Lewat Bangga Lokal, BCA Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Advertorial - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 00:00 WIB
adv kemenko
Foto: Bank BCA
Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung program gerakan nasional (gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan Pemerintah Indonesia. Salah satunya melalui program Bangga Lokal BCA.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengaku pihaknya sangat senang pihaknya dapat mendukung UMKM di Indonesia. Sebab pihaknya menyadari bahwa UMKM merupakan pilar perekonomian Indonesia.

"Saya senang sekali BCA dapat mendukung UMKM di Indonesia dalam program pemerintah, yaitu gerakan nasional Bangga Buatan indonesia. Kami menyadari bahwa UMKM merupakan pilar perekonomian bangsa Indonesia," ujarnya Senin (11/1/2021).

Hal itu diucapkannya dalam peluncuran gernas Bangga Buatan Indonesia 2021 yang serentak dilakukan di tiga bandara oleh Kementerian Perhubungan, yaitu berpusat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan diikuti di Bandara Soekarno-Hatta serta Yogyakarta International Airport.

Dalam sambutannya secara virtual, Jahja mengutip data Kemenkop UKM yang menyebut bahwa UMKM menjadi salah satu pelopor ekonomi nasional. Terdapat lebih dari 64 juta UMKM yang berkontribusi ke 97% tenga kerja dan 70% PDB nasional.

"Peran UMKM besar bagi perekonomian nasional, maka dengan program BBI ini kami berkomitmen memberi pendampingan (salah satunya) melalui webinar inspiratif melalui jaringan cabang (BCA) di Bali. Dan mungkin akan tambah di cabang lain untuk mendukung gernas Bangga Buatan di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut Jahja menjelaskan BCA juga punya program Bangga Lokal BCA yang memiliki visi yang sama dengan gernas Bangga Buatan Indonesia. Sudah ada 185 UMKM yang terbagi dalam beberapa kategori tergabung dalam program ini.

"Melalui Bangga Lokal yang berjalan sejak tahun lalu, sudah 185 yg kita adopsi. Jumlah ini diharapkan terus berkembang" ujarnya.

"Kami memfasilitasi UMKM tadi dengan program kredit UMKM yang membantu permodalan. Selain program permodalan, kami juga meletakkan infrastruktur pembayaran untuk mereka berwirausaha," imbuhnya.

Bangga Lokal BCA juga menyediakan sarana edukasi dan network serta channel untuk mendukung UMKM. BCA bahkan menyediakan videotron di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dapat dipakai untuk promosi produk UMKM Bali.

BCA menyiapkan webinar dengan target lebih dari 500 UMKM pada 27 Januari mendatang dengan tema literasi keuangan dan pengembangan produk serta pemasaran. Lalu bekerja sama dengan sejumlah marketplace untuk memberi diskon terhadap program UMKM.

"Kami berharap gernas BBI dapat memberikan inspirasi bagi UMKM Indonesia dan terus berjuang membawa produk lokal lebih maju dan meningkatkan perekonomian Tanah Air," pungkasnya.

(adv/adv)