Wisata Mulai Buka Nih! Begini Cara Aman Jalan-jalan Saat Pandemi

Advertorial - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 00:00 WIB
adv
Shutterstock
Jakarta - Tingginya kasus COVID-19 yang sempat melanda Indonesia membuat pemerintah memberlakukan kebijakan PPKM. Berbagai ruang publik pun sempat ditutup guna mencegah penyebaran virus.

Namun, saat ini beberapa wilayah Indonesia mulai menurunkan level PPKM seiring melandainya kasus COVID-19. Berbagai tempat wisata pun sudah mulai dibuka sehingga Anda bisa kembali berlibur bersama teman, kerabat, dan keluarga.

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman selama berwisata. Melansir mayo clinic, 4 hal ini perlu dipersiapkan saat jalan-jalan di tengah pandemi.

1. Cek Kesehatan

Sebelum bepergian, ada baiknya untuk mempertimbangkan soal kesehatan diri Anda dan keluarga. Salah satunya dengan melakukan screening mandiri dan vaksinasi. Pastikan dahulu Anda dalam keadaan sehat dan sedang tidak memiliki gejala COVID-19. Jika belum divaksinasi, sebaiknya lakukan vaksinasi untuk membangun perlindungan antibodi. Terlebih saat ini, hampir seluruh ruang publik, termasuk tempat wisata mewajibkan pengunjungnya sudah divaksinasi.

2. Periksa Syarat Perjalanan

Pemerintah di setiap daerah mungkin memiliki aturan berbeda terkait syarat perjalanan. Jadi, bagi Anda yang ingin berwisata di luar kota, pastikan untuk mengecek syarat-syaratnya lebih dahulu. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau kereta. Beberapa penerbangan antarkota pasalnya mewajibkan swab test PCR sebagai salah satu syarat perjalanan.

3. Disiplin Protokol Kesehatan

Hal terpenting saat jalan-jalan saat pandemi adalah tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini termasuk mengenakan masker selama di transportasi umum dan ruang publik. Anda juga perlu menjaga jarak setidaknya 2 meter dari pengunjung lainnya. Batasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan pintu, pegangan tangga atau tombol lift. Jika Anda harus menyentuh permukaan ini, segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelahnya.

4. Pakai Kendaraan Pribadi

Menggunakan kendaran pribadi tentu jadi pilihan tepat saat bepergian di tengah pandemi. Sebab, Anda hanya akan bepergian dengan orang yang dikenal seperti keluarga, sahabat, dan saudara sehingga lebih aman dan nyaman. Keuntungan lainnya, selama bepergian dengan mobil, Anda juga bisa membeli makanan dengan aman melalui layanan drive-thru. Meski lebih aman, Anda tetap perlu mengenakan masker selama perjalanan dan menyiapkan perlengkapan lainnya, seperti hand sanitizer, tissue desinfektan, alat makan pribadi, atau bahkan membawa makanan dan minuman dari rumah. Dengan begitu,Anda tidak perlu membeli makanan dan minuman dari luar selama berpergian.

Tren bepergian dengan mobil saat pandemi memang jadi salah satu solusi aman. Apalagi bepergian dengan mobil dapat menurunkan risiko keluarga dari paparan virus. Oleh karena itu, BCA Finance menawarkan promo buat Anda yang ingin membeli mobil baru.

adv bca finance

Di bulan Oktober, BCA Finance memberikan penurunan suku bunga kredit mobil baru dari 3,55% menjadi 2,99% dengan tenor selama 3 tahun. Sementara untuk tenor 4 tahun suku bunganya turun menjadi hanya 3,77%.

Adapun suku bunga ini berlaku untuk mobil baru berjenis mobil penumpang / passenger car. Selain itu, BCA Finance menawarkan DP / uang muka ringan, yaitu sebesar 20%. Yuk, segera beli mobil impian Anda dan liburan bersama keluarga dengan aman dan nyaman. (adv/adv)