Ini Alasan Pandemi Jadi Momen Tepat Punya Asuransi Unit Link

Advertorial - detikNews
Senin, 07 Des 2020 00:00 WIB
adv
Foto: advFoto: Shutterstock    
Jakarta - Produk asuransi menjadi salah satu bentuk perlindungan diri untuk masyarakat di masa depan. Apalagi di kondisi pandemi seperti saat ini yang berdampak pada krisis finansial dan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Namun masyarakat sebaiknya terlebih dahulu memahami jenis, manfaat, hingga risiko dari produk asuransi yang akan dibelinya. Beberapa kejadian dan keluhan terkait produk asuransi seringkali justru berawal dari kesalahpahaman. Makanya kebijakan nasabah diperlukan di sini.

Pada dasarnya asuransi adalah produk perlindungan, seperti asuransi umum dan asuransi jiwa. Namun, ternyata ada juga produk asuransi yang digabungkan dengan investasi bernama unit link.

Produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi ini memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan serta investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Sebagian premi yang dibayarkan dalam asuransi unit link, dialokasikan ke biaya-biaya seperti biaya akuisisi, biaya asuransi, dan administrasi untuk membayar perlindungan tiap bulannya serta ke dalam dana investasi dalam bentuk unit. Informasi tentang produk asuransi unit link tercantum di dalam ilustrasi manfaat asuransi dan juga polis.

Produk asuransi unit link juga dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang untuk mendapatkan potensi keuntungan dari hasil investasi. Namun, hasil investasi dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar dari jenis dana investasi yang dipilih nasabah.

Informasi ini selalu tercantum di dalam Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) dan ilustrasi manfaat asuransi. Dari catatan OJK selama 10 tahun terakhir, produk unit link tumbuh 10.000%, sementara asuransi konvensional hanya tumbuh 380%.

Manfaat dan risiko tersebut bisa diperhitungkan sebelum Anda membeli produk ini. Meskipun asuransi unit link juga punya keunggulan untuk perlindungan kesehatan dan finansial sekaligus, terutama dalam masa krisis seperti sekarang. Berikut alasannya.

Memiliki Fungsi Ganda

Produk asuransi unit link memiliki dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan dan investasi dalam satu polis. Hal ini cukup memudahkan nasabah karena tidak perlu dipusingkan mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.

Fleksibel karena Dapat Menambah Manfaat

Jika Anda merasa manfaat perlindungan masih kurang, maka bisa juga menambah manfaat lainnya sesuai kebutuhan. Sebaiknya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan tenaga pemasar agar tidak salah memilih.

Jangka Waktu Pertanggungan yang Panjang

Biasanya pada setiap produk asuransi unit link, masa pertanggungannya cukup panjang, hingga Anda berusia sampai 99 tahun dan informasi ini tercantum di dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis. Penawaran ini memang dapat menarik perhatian para calon nasabah karena asuransi jenis lainnya lebih pendek masa pertanggungannya.

Beberapa manfaat tersebut sangat berguna untuk Anda mempertimbangkan membeli produk asuransi unit link di masa pandemi ini. Baik sebagai investasi maupun proteksi ke depannya. Jadi, tertarik dengan asuransi unit link?

(adv/adv)