Kaleidoskop 2021: Inovasi Layanan & Kontribusi IndiHome bagi Indonesia

Advertorial - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 00:00 WIB
adv indihome
Dok. Telkom
Jakarta - Sepanjang 2021, IndiHome telah menghadirkan beragam inovasi layanan dan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Inovasi ini meliputi higher speed same price, penurunan harga paket internet hingga program-program inovatif yang mendukung aktivitas masyarakat.

Selengkapnya, berikut kaleidoskop inovasi dan kontribusi IndiHome di tahun 2021.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan IndiHome

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setianya, IndiHome menghadirkan berbagai inovasi layanan. Beberapa di antaranya, IndiHome Selalu di Hati, CX Commander, penyesuaian Uplink Downlink ratio dari 1.5 menjadi 1:3, dan program Higher Speed Same Price.

Melalui program ini, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati kecepatan internet lebih tinggi tanpa biaya tambahan. Misalnya, pelanggan dengan 20 Mbps akan mendapatkan kecepatan internet 30 Mbps secara gratis.

Dari aspek harga yang ditawarkan, IndiHome terus melakukan pembenahan (improvement pricing) dengan memberikan harga lebih terjangkau dengan benefit yang lebih baik setiap tahunnya. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, harga paket internet IndiHome tahun ini menurun 15-20%.

Sebelumnya, untuk berlangganan paket 20Mbps, pelanggan perlu membayar seharga Rp 315.000 dan Rp 2.655.000 untuk paket 300 Mbps. Namun, saat ini IndiHome menawarkan range harga mulai dari Rp275.000 untuk 20 Mbps hingga Rp1.725.000 untuk 300 Mbps.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman digital bagi pelanggan, IndiHome secara kontinyu melakukan pengayaan konten melalui kerja sama strategis dengan penyedia konten (content provider) global dan lokal seperti Disney+, Lionsgate, Viu, Catchplay+, Mola, Vidio, Vision+ dan CXO serta lebih dari 200 channel TV.

Adapun semua konten tersebut bisa disaksikan dalam satu layar di IndiHome TV. Berkat Inovasi ini, IndiHome TV menjadi jendela hiburan (windows entertainment) bagi masyarakat Indonesia.

Penetrasi Produk dan Layanan Baru IndiHome

Sesuai tagline 'Aktivitas Tanpa Batas', IndiHome memberikan berbagai produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hingga saat ini, IndiHome memiliki 5 varian layanan mulai dari 3P reguler hingga 2P phone digital, serta varian kecepatan yang beragam mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps.

Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan pun mengatakan komposisi pelanggan IndiHome mengalami perubahan yang signifikan.

"Dari sebelumnya 71% didominasi pelanggan dengan kecepatan 10 Mbps ke bawah. Sekarang, berkurang menjadi 33%. Targetnya di tahun 2022 pelanggan IndiHome berlangganan di atas 20 Mbps," jelas E. Kurniawan.

Tak hanya itu, di beberapa zona marking berdasarkan level kompetisi dan daya beli pelanggan, IndiHome menerapkan harga jual minimum mulai dari paket kecepatan 30Mbps. Hasilnya, paket tersebut sangat diminati oleh pelanggan. Paket Pembayaran di Depan, serta paket perangkat mandiri atau BYOD (Bring Your Own Device) juga menjadi pilihan pelanggan.

Digital Channel IndiHome

Untuk memudahkan pelanggan berlangganan, IndiHome membuka berbagai channel digital yang dekat dengan masyarakat. Mulai dari landing page, media sosial, Sobat IndiHome hingga layanan melalui e-Commerce ternama di Indonesia dan aplikasi myIndiHome.

Secara khusus, IndiHome menghadirkan wajah dan pengalaman baru yang seru bagi pelanggan melalui aplikasi myIndiHome. Lewat aplikasi ini, pelanggan bisa mengatur jadwal kedatangan teknisi untuk pasang baru, tagihan dan perbaikan layanan sesuai keinginan pelanggan. Selain itu, pembayaran tagihan pun bisa mudah melalui LinkAja.

Inovasi lain untuk digital channel IndiHome juga hadir di Plasa Telkom Digital (Smart Plasa), inovasi touch point dari Telkom untuk melayani pelanggan IndiHome. Sebelumnya, layanan Plasa Telkom dikerjakan secara manual dengan dukungan dari customer service.

"Dengan mengusung semangat new digital experience, Smart Plasa disediakan untuk berinteraksi dan bertransaksi antara petugas Telkom Group dengan pelanggan maupun calon pelanggan secara virtual," lanjut E. Kurniawan.

Saat ini, Smart Plasa sudah hadir di Pekanbaru, Yos Sudarso Jakarta Utara, Palmerah Jakarta Barat, Fatmawati Jakarta Selatan, Gegerkalong Bandung, Cirebon, Purwokerto, Denpasar, Surabaya, Madiun, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Pare-pare, Manado, Lampung, Semarang, Sidoarjo, Gerlong, Yogyakarta, Pekalongan, Solo dan Pasuruan.

Customer Engagement

Selain menghadirkan inovasi lewat layanannya, IndiHome juga mengembangkan inovasi di berbagai bidang lainnya.

"Bukan hanya aspek bisnis semata, IndiHome juga senantiasa peduli pada ranah sosial, seni, budaya dan olahraga (eSport) di Indonesia," jelasnya.

Berikut adalah inovasi customer engagement sebagai bentuk dukungan IndiHome dalam mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

1. IndiHome Gideon Badminton Academy

Melalui Telkom Regional 2, IndiHome memberikan fasilitas kepada generasi muda maksimal usia 15 tahun, di wilayah Jabodetabek dan Banten. Fasilitas ini diberikan untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda pada cabang olahraga badminton. Adapun sepuluh pemenang mendapat fasilitas biaya pendidikan badminton selama satu tahun disertai dengan penunjang kehidupan pribadi para peserta.

2. IndiHome Wonderful Papua

Untuk mewujudkan pemerataan akses internet di Indonesia Timur serta mendukung PON XX, IndiHome menghadirkan program IndiHome Wonderful Papua. Program ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, seperti pembangunan 50 Wifi.id Corner dan dukungan untuk komunitas di bidang pendidikan dan memberikan dukungan kreativitas cover song competition Gita & Nada Papua bersama IndiHome.

3. IndiHome Pesona Aceh

Usai sukses di Papua, IndiHome menyapa Aceh melalui tiga misinya, yakni connectivity, creativity dan charity (3C). Misi ini diwujudkan melalui rangkaian program, seperti pembangunan 50 Wifi.id Corner (WiCo). Ada pula dukungan kreativitas melalui kompetisi seni dan budaya, serta bantuan sosial (charity) untuk komunitas di bidang lingkungan, kesehatan dan pondok pesantren.

4. Just on IndiHome (JOIN)

JOIN merupakan sebuah program edukasi tematik yang membahas pengetahuan ter-update. Materi disampaikan oleh para ahli dan influencer yang berpengalaman di bidangnya mulai dari praktisi bisnis Prof. Rhenald Kasali, pengamat marketing Yuswohadi, hingga komedian Tretan Muslim dan Dustin Tiffani. Tayangan JOIN juga mendapat respons positif di masyarakat

5. LEAD by IndiHome

Inovasi lain yang IndiHome hadirkan di tahun 2021 adalah LEAD by IndiHome. Inovas ini merupakan sebuah akademi eSport dengan konsep athlete enablement, yaitu memberdayakan dan melatih seorang gamer (player) yang semula bermain game sebatas hobi, menjadi professional player (pro-player) bermental atlet. Para calon atlet eSport binaan IndiHome juga mendapat kesempatan sesi mentoring (coaching clinic) dari para pakar. Beberapa di antaranya sesi mentoring ahli gizi atlet bersama Dr. Mirza Hapsari dan sesi sportsmanship dan nasionalisme dari Coach Indra Sjafri.

6. Indonesia Keren

Setelah melewati seleksi ketat dari dewan juri, IndiHome menentukan empat belas kontestan terpilih Indonesia Keren yang akan tampil di pertunjukan seni internasional, yaitu World Expo Dubai 2020, pada 5-6 Januari 2022 mendatang. Mereka akan menampilkan karya seni budaya dari berbagai etnis di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Sebelum tampil di Dubai, mereka juga dibekali dengan latihan secara daring dari para coach professional, seperti creative director, Rangga Djoeneddan koreografer profesional seni dan budaya Indonesia, Dudy Gunawan.

7. Lebih Baik Sebar yang Baik

Bersama Brand Ambassador IndiHome, Mikha Tambayong dan keluarga Titi Kamal, IndiHome mengajak mengajak masyarakat Indonesia untuk menyuarakan kebaikan melalui program 'Lebih Baik Sebar Yang Baik (LBSYB)'. Para peserta diberikan kebebasan untuk menyatakan kebaikannya dalam bentuk karya seperti audio, video maupun microblog. Semua karya yang dikumpulkan akan diseleksi langsung oleh brand ambassador IndiHome dan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari IndiHome.

8. IndiHome Blogger Days

IndiHome Blogger Days adalah ruang berkarya dan berbagi bersama narablog di seluruh Indonesia untuk berkontribusi bagi bangsa dan melahirkan karya tulis yang dapat meningkatkan literasi digital di Indonesia. Bersama para narablog di Indonesia, IndiHome menggelar berbagai kegiatan seperti bakti sosial, sharing session hingga lomba menulis blog dengan hadiah total senilai Rp 22,5 juta. Di periode awal, terkumpul lebih dari 200 karya tulis yang disertakan dalam lomba.

9. IndiHome Charity 2021

Tidak hanya aspek bisnis, IndiHome juga memperhatikan aspek sosial kemasyarakatan. Terbukti setiap kuartal, IndiHome memberikan bantuan kepada komunitas-komunitas masyarakat di Indonesia yang membutuhkan, seperti bantuan untuk anak yatim dan dhuafa, bantuan untuk korban banjir dan longsor NTT, erupsi Gunung Semeru, pengobatan mantan pebasket Papua, Jacklien Ibo dan pemberdayaan di Kampung Hobong Papua.

10. Dukungan untuk Mandalika

Untuk menyukseskan perhelatan World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit pada November 2021 lalu, IndiHome secara khusus mengirimkan bantuan teknis (Bantek) sebanyak 16 orang untuk membangun jaringan ICT dengan cepat dan akurat di sekitar kawasan event. IndiHome juga ikut meramaikan perhelatan acara dengan mendirikan booth sebagai bahan promosi dan edukasi kepada peserta di WSBK.

11. Gebyar Maju Terus Bersama IndiHome 2021

Gebyar Maju Terus Bersama IndiHome merupakan dukungan dari IndiHome berupa dana pendidikan dan modal usaha senilai Rp4 miliar, yang bertujuan untuk mendukung kreativitas dan produktivitas masyarakat Indonesia. Program ini diselenggarakan mulai 1 Januari 2021 sampai 31 Desember 2021. Program Gebyar Maju Terus Bersama IndiHome 2021 membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia untuk mendapatkan beasiswa pendidikan, pemberian modal usaha, serta pemberian beragam fasilitas yang mendukung kemajuan olahraga hingga industri kreatif termasuk e-sport.

12. Brand Ambassador IndiHome

IndiHome memilih Mikha Tambayong, Christian Sugiono dan Titi Kamal menjadi brand ambassador. Pemilihan ini selaras dengan semangat IndiHome yang ingin mendorong masyarakat Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi, menyebarkan inspirasi serta harapan lewat aktivitas tanpa batas dari rumah. Semangat tersebut tercermin dalam pribadi brand ambassador yang dikenal aktif, berprestasi, produktif dan teladan bagi generasi anak muda Indonesia.

13. Sobat IndiHome Summit

Sobat IndiHome Summit digelar sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah bergabung menjadi bagian dari Sobat IndiHome. Selama acara, peserta mendapat pengetahuan baru dan pengalaman seru bersama IndiHome di akhir September 2021 di Bali. Sobat IndiHome adalah peluang baru bagi masyarakat Indonesia untuk yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi agen digital IndiHome.

14. Promo Akhir Tahun 2021

Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), IndiHome menghadirkan paket promo akhir tahun 2021 dengan beragam benefit menarik untuk pelanggan lama dan pelanggan baru. Untuk pelanggan lama, IndiHome menghadirkan channel IndiHome TV tanpa biaya tambahan selama 10 hari, mulai dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. IndiHome juga memberikan bebas akses ke layanan Disney+ Hotstar untuk pelanggan yang melakukan upgrade speed ke kecepatan minimal 50 Mbps. Sementara untuk pelanggan baru, IndiHome hadirkan merchandise eksklusif untuk 1000 pelanggan pertama dan bonus spesial berupa cashback LinkAja Rp100.000, serta tambahan 53 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan.

IndiHome Award

Komitmen IndiHome menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan mendapat apresiasi dan penghargaan bergengsi dari berbagai entitas di Indonesia. Selama 12 bulan, IndiHome mendapat 22 penghargaan di berbagai bidang. Beberapa di antaranya, PR Indonesia Award, kategori Marketing Public Relations dari PR Indonesia; The Most Creative Brand Communication Kategori Integrated Brand Campaign (MIX Marcomm); 1st Indonesia Digital Marketing Champions 2021 (Data & Entertainment) predikat Excellent dari SWA; Indonesia Best Brand Award (IBBA) dari SWA; Penghargaan Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021: Redefining The Defined dari Herstory; dan Indonesia Gadget Award kategori The Most Innovative Home Internet Services dari Gizmologi.

"Dalam menjalankan perannya sebagai #InternetnyaIndonesia, IndiHome senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan beragam inovasi dan solusi dalam mendukung aktivitas tanpa batas masyarakat Indonesia di mana saja dari pusat kota hingga pelosok desa. Kami berharap, tahun 2022 IndiHome bisa memberikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat Indonesia," tutup E. Kurniawan. (adv/adv)