Catat, Ini 4 Tips Sehat bagi Diabetesi Saat Pandemi

Advertorial - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 00:00 WIB
adv nutrifood
Jakarta - Pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir. Bahkan, pemerintah semakin gencar mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan demi mencegah gelombang ketiga COVID-19 di Tanah Air.

Untuk itu, masyarakat diimbau tetap menjaga diri, termasuk juga untuk para diabetesi. Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan diabetesi untuk menjaga kondisi kesehatan agar tetap fit di tengah pandemi.

Kumpulkan Informasi

Pan American World Health Organization menegaskan bahwa peran dan kemampuan diabetesi dalam self-management kondisi diabetes menjadi sangat penting saat pandemi. Oleh karena itu, diabetesi perlu sebisa mungkin mencari akses terhadap informasi terpercaya untuk menambah pengetahuan mengenai self-management. Data menunjukkan, edukasi self-management dapat bermanfaat untuk memperbaiki kontrol gula darah pada diabetesi.

Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah dan menjaga kesehatan secara umum. Di tengah pandemi, olahraga tetap bisa dilakukan di dalam rumah. Misalnya, bagi para diabetesi, disarankan melakukan latihan aerobik minimal 30 menit setiap hari. Latihan ini juga dapat dibagi dalam beberapa sesi dan dikombinasikan dengan latihan beban untuk memperkuat otot dan tulang sebanyak 2-3 kali per minggu.

Rutin Memeriksa Gula Darah

Memeriksa gula darah secara rutin sangatlah penting untuk mengontrol diabetes. Pengukuran kadar gula darah dapat dilakukan sendiri oleh diabetesi dengan menggunakan alat pengukur gula darah, misalnya sebelum sarapan (kondisi berpuasa semalam), sebelum makan siang/makan malam, 2 jam setelah makan, sebelum berolahraga, atau saat merasa kurang sehat.

Atur Pola Makan

Pola makan dengan mengutamakan makanan kaya nutrisi yang bervariasi dalam porsi yang tepat sangat penting untuk mengontrol gula darah, menjaga kesehatan, dan menghindari komplikasi diabetes. Ada beberapa tips pengaturan pola makan yang penting untuk diperhatikan, terutama oleh para diabetesi, yakni

  • Pilih jenis makanan kaya nutrisi dengan kalori terkontrol guna menjaga berat badan.

Untuk mempermudah, bisa menggunakan bantuan ilustrasi piring makan dengan mengisi ½ piring dengan buah dan sayur, ¼ piring dengan sumber protein rendah lemak, dan ¼ piring lainnya dengan sumber karbohidrat kompleks (bijian utuh).

  • Pilih buah dan sayur, bijian utuh, serta susu rendah lemak.
  • Pilih jenis makanan yang rendah kalori, rendah lemak jenuh dan trans, rendah gula, serta rendah garam.

Tak hanya makanan, konsumsi minuman bagi para diabetesi juga perlu diatur. Diabetesi perlu membatasi minuman manis yang mengandung gula, karena kandungan kalori yang tinggi dapat meningkatkan gula darah dengan drastis.

Kini, tersedia pemanis rendah kalori Tropicana Slim Sweetener Diabtx yang bisa ditambahkan pada berbagai macam minuman kesukaan sebagai alternatif rasa manis yang lebih sehat dan aman untuk diabetesi. Tropicana Slim Sweetener Diabtx bebas gula dan kalori, serta dilengkapi kromium yang penting untuk mengontrol gula darah sehingga cocok untuk diabetesi.

Self-management pada diabetesi selama masa pandemi ini tentunya tetap memerlukan bantuan dan dukungan dari tenaga kesehatan. Untuk itu, diabetesi juga disarankan untuk menghubungi dokter atau tenaga kesehatan (misalnya dengan layanan telemedicine) apabila memiliki kekhawatiran terhadap kondisi penyakitnya atau mengalami gangguan kesehatan tertentu. (adv/adv)