Jasa Raharja Jamin Santunan ke Korban Kecelakaan Maut di Pati

Jasa Raharja - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 00:00 WIB
adv Jasarahaja
Foto: Dok. Jasa Raharja
Jakarta - PT Jasa Raharja mendatangi tempat kejadian kecelakaan Jalan Pati-Kudus pada Jumat (2/4). Kecelakaan yang terjadi antara truk tronton dengan mobil Toyota Avanza mengakibatkan 4 orang meninggal dunia dan 1 luka berat.

Dari hasil pendataan korban, Jasa Raharja Perwakilan Pati mencatat 4 korban di antaranya merupakan warga Pasuruan dan Sidoarjo. Sementara satu korban dengan luka berat karena cedera kepala, patah kaki kiri dan tidak sadarkan diri dilarikan ke RS Keluarga Sehat Pati.

Terkait hal ini, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah, Jahja Joel Lami menyampaikan duka cita atas kecelakaan tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan memastikan seluruh korban terjamin UU No 34 Tahun 1964 tentang Asuransi Perlindungan bagi Pengguna Lalu Lintas Jalan.

"Kami turut berduka cita atas kecelakaan yang mengakibatkan 4 korban meninggal dunia dan 1 luka berat ini. Sesuai dengan tugas pokok Jasa Raharja, kami telah bertindak cepat dengan melakukan pendataan korban dan akan berkoordinasi dengan Jasa Raharja Cabang Jatim dikarenakan Domisili semua korban berasal dari Sidoarjo & Pasuruan," kata Jahja dalam keterangan tertulis.

adv Jasarahaja

Foto: Dok. Jasa Raharja

Jahja menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB dan berawal dari mobil Toyota Avanza W-1747 TX yang melaju dari arah barat ke timur. Pengemudi tersebut diduga sedang mengantuk dan tidak bisa menguasai laju kendaraan, sehingga bergerak ke lajur kanan. Sementara itu, di saat bersamaan terdapat truk tronton tangki L 9384 UI yang melaju dari arah berlawanan, sehingga menyebabkan tabrakan.

Dari kecelakaan tersebut, Jasa Raharja menyampaikan terdapat 4 korban meninggal dunia yang diketahui sebagai karyawan swasta. Adapun keempat korban tersebut yakni, pengemudi mobil Toyota Avanza, Abdul Muchid (51) warga Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, yang mengalami cedera kepala berat, tidak sadarkan diri, dan meninggal di tempat kejadian.

Korban kedua adalah Khoiriyah (44) penumpang mobil Toyota Avanza warga Desa Wonokoyo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, yang mengalami cedera kepala berat, tidak sadarkan diri, dan meninggal di tempat kejadian. Korban meninggal lainnya yakni, Nanik Zubaidah (41) warga Desa Dermo Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, yang mengalami luka cedera kepala berat, tidak sadar, dan meninggal di tempat kejadian.

Sedangkan satu korban meninggal dunia berjenis kelamin perempuan tidak diketahui identitasnya, mengalami luka cedera kepala berat, tidak sadar, dan meninggal di tempat kejadian.

adv Jasarahaja

Foto: Dok. Jasa Raharja

Di samping itu, Jasa Raharja juga mendata satu penumpang dengan luka berat yang diketahui sebagai security bernama Mukhamad Kunir (42) warga Desa Kendal Pecabean, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Kunir mengalami luka cedera kepala berat, patah kaki, dan tidak sadarkan diri.

Jahja menyampaikan seluruh korban meninggal dunia akan mendapat jaminan santunan kecelakaan sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 16 tahun 2017 bagi. Adapun masing-masing ahli waris berhak menerima santunan sebesar Rp 50 juta.

Sementara bagi korban luka-luka, Jasa Raharja akan berkoordinasi dengan rumah sakit tempat korban dirawat, guna penerbitan surat jaminan biaya perawatan kepada rumah sakit dengan biaya perawatan maksimum Rp 20 juta. Jasa Raharja juga akan menyediakan manfaat tambahan bantuan biaya P3K maksimum Rp 1 jutadan bantuan biaya ambulans maksimum sebesar Rp 500 ribu terhadap masing-masing korban luka.

"Jasa Raharja yang tergabung dalam Group Holding Perasuransian dan Penjaminan atau Indonesia Financial Group (IFG) senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan," pungkasnya.

(-/-)