Trik Bikin Video Resep Menarik untuk Tembus FYP TikTok!

Samsung - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 00:00 WIB
adv samsung
Foto: Dok Samsung
Jakarta - Daripada jadi bakat terpendam, hobi masakmu bisa dijadikan konten menarik di media sosial. Misalnya, buat konten TikTok soal kreasi resep-resep masakan yang kamu buat.

Konten soal makanan maupun resep masakannya menjadi salah satu favorit di TikTok. Kalau kamu punya kemampuan dan kegemaran memasak, coba buat konten video resep yang mungkin bisa melambungkan namamu menjadi seleb TikTok.

Membuat video di TikTok terbilang lebih sederhana ketimbang upload video di YouTube. Konten video TikTok maksimal hanya 5 menit, jadi kamu cukup membuat highlight dari bahan-bahan dan langkah membuat makanan lezat ala kamu.

Supaya video resep masakan di TikTok menarik dan bisa tembus FYP berkali-kali, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Berikut ini ulasan trik bikin video masakan yang bisa menarik perhatian warga TikTok, dikutip dari Eater.

1. Buat Video Sesingkat Mungkin

Durasi maksimal video di TikTok memang bisa samapai 5 menit, tapi akan lebih baik kalau kamu buat video lebih singkat. Tujuannya, agar penonton tidak bosan melihat kontenmu.

Kamu juga bisa membagi video resep menjadi 2 bagian atau lebih. Misalnya, video pertama menampilkan bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu di video kedua berisi langkah-langkah memasak. Bahkan, kamu bisa menampilkan hasil masakan di video ketiga.

Membagi konten akan membuat durasi video lebih singkat sehingga tak membosankan. Selain itu, cara tersebut bisa menggugah rasa penasaran penonton sehingga mereka akan menunggu video berikutnya.

2. Masukkan Hal Menarik Sebagai Hook

Supaya lebih menyenangkan ditonton, kamu bisa memasukkan hal-hal yang mencuri perhatian penonton, seperti kesalahan konyol saat memasak, alat masak terjatuh, atau suara-suara bising di sekitarmu yang justru akan membuat penonton terhibur.

Beberapa pengguna TikTok bahkan memasukkan elemen agresif, humor, atau bahkan kecerobohan dalam video resepnya. Menampilkan merek bahan makanan yang dipakai lalu menuangkannya langsung dari kemasan asli juga bisa jadi hal menarik, karena membuat penonton lebih mudah meniru resepmu. Ada juga yang kreatif memakai fitur edit sehingga video resep bisa seperti animasi stop-motion atau memiliki efek cepat.

Jenis makanan yang dibuat juga bisa menjadi aspek menarik dari video yang kamu buat. Membuat fusion makanan atau minuman yang tak biasa bisa membetot perhatian penonton dan membuat mereka penasaran untuk mencoba.

3. Perhatikan Kualitas Audio

Audio merupakan unsur menarik dalam video memasak di samping visual yang ditampilkan. Unsur ASMR akan membuat video semakin disukai penonton. Saat merekam video, pastikan suara-suara khas dapur, seperti suara desis dari daging yang dipanggang di wajan, suara 'blubuk' dari kuah masakan yang mulai mendidih, atau suara pisau beradu dengan talenan saat memotong tertangkap dengan baik sehingga dapat didengar dengan jelas oleh penonton.

Itu dia trik-trik sederhana yang bisa membuat konten video TikTokmu disukai penonton. Tapi, ada hal lain yang juga menentukan kualitas video, yaitu kemampuan kamera. Sebenarnya tidak perlu kamera profesional, karena ponsel pintar seperti Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki kemampuan perekaman video memadai untuk membuat video TikTok menarik.

adv samsungFoto: Dok. Samsung

Samsung menyematkan teknologi Triple Pro Grade Camera 12MP dan selfie camera 32MP. Deretan kamera tersebut mampu merekam visual epic tentang kreativitas kamu dalam memasak. Membuat konten video TikTok-mu kian memukau.

Fitur Dual Recording di Galaxy S21 FE 5G bisa diandalkan untuk menghasilkan video TikTok menarik. Dengan fitur ini, kamu dapat merekam apa yang ada di depan serta di sekeliling secara bersamaan melalui penggunaan lensa kamera depan dan belakang. Saat membuat konten resep masakan, kamu bisa menampilkan suasana dapur dan ekspresi wajah sekaligus penjelasan saat memasak dengan sekali perekaman.

Sebagai ponsel flagship, Galaxy S21 FE 5G dibanderol dengan harga terjangkau, hanya Rp 8.999.000 untuk varian 128GB dan Rp 9.999.000 untuk varian 256GB. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan ponsel dengan fitur berlimpah untuk mendukung kreativitasmu.

Samsung juga memberikan kemudahan dengan opsi cicilan 0% dan konsumen dapat melakukan tukar tambah smartphone Samsung Galaxy lama atau smartphone lain untuk ditukarkan dengan Galaxy S21 FE 5G.

Jadi tunggu apa lagi Gen Z? Segera miliki Galaxy S21 FE 5G dan rasakan pengalaman paling epic dalam menjalankan aktivitas kamu sehari-hari. Informasi lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy S21 FE 5G bisa dilihat di sini.

(-/-)