5 Fakta Mengejutkan soal COVID-19 yang Wajib Diketahui

Advertorial - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 00:00 WIB
adv ipi
Dok. Shutterstock
Jakarta - Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai telah menjangkit masyarakat di hampir seluruh dunia, termasuk Tanah Air. Penyebab wabah penyakit pernapasan ini pun telah membuat lebih dari 184 juta orang di dunia sakit dan 3,9 juta orang meninggal dunia.

Pemerintah pun berkali-kali sudah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama pandemi COVID-19 untuk menekan penularan. Namun masih banyak orang yang bandel tak mengindahkan imbauan tersebut.

Untuk mereka yang masih bandel dan tidak taat protol kesehatan (prokes), dilansir dari healthgrades berikut ada 5 fakta COVID-19 yang wajib Anda diketahui.

1. Anda Mungkin Sudah Terinfeksi

Para ilmuwan mengembangkan tes yang dapat mendeteksi antibodi SARS-CoV-2 dalam darah, yang merupakan bukti infeksi virus di masa lalu. Tes semacam itu pada akhirnya dapat membantu memahami sejauh mana sebenarnya dari pandemi ini.

Berdasarkan tes tersebut menunjukan bahwa beberapa orang sekitar 20% dari individu yang terinfeksi tidak pernah mengalami gejala dan beberapa orang yang mereka pikir flu sebenarnya sedang menderita COVID-19.

2. Orang Tanpa Gejala Dapat Menyebarkan Virus

Sebuah penelitian dari China melaporkan lebih dari setengah anak yang terinfeksi tidak memiliki gejala atau hanya gejala ringan. CDC memperkirakan hingga 40% orang yang terinfeksi COVID-19 tidak mengalami gejala. Mereka dapat secara tidak sengaja menyebarkan virus ke orang lain.

3. Orang Golongan Darah A Lebih Rentan terhadap Infeksi

Sebuah penelitian di China terhadap 2.173 orang yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 menemukan bahwa proporsi orang sakit dengan golongan darah A secara signifikan lebih besar daripada yang diperkirakan para peneliti berdasarkan persentase orang dengan golongan darah A pada populasi umum.

4. Infeksi Ulang Mungkin Terjadi

Di beberapa negara, dokter telah mengonfirmasi kurang dari 100 kasus reinfeksi SARS-CoV-2. Risiko infeksi ulang dengan SARS-CoV-2 bervariasi dari orang ke orang dan juga tergantung pada jenis tertentu, atau varian dari SARS-CoV-2 orang tersebut terpapar. Secara umum, kekebalan alami dan perlindungan dari infeksi ulang diperkirakan berlangsung 6 hingga 12 bulan, tetapi beberapa orang terinfeksi ulang lebih awal.

5. Anosmia atau Kehilangan Indra Penciuman

Gejala COVID-19 yang paling sering dilaporkan adalah demam, batuk, dan sesak napas. Namun, karena penyakit ini telah menyebar ke seluruh dunia, penyedia layanan kesehatan telah memperhatikan beberapa gejala yang tidak biasa, termasuk kehilangan penciuman (anosmia) dan penurunan indera perasa (ageusia).

Itulah 5 fakta COVID-19 yang perlu diketahui. Hal ini penting untuk diingat agar masyarakat bisa terus menerapkan protokol kesehatan dan terhindar dari penularan COVID-19. Pasalnya, jika kita tidak taat protokol kesehatan, dampaknya orang di sekitar kita bisa terkena pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, pastikan tetap berdiam di rumah, mengurangi aktivitas di luar, mencuci tangan, serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu memutus rantai penularan virus Corona ini.

Sebagai informasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, pemenuhan nutrisi harian wajib dilakukan. Salah satunya dengan memperhatikan asupan vitamin C yang dianggap cukup esensial.

Perlu diketahui, tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin C secara mandiri. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan sehari-hari yang memiliki kandungan vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, kiwi, brokoli, dan lainnya. Namun, apabila dirasa kurang, Anda bisa memenuhinya lewat konsumsi suplemen vitamin C harian yang dosisnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, seperti IPI Vitamin C.

Dengan kandungan 50 mg vitamin C, IPI Vitamin C menjadi vitamin dengan manfaat dan dosis yang bisa disesuaikan untuk memenuhi asupan vitamin C harian. Cara penggunaannya pun terbilang mudah, Anda hanya perlu minum 2 sampai 4 tablet setiap hari, sesuai detail kebutuhan di atas.

IPI Vitamin adalah rangkaian produk vitamin yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain Vitamin C, tersedia juga pilihan vitamin satuan lainnya, yakni Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B12, & Vitamin B Complex. Seluruh rangkaian vitamin ini sudah mendapat sertifikasi halal. Dengan harga terjangkau, IPI Vitamin dapat ditemukan di apotik, supermarket, atau e-commerce Tempo Store Official yang ada di Shopee, Lazada, Blibli dan Tokopedia. Cek juga info seputar kebutuhan vitamin dan info penting lainnya di Instagram IPI Vitamin @ipivitamin. (adv/adv)