Rawan Kecelakaan, Ini 6 Tips Berkendara di Musim Hujan

Advertorial - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 00:00 WIB
adv bca
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memasuki bulan Desember, curah hujan semakin tinggi. Mengendarai mobil pada saat hujan menuntut semua orang untuk lebih berhati-hati, terutama karena jarak pandang yang berkurang dan kondisi jalan menjadi lebih licin.

Karena berbagai kepentingan, berkendara saat hujan sering tak bisa dihindari. Untuk itu supaya lebih aman dan nyaman berkendara ketika hujan, simak tips-tips berikut ini.

1. Jaga Komponen Kendaraan

Roda, lampu, wiper, stir kemudi, pedal, gas, rem, hingga kopling adalah komponen-komponen utama pada mobil yang kondisinya harus dijaga agar tetap terawat.

Apabila komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan, bukan tidak mungkin kegiatan berkendara menjadi tidak nyaman. Risiko akan kecelakaan karena jalanan yang basah pun bisa saja terjadi.

2. Nyalakan Lampu

Jangan lupa untuk menyalakan lampu ketika mengendarai mobil. Selain membantu menjaga jarak pandang yang menurun pada saat hujan, menyalakan lampu juga akan membantu pengendara lain mengetahui posisi Anda.

Namun jangan nyalakan lampu hazard, sebab lampu tersebut akan menyulitkan dan mengganggu kendaraan lain di belakang, terutama ketika kendaraan akan berbelok.

3. Jaga Jarak Aman

Tetap selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lainnya di depan maupun di belakang. Terutama bila melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Menjaga jarak bisa membantu Anda mengantisipasi kapan harus memperlambat kendaraan ketika ada hambatan, terutama bila kendaraan yang ada di depan berukuran besar seperti bus dan truk.

4. Hindari Berbelok Mendadak

Jangan lupa untuk tetap fokus pada saat berkendara, terutama jika kondisi cuaca hujan lebat. Sehingga ketika menemui lubang di tengah jalan, tak perlu repot melakukan manuver mendadak.

Manuver secara mendadak tentu saja merugikan tidak hanya diri sendiri, melainkan juga orang lain. Apalagi jika manuver tersebut dilakukan ketika posisi kendaraan tak berjauhan satu sama lain.

5. Kurangi Kecepatan

Saat hujan, apalagi jika deras dan jarak pandang benar-benar menurun, kurangilah kecepatan kendaraan supaya kegiatan berkendara tetap aman dan nyaman.

Bila laju kendaraan lebih lambat, permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal menjadi lebih luas sehingga daya cengkram dan kontrol kemudi akan menjadi lebih baik.

6. Waspada Kondisi Sekitar

Terakhir jangan lupa untuk tetap awas memperhatikan kondisi sekitar. Selain mewaspadai pengemudi lain yang mungkin melakukan kesalahan berkendara, juga waspadai lubang atau pohon tumbang.

Lubang bisa membuat kendaraan terjerembab, apalagi jika lubang tersebut cukup besar. Sementara itu, pohon yang mungkin tumbang atau pejalan kaki dan motor yang sulit terlihat ketika kondisi hujan juga bisa menjadi kendala berkendara.

Itulah beberapa tips berkendara pada musim hujan dengan aman dan nyaman. Nah bagi yang berencana memiliki mobil pribadi, Anda tak boleh melewatkan promo yang ditawarkan oleh BCA Finance, yakni Mini for Max.

adv bcaFoto: Dok. BCA Finance

Mini For Max dipercaya jadi solusi bagi yang ingin punya mobil dengan mudah di masa pandemi, sebab program ini menawarkan pembiayaan dengan kelebihan DP dan cicilan ringan. Konsumen cukup bayar DP 20%, cicilan 30% dari harga mobil selama 4 tahun, dan 50% bisa dilunasi atau dicicil kembali dalam 4 tahun berikutnya.

#miniformax menjadi #solusikreditnewnormal dengan #dpdancicilanringan untuk membantu Anda mewujudkan keinginan membeli mobil keluarga favorit di tengah kesulitan ekonomi yang melanda.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo BCA di 1500888 atau kunjungi dealer mobil terdekat. (adv/adv)