Hati-Hati Tertipu Website Palsu Bank BCA!

Advertorial - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 00:00 WIB
adv bca
Dok. BCA
Jakarta - Penipuan online semakin sering terjadi di masyarakat. Bahkan, kerap kali mengatasnamakan pihak bank dengan berupaya meminta data-data perbankan milik korban untuk bisa membobol akun rekeningnya.

Penipuan online ini harus diwaspadai, khususnya bagi kamu nasabah Bank BCA. Seperti penipuan website palsu mengatasnamakan BCA / Halo BCA pada laman pencarian.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk teliti dan tidak mudah tertipu. Pasalnya, para penipu biasanya melakukan ini untuk bisa mendapatkan data-data perbankanmu, kemudian meraup keuntungan dari sana!

Teliti dan Jangan Lengah!

Salah satu hal untuk mencegah modus penipuan yang mengatasnamakan Bank BCA adalah dengan mengenali dahulu kontak resmi BCA. Biasanya, pelaku akan mencoba mengelabui mereka yang tidak teliti saat sedang mencari solusi atas kendala yang dialami melalui laman pencarian.

Di banyaknya list hasil pencarian yang ditemukan, kita sering refleks untuk memilih pilihan yang ada di paling atas. Karena, mungkin pilihan yang berada di paling atas - dirasa adalah yang paling valid.

Namun, tahukah kamu jika para penipu sekarang sudah rela mengeluarkan uang untuk memasang iklan sehingga website palsu mereka berada di urutan paling atas?

Contohnya, saat search dengan kata 'Halo BCA' pada laman pencarian, maka yang sering kali muncul di paling atas adalah halaman website palsu yang dijadikan iklan oleh penipu!

Nah, di sini lah kita seharusnya teliti. Sebelum klik, lihat terlebih dahulu apakah link yang tertera adalah link resmi?

adv bcaDok. BCA

Untuk BCA, apapun produk/layanan yang ditawarkan, link website resminya adalah https://www.bca.co.id dengan gambar yang tidak low resolution.

#AwasModus Website Palsu!

Jika memang sudah benar, kamu pun sebaiknya teliti kembali. Penipu makin pintar karena kadang mereka menyertakan link yang benar. Namun, saat kita klik dan masuk ke halaman website tersebut, itu adalah halaman website palsu.

Berikut tanda-tanda yang dapat diperhatikan;

adv bcaDok. BCA

Pertama, website palsu akan menggunakan image low resolution dengan isi tulisan yang berupa copy paste dari tampilan website resmi BCA.

Kedua, website palsu akan mengarahkan kamu untuk share data-data perbankan seperti nomor kartu ATM / Debit, username & PIN Internet Banking/BCA mobile, OTP dan data pribadi lainnya.

Sebagai informasi, berbagai website palsu tersebut akan memanfaatkan kelengahan bagi kamu yang sudah masuk ke website dan menyerahkan data pribadinya. Dari data-data ini, pelaku akan mudah untuk menjalankan aksinya menguras asset perbankanmu.

Jadi inget! Website resmi BCA / Halo BCA hanya https://www.bca.co.id dengan gambar tidak low resolution, dan tidak pernah meminta data-data pribadi perbankanmu!

Modus Penipuan Sejenis

Selain website palsu, modus penipuan lain yang mengatasnamakan Bank BCA juga sering terjadi, khususnya mengaku Customer Care BCA. Ada yang melalui telepon, WhatsApp dan akun media sosial. Berikut perbedaan antara kontak resmi Halo BCA yang asli dengan yang palsu:

  1. Customer Care BCA (Halo BCA) memiliki telepon resmi di 1500888, tanpa menggunakan awalan kode area seperti 021-1500888, +62-1500888, atau nomor provider biasa.
  2. Customer Care BCA (Halo BCA) WhatsApp adalah 08111500998 (ada centang hijau verified). WhatsApp palsu Halo BCA nomornya berbeda dan tidak memiliki centang hijau.
  3. Akun media sosial BCA, baik yang ada di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, dan lain-lain adalah akun yang memiliki centang biru (verified).

Jadilah Generasi Anti Modus

Untuk menjadi 'generasi anti modus', pertama yang dilakukan adalah selalu waspada dan teliti. Cek dahulu jika mendapatkan iklan, telepon, message/chat mengatasnamakan BCA atau Halo BCA.

Kedua, jangan percaya bujuk rayu penipu seperti menang hadiah undian, atau ancaman blokir rekening jika tidak melakukan pengkinian data. Ujung-ujungnya, penipu pasti meminta data-data pribadimu.

Ketiga, selalu jaga kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu ATM, PIN, kode OTP dan lainnya. Jangan pernah berikan kepada siapapun sekalipun pihak bank karena #DatamuRahasiamu.

Jika ingin informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini. Yuk, jadi generasi Anti Modus biar nggak gampang kena tipu! Kunjungi www.bca.co.id/awasmodus untuk cek update modus-modus lainnya. (adv/adv)