UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 Bawa UMKM Menuju Kancah Dunia

Advertorial - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 00:00 WIB
adv bri
Jakarta - UMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Sebab, kegiatan usaha yang dilakukan menyerap lebih dari 96% tenaga kerja nasional.

Di sisi lain, UMKM masih memerlukan dukungan dan pendampingan untuk meningkatkan skala bisnisnya. Salah satu solusi yang dijajaki untuk membantu UMKM naik kelas, adalah dengan mendorong mereka untuk melakukan digitalisasi usaha. Melalui media digital, mereka memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mitra bisnis.

Setelah bisa melakukan digitalisasi, tahapan berikutnya yang dapat dipijak UMKM adalah mengembangkan jaringan pemasaran ke pasar global. Dalam hal ini, mereka membutuhkan dukungan untuk membuka keran ekspornya. Dukungan ini telah diberikan oleh BRI sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM.

Upaya BRI mendorong UMKM menembus pasar global salah satunya diwujudkan melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, yang dilaksanakan pada 9-16 Desember 2021, jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-126.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 menyajikan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung. Selain itu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 juga menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat (Papua), Borobudur (Magelang), Toba (Sumatera Utara), Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Dalam opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis (9/12), hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama BRI Sunarso.

Mengusung tema 'Dari Indonesia Untuk Dunia', UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 merepresentasikan semangat BRI yang secara konsisten mendorong pelaku UMKM binaan untuk dapat bersaing dan menembus pasar global. Tahun ini, 500 UMKM binaan BRI berpartisipasi di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, BRI mengundang buyer internasional dari 30 negara yang akan dipertemukan dengan pelaku UMKM Indonesia dalam kegiatan business matching. Kedua belah pihak dapat bernegosiasi dan melakukan deal transaksi atas produk yang ditawarkan UMKM nasabah binaan BRI.

Selain business matching, ada sejumlah acara dan kegiatan lainnya yang dapat diikuti oleh pengunjung, antara lain : inspiration talks, coaching clinic, podcast, workshop 'Yuk Berkreasi', bazaar online, live shopping, serta art & music performance.

Berbagai narasumber dan performer dari kalangan public figure, selebriti, penyanyi dan para ahli dari berbagai latar belakang akan tampil dan mengisi rangkaian acara tersebut. Dalam UMKM Fashion Nationshow, Maliq & D'Essentials akan menyanyikan lagu hits mereka diiringi fashion show dari beberapa model ternama yang mengenakan produk fesyen hasil kreasi UMKM.

Berkaitan dengan fesyen, akan dilaksanakan workshop 'Yuk Berkreasi' yang mengajarkan seni dan teknik membuat rajutan crochet dan macramé yang sedang digandrungi kalangan milenial dan gen Z. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi soal teknik Suminagashi Art atau seni membuat pola motif kain di atas air.

Selanjutnya, pada sesi podcast UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 akan dibahas tentang pengelolaan bisnis dengan pengisi acara para selebriti dan pelaku UMKM yang bisnisnya menginspirasi serta telah dikenal luas di kalangan generasi milenial. Acara ini akan mendatangkan nama-nama kondang, seperti Ivan Gunawan, Gading Marten, Tarra Budiman, Ariy Arka, Tasya Farasya, Ken & Grat, dan Diana Henry. Mereka akan bercerita seluk beluk dan pengalaman awal mula sampai menjalankan bisnis mereka saat ini.

Di sesi Inspiration Talks, Direktur Utama BRI Sunarso hadir membagikan berbagai cerita dan pengalamannya yang menarik sebagai seorang banker saat berusaha memajukan dan mengembangkan UMKM Indonesia. Tampil juga Indrawan Nugroho, seorang konsultan inovasi dan YouTuber yang akan bercerita tentang saatnya mengelola UMKM layaknya perusahaan rintisan. Chitra Subyakto, seorang perancang busana peraih beberapa penghargaan dan aktivis penggiat lingkungan, juga akan meramaikan sesi Inspiration Talks ini, bersama dengan Angkie Yudistia, seorang difabel dan pendiri usaha Thisable Enterprise yang akan memberikan motivasi dalam berusaha dan berkarya.

Selain itu, untuk lebih jauh mempromosikan produk UMKM kepada masyarakat, BRI menggelar live shopping bekerja sama dengan Shopee. Acara ini dipandu oleh host Indy Barends dan Patricia Gouw. Kejutan harga dan diskon spesial banyak diberikan di dalam sesi ini.

Rangkaian acara lainnya, yakni sesi coaching clinic untuk mengasah dan memberi bekal pelaku UMKM agar bisa meningkatkan mutu produk dan kapasitas UMKM-nya. Beberapa ahli dan sosok terkenal pelaku UMKM yang berpengalaman di bidangnya akan memberikan bimbingan dan pengetahuan teknis berbagai hal di dalam mengelola dan memasarkan produk UMKM, antara lain Leonard Theosabrata, Aidil Wicaksono, Lily Mariasari, Ria Templer, Intan Anggita dan Eno Bening.

Acara lain yang tak kalah menarik, yaitu Brilianpreneur Virtual Trip: Menengok Eloknya Pulau Lombok. Pada sesi ini, Marischka Prudence akan mengajak peserta dan pengunjung UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 ke beberapa destinasi wisata yang sedang hits di Pulau Lombok, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Tanjung Bongo, Gili Nanggu, dan Desa Adat Sade Suku Sasak. Selain itu, sesi ini akan menampilkan kerajinan khas Lombok yang telah Go Global dari UMKM Binaan BRI. Ada hadiah menarik bagi penonton yang dapat menjawab pertanyaan kuis yang diajukan di setiap akhir segmen.

Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 adalah pengumuman dan penyerahan UMKM Award 2021. Beberapa kategori penghargaan yang diberikan antara lain Best Expo, Best Business Matching yang terdiri dari Top Deals & Best Newcomers, dan UMKM Favorit berdasarkan sosial media. Pemberian penghargaan ini menjadi tolak ukur dari prestasi dan kerja keras pelaku UMKM sehingga bisa menjadi role model bagi UMKM lainnya. BRI juga akan menyerahkan donasi yang berasal dari lelang UMKM x Designer kepada Sahabat UMKM di akhir acara.

Selama acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback jika melakukan pembelian produk UMKM via e-commerce Shopee dan PaDI UMKM dengan menggunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI hingga 31 Desember 2021.

Jangan lewatkan keseruan rangkaian acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sampai tanggal 16 Desember 2021, langsung saja klik brilianpreneur.com! (adv/adv)