Tips Bikin Foto Epic Pakai HP untuk Ikutan Raup Cuan dari NFT

Samsung - detikNews
Sabtu, 15 Jan 2022 00:00 WIB
adv samsung
Foto: Dok. Samsung
Jakarta - Siapa sangka karya foto selfie bisa mendatangkan cuan sampai miliaran rupiah? Tapi nyatanya, seorang pemuda asal Jawa Tengah meraup cuan dengan menjual foto selfie-nya sebagai Non-Fungible Token (NFT).

NFT adalah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain. Singkatnya, NFT mirip dengan beberapa aset mata uang kripto. Hanya saja NFT nggak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Sejauh ini, NFT banyak digunakan untuk mewakili sebuah barang, kebanyakan adalah karya seni di forum digital. Bisa dibilang NFT adalah sebuah sertifikasi kepemilikan sebuah barang.

Paling umum, saat ini NFT digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital. Adapun yang ditransaksikan adalah NFT-nya, sebagai tanda kepemilikan suatu karya seni.

Mungkin bagi sebagian orang kelihatannya sederhana, namun banyak orang rela menghabiskan uang untuk memiliki gambar digital versi NFT lho.

Misalnya, tweet pertama pendiri Twitter, Jack Dorsey ditawar US$ 2,5 juta atau setara Rp 358,68 miliar (kurs Rp 14.347/US$), klip video slam dunk LeBron James terjual lebih dari US$ 200 ribu atau Rp 2,87 miliar, dan GIF 'Nyan Cat' yang berusia satu dekade dijual seharga US$ 600 ribu atau Rp 8,60 miliar.

Di Indonesia, sudah ada deretan artis, musisi, hingga influencer dan sejumlah profesi sejenis pun mulai melirik NFT. NFT pun kian booming setelah kabar pemuda Jateng cuan besar dengan menjual NFT.

Nah, setelah tahu apa itu NFT, kamu mulai terpikir untuk bikin karya seni buat dijual virtual? Bisa banget, coba saja buat foto-foto epic yang mungkin bisa menarik minat pembeli NFT-mu.

Kamu dapat memproduksi foto epic untuk dijadikan NFT cukup bermodal smartphone. Biar hasil foto lebih mantap, yuk simak tips bikin foto ciamik dengan smartphone berikut ini dikutip dari Gizmodo.

1. Pelajari 'Rule of Thirds'

'Rule of thirds' merupakan panduan yang bisa diikuti untuk membingkai foto upaya terlihat proporsional. Dengan kamera smartphone, kamu bisa menampilkan grid untuk membagi layar menjadi sembilan segmen berbentuk persegi panjang. Garis-garis tersebut akan membantu kamu menentukan angle foto yang proporsional.

2. Cari Posisi yang Stabil

Pegangan yang stabil sangat krusial untuk mobile photography, apalagi untuk mengambil foto dalam kondisi low light. Supaya stabil, kamu bisa menggunakan mobile tripod.

Tapi jika tidak ada, bisa gunakan objek seperti dinding, meja dan sebagainya. Jangan lupa nyalakan self-timer jika ingin mengambil foto dari kamera yang ditaruh di meja atau lemari yang jauh.

3. Tetapkan Fokus Secara Presisi

Aplikasi kamera default memungkinkan pengguna untuk mengubah fokus hanya dengan sekali tap di layar. Tidak hanya mengubah fokus, saat layar di-tap, tingkat eksposur cahaya pada spot yang dipilih akan disesuaikan.

Untuk mengubah tingkat eksposur, cukup menaikkan atau menurunkan indikator yang muncul dengan ikon matahari.

4. Gunakan Mode HDR Secara Otomatis

Hampir semua kamera smartphone saat ini memiliki mode auto HDR (High Dynamic Range) yang jika diaktifkan akan menerapkan filter ini jika dibutuhkan. Jadi, bagian gelap dan bagian terang di foto akan terlihat seimbang.

5. Manfaatkan Sumber Cahaya Alami atau Buatan

Untuk mendapatkan foto yang bagus, cahaya yang menerangi subjek foto merupakan faktor krusial. Jadi, perhatikan sekeliling dan lihat sumber cahaya apa yang dapat dimanfaatkan, misalnya sinar matahari atau lampu. Dengan cahaya yang memadai, foto akan terlihat terang dan jernih sehingga detail-detailnya terlihat jelas.

Supaya hasil foto lebih mantap dan menjadi NFT yang menarik, ambil foto dengan smartphone dengan kualitas kamera mumpuni. Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah jawabannya.

Dengan Galaxy S21 FE 5G, pengguna dapat dengan mudah untuk mengambil serta mengedit foto hingga membagikannya layaknya fotografer profesional. Galaxy S21 FE 5G juga hadir dengan penyempurnaan fitur Night Mode. Sekarang, pengguna dapat menghasilkan foto low-light terbaik saat bersama teman dan keluarga dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

adv samsungFoto: Dok. Samsung

Tidak hanya itu, Galaxy S21 FE 5G juga menghadirkan pengalaman selfie terbaik dengan kamera depan 32MP. Selain mengambil foto yang terbaik, foto lama kamu pun bisa lebih tampil epic berkat fitur AI Face Restoration di Galaxy S21 FE 5G. Ini menjadi modal penting buat kamu yang ingin upload foto yang memikat.

Tak hanya mumpuni untuk menghasilkan foto epic, Galaxy S21 FE 5G juga memiliki fitur lengkap untuk videografi. Misalnya, fitur Dual Recording yang memungkinkan pengguna merekam apa yang ada di depan serta di sekelilingnya secara bersamaan melalui penggunaan lensa kamera depan dan belakang, baik pada mode picture-in-picture maupun mode splitview yang keduanya menjamin kualitas video yang epic.

Segera miliki Samsung Galaxy S21 FE 5G untuk hasilkan foto epic yang bisa datangkan cuan besar untukmu. Khusus pembelian Galaxy S21 FE 5G pada periode 11-17 Januari 2022, seluruh Galaxy Fans bisa memiliki kesempatan untuk mengakses promo menarik yang memungkinkan mereka mendapatkan Galaxy Fit2 dan Wireless Charger Duo senilai Rp 1,498 juta secara gratis.

Samsung memberikan kemudahan dengan opsi cicilan 0% dan konsumen dapat melakukan tukar tambah smartphone Samsung Galaxy lama atau smartphone lain untuk ditukarkan dengan Galaxy S21 FE 5G yang terbukti memberikan pengalaman paling epic bagi pengguna.

Klik di sini untuk memperoleh smartphone epic Samsung Galaxy S21 FE 5G. (-/-)