Ketahui Pentingnya Sarapan Pagi di 'Sarapan Active & Smart'!

Advertorial - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 00:00 WIB
adv milo
Jakarta - Tidak jarang, kamu jadi melewatkan waktu sarapan di pagi hari dengan alasan terburu-buru karena bangun kesiangan. Bahkan, nggak cuma kamu saja, tapi seisi rumah pun ikut kesiangan.

Padahal sarapan menjadi makanan terpenting dalam mengawali hari seperti bersekolah, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. Bukan cuma mencegah lapar, sarapan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama pada anak.

Melansir dari Betterhealth, berikut sederet manfaat sarapan yang perlu diketahui, sebelum memutuskan untuk skip sarapan di pagi hari. Apa saja?

Menambah Energi

Saat tidur malam tentu kamu tidak makan dan minum selama lebih dari 7 jam. Hal ini menyebabkan perut kosong dan membuat kadar gula turun. Padahal, gula merupakan sumber energi bagi tubuh. Sarapan bisa membantu kamu mengisi kembali energi yang hilang selama tidur, mengembalikan kadar glikogen dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kamu siap beraktivitas seharian.

Menjaga Berat badan

Jangan melewatkan sarapan pagi hanya karena takut berat badan naik. Sebab, alih-alih menambah bobot tubuh, rutin mengonsumsi sarapan di pagi hari nyatanya justru menjaga berat badanmu agar tetap ideal, loh.

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan dapat mengontrol berat badan karena mencegah kenaikan kadar glukosa darah, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan.

Tidak hanya pada orang dewasa, hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Mengutip dari news-medical, anak yang mengonsumsi sarapan di pagi hari memiliki risiko obesitas lebih kecil dibandingkan anak yang sering melewatkan waktu sarapan.

Meningkatkan Kerja Otak

Jika sering melewatkan sarapan, anak mungkin akan mengalami masalah dalam berkonsentrasi di sekolah. Hal ini karena otak belum menerima energi dari glukosa. Ibarat mesin, otak perlu glukosa sebagai bensin untuk membuatnya bekerja optimal. Jadi, memulai hari dengan sarapan pagi sangatlah penting.

Melansir dari kids health, anak dan remaja yang rutin mengonsumsi sarapan cenderung memiliki performa yang lebih baik di sekolah, ketimbang anak yang sering melewatkan sarapan di pagi hari. Di samping itu, mengutip dari Child Obesity 180, konsumsi sarapan juga disebut dapat meningkatkan nilai pelajaran matematika dan sains anak di sekolah, lho.

Nah, agar mendapat manfaat sarapan pagi yang optimal, penting untuk memperhatikan menu makanan yang disajikan. Pastikan, makanan mengandung gizi dan energi lengkap yang baik untuk pertumbuhan anak, baik gizi makro maupun gizi mikro.

Idealnya, menu sarapan anak terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak, seperti MILO dan NESTUM yang baik untuk menunjang aktifitas anak seharian.

Melihat pentingnya sarapan bagi kesehatan tubuh, detikcom bersama MILO dan NESTUM menyelenggarakan acara Webinar bertajuk Sarapan Active & Smart, yang akan digelar pada 14 Februari 2021, jam 10.00-12.00 WIB melalui detik.com/MILOsarapanlengkap.

Dengan mengusung tema 'Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap', acara ini akan menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Eka Herdiana selaku Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia, Mom's Influencer - Tyna Kanna Mirdad serta ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kez.

Nantinya, para narasumber akan membahas lebih dalam bagaimana tipsnya agar tetap bisa sarapan pagi, tanpa melupakan kandungan energi di dalamnya, serta cara penyajian yang mudah.Ada pula demo masak resep sarapan bernutrisi dari Chef Steby dan penampilan spesial dari musisi ternama Indonesia, Vidi Aldiano.

Nggak hanya mendapatkan informasi bermanfaat, kamu juga bisa mendapatkan hadiah menarik! Akan ada hadiah berupa voucher belanja senilai Rp. 500.000,- yang menanti, khusus untuk 6 penanya terpilih.

Jadi, jangan sampai ketinggalan! Catat tanggalnya dan tonton keseruan acara Sarapan Active & Smart by MILO X NESTUM, 'Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap' MILO #EnergiUntukAktifSetiapHari disini ya

(adv/adv)