HUT Ke-6, J&T Express Luncurkan Layanan J&T Cargo di Indonesia

Advertorial - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 00:00 WIB
adv j&t
Jakarta - Bertepatan dengan ulang tahun keenam, J&T Express di Indonesia memperkenalkan layanan baru yang fokus mendukung pengiriman barang dengan volume dan ukuran besar. Adapun layanan ini siap dihadirkan lewat ekspansi bisnis J&T Express melalui manajemen J&T Cargo.

CEO J&T Express Indonesia, Robin Lo mengatakan pihaknya melihat layanan pengiriman barang yang ada saat ini belum dapat memenuhi kebutuhan dari customer di Indonesia. Terlebih, dengan semakin maraknya transaksi barang melalui e-commerce.

Menurutnya, pertumbuhan pengiriman logistik di Indonesia yang didominasi e-commerce membuat pengiriman cepat semakin dibutuhkan, terutama untuk pengiriman barang-barang berukuran kecil. Ia pun melihat permintaan terhadap barang-barang berukuran besar di e-commerce perlahan terus meningkat. Akan tetapi, angkanya masih sedikit karena terkendala ketersediaan logistik yang ada di Indonesia.

"Saat ini logistik yang fokus untuk melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia itu belum ada yang benar-benar berjalan ke arah kargo ini. Memahami hal ini dan kekurangan yang ada, kita mulai satu layanan baru yaitu J&T Cargo," ungkap Robin dalam Virtual Press Launching J&T Cargo pada Jumat (20/8/2021).

Robin berharap layanan yang lahir dari kebutuhan masyarakat saat ini bisa menutupi kekurangan yang terjadi di sektor e-commerce. Khususnya untuk dapat mengirim barang berukuran besar dalam cakupan nasional.

Sementara itu, CEO J&T Cargo Jonathan Zhongmenilai banyak sektor yang sangat membutuhkan jasa pengiriman di Indonesia, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Untuk itu, ia melihat adanya peluang permintaan pasar kargo yang besar di Indonesia. Terlebih dengan adanya perkembangan transaksi di e-commerce yang terus meningkat.

"Seperti yang bisa dilihat sekarang di e-commerce barang-barang yang dijual sangat beragam. Sekarang ini makin banyak penjual yang menjual barang dengan volume lebih besar seperti furnitur dan lainnya. J&T Cargo bisa membantu mengirim barang dengan volume lebih besar ke seluruh Indonesia sesuai dengan tagline-nya 'Paket Besar Cari J&T Cargo'," ungkap Jonathan.

Berbeda dengan J&T Express, J&T Cargo membawa brand identity berwarna hijau yang melambangkan kesejahteraan, kehidupan, dan kebahagiaan. Brand identity dari segi warna ini menjadi pembeda signifikan antara J&T Express yang melayani pengiriman logistik berukuran kecil, dengan J&T Cargo yang bisa diandalkan untuk pengiriman barang bervolume besar.

Jonathan menambahkan pihaknya menghadirkan layanan pertama bernama Fast Track untuk memenuhi kebutuhan layanan pengiriman barang besar yang lebih cepat dan efisien. Melalui layanan ini, J&T Cargo akan melayani pengiriman barang dengan berat dari 10 kg sampai 500 kg ke seluruh Pulau di Indonesia.

Seperti J&T Express yang merupakan perusahaan berbasis teknologi, J&T Cargo akan memberikan layanan yang memudahkan para customer untuk pemesanan secara online maupun offline. Tak hanya itu, J&T Cargo juga punya sederet keunggulan antara lain.

1. Full Tracking System

Customer bisa cek keberadaan paket secara real time.

2. Easy Ordering

Menawarkan cara order yang sangat mudah. Bisa melalui aplikasi, website, dan hotline atau langsung secara offline di kanal-kanal yang sudah disiapkan mulai hari ini.

3. Claim Guarantee

Memberi jaminan keamanan pada layanan logistik yang disediakan.

"J&T Cargo juga menghadirkan jaminan klaim jika ada kerusakan ataupun kehilangan paket, bisa diklaim sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku," terangnya.

4. Fast Response

J&T Cargo telah menyiapkan tim call center yang sangat responsif. Customer bisa menelepon selama 5 menit untuk menjelaskan masalah yang dihadapi terkait pengiriman barang, dan nantinya pihak J&T Cargo akan menyelesaikan isu/masalah dalam 30 menit saja.

5. Professional Operations & Standart Management

Sebagaimana praktik yang sudah diterapkan J&T Express, J&T Cargo akan mengelola operasional layanan yang profesional.

"Kami juga memastikan semua layanan termasuk di warehouse dan seluruh outlet memenuhi standar yang telah ditentukan," ucap Jonathan.

6. Warehouse Service

Menyediakan layanan warehouse bersama dengan layanan logistik pengiriman.

"VIP Customer bisa menitipkan barang di warehouse J&T Cargo untuk nantinya dikirimkan melalui layanan J&T Cargo. Maka, ini menjadi layanan one stop solution untuk semua VIP Customer," paparnya.

7. Coverage All Around Indonesia

Seperti J&T Express, J&T Cargo juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Jangkauannya yang luas membuat J&T Cargo bakal lebih unggul dibanding pelaku bisnis serupa di Tanah Air.

Tak hanya itu, J&T Cargo juga akan lebih fokus pada bisnis B2B (business to business) dan membuka diri pada mitra yang ingin bergabung dengan J&T Cargo.

Dengan adanya layanan ini, Jonathan berharap J&T Cargo bisa menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan layanan logistik di Indonesia. Ia pun mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang prima, meliputi kepuasan customer dan jangkauan layanan yang luas.

(adv/adv)