besar RI Paris Mohamad Oemar mengatakan UMKM Indonesia yang terlibat dalam ajang bergengsi Paris Fashion Week harus memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik mungkin. Mengingat Paris Fashion Week merupakan ajang yang kerap menyita perhatian masyarakat dunia.

"Prancis sebagai salah satu kiblat mode dunia dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional. Dukungan bagi UMKM Indonesia merupakan bagian dari upaya pemerintah RI mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia," tutup Oemar.

[Gambas:Youtube] (adv/adv)