5 Tips Rutinitas Harian yang Bikin Jadi Lebih Produktif, Yuk Cobain!

Samsung - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 12:00 WIB
adv samsung
Sumber: shutterstock
Jakarta - Memulai hari kadang menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang. Terlebih di hari kerja yang sudah dibayangkan dengan aktivitas melelahkan seharian penuh yang akan dijalani.

Untuk menghindari hari yang melelahkan dan membosankan, kamu mungkin bisa memulai hari dengan lebih produktif. Misalnya dengan merubah rutinitas harian kita lebih produktif sehingga menghilangkan perasaan dan pikiran yang membuat hari-hari jadi nggak seru.

Berdasarkan penelitian di University of Nottingham menerbitkan temuan dari eksplorasi kepada 83 studi terpisah tentang energi dan pengendalian diri. Para peneliti menemukan bahwa pengendalian diri dan energi tidak hanya terkait erat tetapi juga terbatas. Tanpa disadari, seiring berjalannya waktu, kita semakin sulit untuk mengendalikan diri dan fokus pada pekerjaan kita. Saat kendali diri habis, kita merasa lelah dan merasa tugas menjadi lebih sulit dan suasana hati kita memburuk.

Penasaran gimana cara bikin diri dan harimu lebih produktif? Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dilansir dari situs entrepreneur!

1. Mulai Hari Dengan Hidup Sehat

Untuk bikin hari berjalan lebih produktif, jangan kesampingkan kesehatan. Beberapa yang perlu kamu terapkan adalah rutin olahraga kecil-kecilan setiap pagi dan sarapan. Memulai hari dengan olahraga dan sarapan akan membuat tubuhmu lebih sehat dan bugar. Hal ini juga mendukungmu melakukan aktivitas seharian lebih semangat.

2. Membuat Tujuan Harian

Berdasarkan penelitian, menetapkan tujuan dalam menjalani aktivitas harian ternyata punya kolerasi meningkatkan percaya diri dan perasaan kontrol. Menetapkan tujuan khusus untuk menjalani hari membuat segalanya bergerak. Kamu bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang perlu kamu lakukan jika memulai hari dengan tujuan yang jelas.

3. Buatlah Daftar Tugas Harian

Tips atau cara ini mungkin jadi langkah selanjutnya setelah kamu sudah membuat tujuan harian. Agar menjalani hari lebih produktif, kamu bisa lho membuat daftar tugas harianmu. Sebab dengan lebih terstruktur maka lebih jelas hal-hal apa saja yang menjadi prioritasmu untuk diselesaikan hari ini.

4. Lakukan Kegiatan Sesuai Jadwal

Nah, cara selanjutnya adalah lakukan kegiatan sesuai jadwal. Ini mungkin bisa jadi rutinitas yang lebih rapi. Untuk kamu yang seringkali punya rutinitas harian berantakan misalnya menumpuk kerjaan saat deadline dan lain sebagainya, kini saatnya berbenah. Lakukanlah kegiatan sesuai dengan waktunya, misalnya menyelesaikan pekerjaan berat sebelum jam makan siang. Ini bisa membuatmu menikmati waktu istirahat makan siang lebih tenang. Selain itu aktivitas pekerjaanmu di sore hari juga akan lebih ringan dan bisa pulang tepat waktu.

5. Hindari Multitasking

Agar membuat hari-hari lebih produktif, hindari multitasking terutama di pagi hari. Ketika kamu melakukan berbagai hal sekaligus tanpa disadari itu membuatmu mundur sepanjang hari. Penelitian yang dilakukan di Stanford University mengkonfirmasi bahwa multitasking kurang produktif daripada melakukan satu hal pada satu waktu.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur dibombardir dengan beberapa aliran informasi elektronik tidak dapat memperhatikan, mengingat informasi, atau beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain serta mereka yang menyelesaikan satu tugas pada satu waktu.

Berbeda dengan manusia yang menghindari multitasking, agar bikin hari lebih produktif kamu mungkin butuh teknologi multitasking. Misalnya smartphone yang kini sudah dilengkapi dengan spesifikasi canggih yang justru membantu kamu melakukan kegiatan harian.

adv samsungFoto: detikcom

Smartphone multitasking salah satunya bisa kamu dapatkan pada Samsung Galaxy S21 FE yang dilengkapi dengan chipset Exynos 2100. Saat ini aktivitas sehari-hari memang membutuhkan perangkat teknologi yang multitasking, misalnya saat membuat konten foto atau video. Kamu perlu membuka berbagai aplikasi sekaligus dan butuh waktu lama. Hal-hal ini sangat memungkinkan membuat smartphone lambat. Namun dengan smartphone yang dilengkapi prosesor Exynos 2100 salah satunya Samsung Galaxy 2100 ini tak perlu khawatir, kamu bisa tetap menjalankan berbagai aplikasi tanpa lambat. Tentunya bikin hari-hari mu makin seru anti bosan.

Adapun keunggulan prosesor Exynos 2100 pada diantaranya mendukung sistem fotografi dan video yang makin keren. Untukmu yang suka dunia fotografi atau selfie, Exynos 2100 memanfaatkan prosesor sinyal gambar untuk mengubah pengaturan kualitas gambar dan membuat foto terbaik. Lalu untukmu yang suka streaming di ponsel pintar, jangan cemas. Dengan codec multi-format (MFC) yang kuat dan sistem kamera canggih, Exynos 2100 memungkinkan perekaman dan pemutaran video pada resolusi 8K. Prosesor ini juga mendukung codec HDR10+ untuk warna yang sangat jelas dengan rentang dinamis yang ditingkatkan. Terakhir yang bikin makin nyaman pengguna, prosesor Exynos 2100 bikin baterai ponsel lebih irit.

adv samsungFoto: Samsung

Tak hanya dilengkapi prosesor Exynos 2100, Samsung Galaxy S21 FE juga dilengkapi spesifikasi menarik lainnya, lho! Seperti layar Full HD dengan panel dynamic AMOLED 2X. Kemudian 3 kamera belakang dengan kamera utama 12 MP, kamera ulta-wide 12 MP dan kamera telephoto 8 MP, serta kamera depan 32 MP.

Menariknya Galaxy S21 FE juga dilengkapi pilihan kapasitas 8/128 GB dan 8/256 GB. Pada Galaxy S21 FE kamu juga bisa mendapatkan model yang apik dengan pilihan warna graphite, olive, lavender, maupun white.

(-/-)