Nilai UTBK Bisa Dipakai untuk Daftar UK Maranatha, Tanpa Tes Lagi!

Advertorial - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 00:00 WIB
adv maranatha
Salam perpisahan dari lulusan terbaik Kedokteran Gigi UK Maranatha di Upacara Wisuda Periode II (Foto: dok. Universitas Kristen Maranatha)
Jakarta - Hampir semua pelajar mempunyai mimpi berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Sayangnya seleksi untuk bisa masuk ke PTN terbilang tidak mudah karena harus bersaing ketat di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan ribuan pelajar dari seluruh daerah.

Bagi yang tidak lolos UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jangan berkecil hati. Sebab masih ada pilihan selanjutnya, yakni mendaftarkan diri ke kampus-kampus swasta pilihan. Selain tidak membuang-buang waktu secara percuma, saat ini sudah banyak kampus swasta dengan kualitas yang tak kalah dari PTN, sehingga menjadi keputusan yang tepat.

Namun, terkadang isu ujian saringan masuk di beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) yang terkenal sulit menjadi momok tersendiri. Untuk itu, salah satu PTS ternama di Bandung membuka jalur masuk tanpa tes yang dikhususkan bagi peserta UTBK.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Umum Universitas Kristen Maranatha, Robby Yussac Tallar. Robby mengatakan Universitas Kristen (UK) Maranatha membuka kesempatan bagi mereka yang telah memiliki nilai UTBK untuk bisa mendaftarkan diri tanpa mengikuti tes masuk.

"Para peserta yang telah mengikuti UTBK bisa memakai nilai UTBK mereka untuk mendaftar ke UK Maranatha. Tidak perlu ikut tes masuk lagi," katanya.

Dia pun berpesan peserta UTBK yang tidak berhasil lolos agar tidak berputus asa dan tetap semangat untuk melanjutkan studinya.

"Keberhasilan seseorang terbuka lebar melalui berbagai pintu kesempatan dan tempat yang bermacam-macam. Saat ini Kampus Maranatha membuka pintu dan menyambut para siswa untuk bisa melanjutkan studi dan meraih cita-cita yang diimpikan," ujarnya.

adv maranathaIlustrasi penyambut di pintu masuk area pendaftaran mahasiswa baru kampus UK Maranatha,Bandung. (Foto: dok. Universitas Maranatha)

Seperti dilansir dari laman resmi www.maranatha.edu, UK Maranatha sudah mulai membuka jalur UTBK pada bulan Juni ini. Peserta dengan nilai UTBK minimal 400 bisa mendaftar tanpa tes masuk. Adapun program studi yang bisa dipilih terdapat di 7 fakultas, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Bisnis, Fakultas Bahasa dan Budaya, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Hukum.

Sedangkan untuk program studi di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi memerlukan nilai minimal 500 sebagai syarat masuk tanpa tes. Khusus pendaftaran jalur UTBK, UK Maranatha juga menyediakan layanan quick register, yaitu layanan registrasi cepat sehingga semakin mempermudah para calon mahasiswa.

(adv/adv)