Gak Kalah dari Snapdragon 888, Begini Performa Gaming Exynos 2100

Samsung - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 17:00 WIB
adv samsung
Foto: Samsung
Jakarta - Samsung beberapa waktu yang lalu mengumumkan seri terbaru dari chipset trademark mereka, Exynos 2100. Chipset ini pun memulai debutnya dengan menjadi otak dari smartphone Galaxy S21 dan Galaxy S21 FE 5G.

Sebagai salah satu chipset yang diperuntukkan bagi smartphone flagship, Exynos 2100 kerap dibanding-bandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 888, terutama di segi performa gaming.

Bermain game adalah salah satu aktivitas sehari-hari yang digandrungi oleh para Generasi Z. Oleh karenanya, tidak heran jika kapabilitas di sektor gaming menjadi bahan pertimbangan serius bagi Gen Z dalam memilih smartphone dan chipset yang menunjang aktivitas mereka.

Lantas, seperti apa kemampuan gaming dari Exynos 2100? Apa benar tidak kalah dari Snapdragon 888? Simak di artikel berikut ini.

1. Tiga Klaster Core, Bikin Performa Game Lebih Maksimal

System-on-Chip (SoC) 5nm Exynos 2100 mengusung arsitektur tiga klaster core yang ditunjang dengan peningkatan clock yang lebih besar dibandingkan pendahulunya. Ketiga klaster tersebut adalah Cortex-X1 (2,9Ghz), tiga Cortex-A78 (2,8Ghz), dan empat Cortex-A56 (2,2Ghz).

Khususnya Cortex-X1, yang membuat Exynos 2100 menjadi salah satu chipset terkuat berkat peningkatan performa yang diberikannya. Tiga klaster core tersebut membuat chipset ini memiliki peningkatan 30% performa keseluruhan dari Exynos versi sebelumnya.

Peningkatan performa inilah yang dibutuhkan oleh para gamer. Sebab, peningkatan clock dari Cortex-X1 tadi akan menghasilkan performa yang maksimal untuk semua fiturnya, termasuk dalam bermain game.

2. Peningkatan Performa yang Lebih Baik Berkat GPU Mali-G78

Chipset Exynos 2100 menggunakan GPU Mali-G78, yang merupakan hasil kolaborasi antara Samsung dan Arm. Mali-G78 ini didukung oleh 24 core yang menghasilkan performa tinggi. Mali-G78 juga sudah dilengkapi teknologi Fused Multiply-Add (FMA) unit yang menurunkan penggunaan daya hingga 30%.

GPU Mali-G78 juga mendukung API terbaru seperti Vulkan dan OpenCL, sehingga performanya akan mendongkrak kinerja grafis lebih dari 40% lebih baik dibandingkan perangkat sebelumnya.

Ini tentunya menjadi kabar yang menyenangkan bagi para gamer, khususnya mereka yang suka bermain game-game dengan kualitas grafik tinggi seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, LOL: Wild Rift, Arena of Valor, dan lain sebagainya.

3. Teknologi AMIGO yang Bikin Gaming Lebih Optimal dan Efisien

Samsung menyematkan teknologi baru dalam Exynos 2100, yakni Advanced Multi-IP Governor (AMIGO). Fitur ini berfungsi mengabaikan dan mengoptimalisasi penggunaan daya oleh CPU, GPU, dan proses lain sehingga membuat pengguna dapat melakukan aktivitas on-screen yang intens untuk waktu yang lebih lama.

Bagi gamer, ini artinya kamu akan mendapatkan performa frame-rate yang senantiasa stabil dalam setiap kondisi. Hal ini tentunya menguntungkan bagi gamer yang menggandrungi game kompetitif atau atlet e-sports. Teknologi AMIGO akan selalu menempatkanmu pada posisi yang lebih unggul dibandingkan lawan.

Sekarang, seluruh kehebatan Exynos 2100 tersebut bisa kamu peroleh dalam Samsung Galaxy S21 FE 5G. Sebagai smartphone entry flagship, Galaxy S21 FE 5G menawarkan performa kelas wahid dengan harga yang amat terjangkau.

adv samsungFoto: Samsung

Selain chipset Exynos 2100 yang mutakhir, Galaxy S21 FE 5G juga ditunjang beragam fitur lain, mulai dari layar Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate 120Hz, Triple Pro Grade Camera, hingga all-day battery 4.500 Super Charging berdaya 25W yang menjamin pengguna selalu terkoneksi secara digital kapan saja dan di mana saja.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibanderol dengan harga Rp 8.999.000 untuk varian 128GB dan Rp 9.999.000 untuk varian 256GB. Khusus pembelian periode 11-17 Januari 2022, para Galaxy Fans memiliki kesempatan untuk mengakses promo menarik dan memenangkan Galaxy Fit2 dan Wireless Charger Duo senilai Rp 1,498 juta secara gratis.

adv samsungFoto: Samsung

Samsung juga memberikan kemudahan dengan opsi cicilan 0% dan konsumen dapat melakukan tukar tambah smartphone Samsung Galaxy lama atau smartphone lain untuk ditukarkan dengan Galaxy S21 FE 5G.

Jadi buat para Gen Z yang mencari smartphone berkelas flagship dengan harga yang terjangkau untuk menemani keseharian gaming, maka Galaxy S21 FE 5G menjadi salah satu seri yang sayang untuk kamu lewatkan! Dapatkan Samsung Galaxy S21 FE 5G di link berikut ini. (-/-)