Beli Mobil Baru, Apa Saja Sih yang Harus Diperhatikan Secara Detail?

Advertorial - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 00:00 WIB
adv bca
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memiliki kendaraan pribadi terutama mobil menjadi cita-cita hampir semua orang. Namun perkara membeli mobil baru tidaklah mudah, apalagi jika mencari yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Karena itu, sebelum memutuskan membeli mobil baru hendaknya dipertimbangkan matang-matang. Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan secara detail supaya Anda tidak salah pilih mobil. Apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Mengutip Edmunds, mobil terbaik adalah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah Anda mencari mobil sport atau justru mobil keluarga? Jika mobil keluarga yang dibutuhkan, maka pertimbangkan jenis mobil dengan kapasitas cukup besar sehingga bisa memuat beberapa orang sekaligus di dalamnya.

Selain itu, perhatikan juga jenis medan yang biasa Anda lalui. Tidak ketinggalan mempertimbangkan ukuran mobil agar bisa masuk ke dalam garasi rumah.

Kapasitas Mesin

Dalam membeli mobil baru, wajib bagi Anda memperhatikan kapasitas mesinnya. Sebab selain memiliki tampilan yang bagus, mobil juga harus didukung kemampuan mesin yang optimal. Biasanya kapasitas mesin ini dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, seperti 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc, dan lainnya.

Dengan semakin besar kapasitas dari suatu mesin, maka akan semakin besar pula tenaga yang bisa dihasilkan mobil.

Perhatikan Faktor Keselamatan

Hal paling penting dalam sebuah mobil yaitu adanya komponen yang mendukung keselamatan pengendara, seperti dikutip dari Fleetevolution. Salah satunya sabuk pengaman yang terdapat pada setiap kursi, baik kursi pengendara maupun penumpang. Selain itu, pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis agar lebih aman bagi anak-anak.

Terlebih saat ini banyak produsen mobil yang melengkapi produknya dengan fitur keselamatan tambahan, misalnya saja airbag atau sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Hal ini guna memberikan perlindungan ekstra bagi pengendara saat terjadi kecelakaan atau mencegah terjadinya kecelakaan.

Kenali Fitur Mobil

Saat ini, mobil telah dilengkapi berbagai fitur canggih dengan teknologi tinggi untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam berkendara. Selain berguna untuk mendukung penggunaan mobil dalam keseharian, fitur-fitur ini juga dapat menjadi poin tambahan yang menarik saat Anda hendak membeli mobil baru.

Pilih mobil dengan fitur ter-update supaya Anda lebih nyaman, di antaranya terdapat fitur keyless entry, cruise control, start stop engine, kontrol audio di kemudi, konektifitas bluetooth ke head unit, dll. lalu, jika Anda sudah memiliki keluarga kecil, maka mobil dengan fitur pendukung seperti audio dan TV akan membuat anak tidak bosan.

Harga Mobil

Sejatinya setiap orang pasti memiliki mobil impian. Namun, saat membeli mobil baru jangan lupa sesuaikan harga dengan budget keuangan Anda. Dengan menentukan anggaran membeli mobil, maka akan mempermudah Anda dalam menghitung biaya lainnya, seperti biaya pemeliharaan serta pengeluaran harian di masa mendatang. Karena biaya pemeliharaan mobil baru berbeda-beda, tergantung pada faktor suku cadang, bensin, servis bulanan, dan lain sebagainya.

Mau beli mobil impian tapi terhalang budget? Jangan khawatir, karena dengan BCA Finance kamu bisa mendapatkan mobil baru dengan mudah, tanpa perlu mikirin biaya.

adv bcaFoto: dok. BCA

Di bulan Oktober ini, BCA Finance memberikan penurunan suku bunga kredit mobil baru dari yang semula 3,55% menjadi 2,99% dengan tenor selama 3 tahun. Sementara untuk tenor 4 tahun suku bunganya juga ikut turun menjadi hanya 3,77%. Untuk diketahui, suku bunga ini berlaku untuk semua jenis mobil baru.

Tidak hanya itu saja, BCA Finance juga menawarkan DP / uang muka ringan, yaitu sebesar 20. Dengan promo ini, nggak perlu pusing lagi deh. Yuk, segera dapatkan mobil impian bersama BCA Finance. (adv/adv)